Pengaruh Literasi Ekonomi Islam Dan Literasi Digital Terhadap Tingkat Konsumsi (Studi Pada Pengguna E-Wallet Di Watampone)
Fira/602022021037 - Personal Name
Penelitian ini, akan membahas pengaruh literasi ekonomi Islam dan literasi
digital terhadap tingkat konsumsi pengguna e-Wallet, sehingga tujuan dari penelitian
untuk menganalsis pengaruh literasi ekonomi Islam dan literasi digital terhadap tingkat
konsumsi pengguna e-wallet di Watampone.
Adapun metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian lapangan
melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner,
observasi dan dokumentasi yang kemudian akan dianalisis dengan teknik analisis
regresi berganda dan memberikan interpretasi terhadap hasil yang didapatkan.
Hasil penelitian ditemukan, bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif sigifikan dari
literasi ekonomi Islam terhadap tingkat konsumsi pengguna e-wallet di Watampone
yang berarti semakin tinggi tingkat literasi ekonomi Islam seseorang, maka akan
semakin besar tingkat konsumsi yang dikeluarkan, 2) Tidak terdapat pengaruh sigifikan
dari literasi digital terhadap tingkat konsumsi pengguna e-wallet di Watampone yang
berarti semakin tinggi tingkat literasi digital seseorang, maka tidak memberikan
dampak signifikan pada tingkat konsumsi yang dikeluarkan, 3) Secara bersama-sama
terdapat pengaruh sigifikan dari literasi ekonomi Islam dan literasi digital terhadap
tingkat konsumsi pengguna e-wallet di Watampone yang berarti semakin tinggi tingkat
literasi ekonomi Islam dan literasi digital seseorang, maka akan memberikan dampak
yang signifikan pada tingkat konsumsi yang dikeluarkan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka pada penelitian ini
dapat dibuat suatu Kesimpulan bahwa:
1. Literasi ekonomi islam berpengaruh signifikan terhadap tingkat konsumsi
masyarakat pengguna E- Wallet di Watampone, ini diduga bahwa tingginya
tingkat literasi ekonomi islam yang dimiliki oleh masyarakat pengguna E-
Wallet di Watampone membuat tingkat pengeluaran yang semakin tinggi
dikarena sebagian pengeluaran yang di lakukan dialokasikan untuk mencari
keridhaan Allah, seperti berinfaq atau pun bersedekah. Mereka sungguh
meyakini bahwa Allah Swt akan memberikan imbalan bagi setiap amal yang
dilakukan dan percaya bahwa imbalan tersebut akan jauh lebih besar..
2. Literasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat konsumsi
pengguna E-Wallet di Watampone diduga karena tingkat literasi digital yang
baik atau pun pemahaman tentang informasi di internet tidak selalu
berbanding lurus dengan perilaku konsumsi. Seseorang mungkin mengakses
banyak informasi dan menggunakan e-wallet, tetapi belum tentu memahami
atau tertarik pada produk atau layanan tertentu. Selain itu, literasi digital
mungkin hanya digunakan dalam mengakses informasi dan sebagai media
transaksi, sedangkan tingkat konsumsi sangat dipengaruhi oleh daya beli dan
prioritas kebutuhan ekonomi seseorang. Jika daya beli rendah, literasi digital
yang tinggi tidak serta-merta meningkatkan konsumsi. Jadi, literasi digital
sendiri tidak cukup untuk meningkatkan konsumsi secara signifikan, karena
70
konsumsi juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor ekonomi, sosial, dan
psikologis yang lebih kompleks.
3. Literasi ekonomi Islam dan literasi digital secara berasama-sama berpengaruh
signifikan terhadap tingkat konsumsi, karena literasi ekonomi Islam dan
digital secara kompleks dapat memengaruhi tingkat pengeluaran yang dapat
mendukung perilaku konsumsi masyarakat saat ini dengan perkembnagan
ekonomi Islam dan adanya kemudahan serta efisiensi teknologi digital yang
dapat dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi menghasilkan pola konsumsi
yang lebih sadar, terinformasi, dan selektif dengan memanfaatkan kemajuan
digital untuk kegiatan transaksi yang lebih efisien danefektif
B. Saran
Untuk perbaikan dan kebaharuan penelitian selanjutnya, maka dibutuhkan
saran dalam penelitian ini. Adapun saran yang diajukan penelitian dalam penelitian
yaitu:
1. Pada sebuah penelitian yang ingin dilakukan, penting untuk melakukan
observasi terlebih dahulu agar dapat menjadi pertimbangan dalam membuat
kerangka dan fenomena penelitian.
2. Pada penelitian ini masih memungkinkan dilakukan penambahan responden
sesuai dengan ketersediaan data yang ada di lapangan, selain itu dari objek
penelitian memungkinkan untuk di lakukan di Lokasi lain.
