Pengaruh Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Customer Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Shopee di Watampone)
Nur Aulia/602022021046 - Personal Name
Salah satu situs belanja online yaitu aplikasi shopee yang juga
menawarkan layanan jual beli secara online, salah satu sistem pembayaran yang
disediakan oleh shopee yaitu sistem pembayaran Cash on delivery yang menjadi
salah satu preferensi utama bagi masyarakat. Fitur ini mungkin akan memberikan
rasa aman dan meningkatkan kepercayaan konsumen, terutama bagi mereka yang
masih ragu dengan keamanan transaksi online. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh sistem pembayaran cash on delivery terhadap keputusan
pembelian Masyarakat Watampone melalui customer trust sebagai variabel
intervening. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun
sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil
kuesioner konsumen shopee di Watampene sebanyak 100 responden. Dengan
teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling. Alat analisis
data yang digunakan yaitu smart PLS versi 4 dengan menggunakan analisis uji
validitas converegent, validitas Discriminant, Crombach’s Alpha, Composite
Reliability, R Square, Goodness of Fit, F Square, Path Coefficients, Specific
Indirrect Effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembayaran Cash
On Delivery berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian. Sistem
pembayaran Cash On Delivery berpengaruh secara signifikan terhadap customer
trust. Customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan
pembelian. Sistem pembayaran Cash On Delivery berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan pembelian melalui customer trust sebagai variabel
intervening.
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulan
hal berikut,:
1. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem
pembayaran Cash On Delivery (X) berpengaruh secara signifikan
terhadap Keputusan pembelian (Y) di shopee. Hal ini berdasar dari
hasil perhitungan Path Coefficient (Dirrect Effect). Yang menunjukan
hasil p value pada X -> Y sebesar 0,000. Yang berarti nilai p values <
0,05. Penetapan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) adalah
salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap Keputusan
pembelian konsumen di Watampone untuk melakukan pembelian.
Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima.
2. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem
pembayaran Cash On Delivery (X) berpengaruh secara signifikan
terhadap customer trust (Z). Hal ini berdasar dari hasil perhitungan
Path Coefficient (Dirrect Effect). Yang menunjukan hasil p value pada
X -> Z sebesar 0,000. Yang berarti nilai p values < 0,05. Pembayaran
Cash On Delivery dikatakan menjadi faktor dalam meningkatkan
kepercayaan pelanggan. Maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima.
3. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa customer
trust (Z) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian
(Y). Hal ini berdasar dari hasil perhitungan Path Coefficient (Dirrect
Effect). Yang menunjukan hasil p value pada Z -> Y sebesar 0,000.
Yang berarti nilai p values < 0,05. Maka dapat dikatakan kepercayaan
pelanggan menjadi salah satu faktor dalam Keputusan pembelian
konsumen di Watampone. Maka dapat disimpulkan bahwa H3
diterima.
4. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkaan
sistem pembayaran Cash On Delivery (X) berpengaruh secara
signifikan pada Keputusan pembelian (Y) melalui customer trust
(Z) sebagai variabel intervening. Hal ini berdasar dari hasil
perhitungan specific Indirrect Effect yang menunjukkan bahwa
nilai p value sebesar 0,000. Yang berarti nilai p value < 0,05.
Maka dapat dikatakan bahwa variabel intervening mampu
memediasi variabel independent terhadap variabel dependen,
maka bisa ditarik Kesimpulan bahwa H4 juga diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sistem pembayaran COD
dan kepercayaan pelanggan dapat mendorong Keputusan pembelian
konsumen di shopee. Maka perusahaan e-commerce untuk lebih
mengutamakan atau mengembangkan sistem pembayaran COD, terutama
serta memberikan lebih banyak jaminan keamanan dan transparansi
informasi bagi pelanggan, agar kepercayaan konsumen semakin
meningkat.
Sistem COD membuat konsumen merasa lebih aman karena tidak
perlu membayar di muka. Dengan mengetahui bahwa COD mendukung
keputusan pembelian, konsumen yang merasa kurang nyaman dengan
pembayaran online bisa lebih yakin untuk bertransaksi.
C. Saran
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat
memberikan beberapa saran kepada pihak terkait, diantaranya:
1. Bagi Pihak Marketplace, disarankan untuk terus mengembangkan fitur
pembayaran COD dan memastikan transparansi dalam layanan agar
tetap memberikan rasa aman kepada pelanggan. Hal ini penting untuk
menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan yang menjadi faktor
utama dalam keputusan pembelian.
2. Bagi Penjual di Shopee, penjual diharapkan dapat menjaga kualitas
layanan dan kejujuran dalam proses COD. Dengan membangun reputasi
yang baik, kepercayaan pelanggan dapat dipertahankan dan bahkan
ditingkatkan, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.
3. Untuk Penelitian Lanjutan, sebaiknya dilakukan studi tambahan yang
mencakup variabel lain seperti promosi atau layanan pelanggan yang
mungkin mempengaruhi keputusan pembelian melalui metode COD,
sehingga memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai
faktor-faktor yang mendorong minat beli pada e-commerce.
menawarkan layanan jual