3. Pada penelitian ini masih memungkinkan menggunakan variabel independent
seperti pendapatan, gaya hidup, lingkungan pertemanan dan variabel
independent lainnya yang masih relevan.
digital terhadap tingkat konsumsi pengguna e-Wallet, sehingga tujuan dari penelitian
untuk menganalsis pengaruh literasi ekonomi Islam dan literasi digital terhadap tingkat
konsumsi pengguna e-wallet di Watampone.
Adapun metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian lapangan
melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner,
observasi dan dokumentasi yang kemudian akan dianalisis dengan teknik analisis
regresi berganda dan memberikan interpretasi terhadap hasil yang didapatkan.
Hasil penelitian ditemukan, bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif sigifikan dari
literasi ekonomi Islam terhadap tingkat konsumsi pengguna e-wallet di Watampone
yang berarti semakin tinggi tingkat literasi ekonomi Islam seseorang, maka akan
semakin besar tingkat konsumsi yang dikeluarkan, 2) Tidak terdapat pengaruh sigifikan
dari literasi digital terhadap tingkat konsumsi pengguna e-wallet di Watampone yang
berarti semakin tinggi tingkat literasi digital seseorang, maka tidak memberikan
dampak signifikan pada tingkat konsumsi yang dikeluarkan, 3) Secara bersama-sama
terdapat pengaruh sigifikan dari literasi ekonomi Islam dan literasi digital terhadap
tingkat konsumsi pengguna e-wallet di Watampone yang berarti semakin tinggi tingkat
literasi ekonomi Islam dan literasi digital seseorang, maka akan memberikan dampak
yang signifikan pada tingkat konsumsi yang dikeluarkan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka pada penelitian ini
dapat dibuat suatu Kesimpulan bahwa:
1. Literasi ekonomi islam berpengaruh signifikan terhadap tingkat konsumsi
masyarakat pengguna E- Wallet di Watampone, ini diduga bahwa tingginya
tingkat literasi ekonomi islam yang dimiliki oleh masyarakat pengguna E-
Wallet di Watampone membuat tingkat pengeluaran yang semakin tinggi
dikarena sebagian pengeluaran yang di lakukan dialokasikan untuk mencari
keridhaan Allah, seperti berinfaq atau pun bersedekah. Mereka sungguh
meyakini bahwa Allah Swt akan memberikan imbalan bagi setiap amal yang
dilakukan dan percaya bahwa imbalan tersebut akan jauh lebih besar..
2. Literasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat konsumsi
pengguna E-Wallet di Watampone diduga karena tingkat literasi digital yang
baik atau pun pemahaman tentang informasi di internet tidak selalu
berbanding lurus dengan perilaku konsumsi. Seseorang mungkin mengakses
banyak informasi dan menggunakan e-wallet, tetapi belum tentu memahami
atau tertarik pada produk atau layanan tertentu. Selain itu, literasi digital
mungkin hanya digunakan dalam mengakses informasi dan sebagai media
transaksi, sedangkan tingkat konsumsi sangat dipengaruhi oleh daya beli dan
prioritas kebutuhan ekonomi seseorang. Jika daya beli rendah, literasi digital
yang tinggi tidak serta-merta meningkatkan konsumsi. Jadi, literasi digital
sendiri tidak cukup untuk meningkatkan konsumsi secara signifikan, karena
70
konsumsi juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor ekonomi, sosial, dan
psikologis yang lebih kompleks.
3. Literasi ekonomi Islam dan literasi digital secara berasama-sama berpengaruh
signifikan terhadap tingkat konsumsi, karena literasi ekonomi Islam dan
digital secara kompleks dapat memengaruhi tingkat pengeluaran yang dapat
mendukung perilaku konsumsi masyarakat saat ini dengan perkembnagan
ekonomi Islam dan adanya kemudahan serta efisiensi teknologi digital yang
dapat dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi menghasilkan pola konsumsi
yang lebih sadar, terinformasi, dan selektif dengan memanfaatkan kemajuan
digital untuk kegiatan transaksi yang lebih efisien danefektif
B. Saran
Untuk perbaikan dan kebaharuan penelitian selanjutnya, maka dibutuhkan
saran dalam penelitian ini. Adapun saran yang diajukan penelitian dalam penelitian
yaitu:
1. Pada sebuah penelitian yang ingin dilakukan, penting untuk melakukan
observasi terlebih dahulu agar dapat menjadi pertimbangan dalam membuat
kerangka dan fenomena penelitian.
2. Pada penelitian ini masih memungkinkan dilakukan penambahan responden
sesuai dengan ketersediaan data yang ada di lapangan, selain itu dari objek
penelitian memungkinkan untuk di lakukan di Lokasi lain.
3. Pada penelitian ini masih memungkinkan menggunakan variabel independent
seperti pendapatan, gaya hidup, lingkungan pertemanan dan variabel
independent lainnya yang masih relevan.
Ketersediaan
| SFEBI20250056 | 56/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
56/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
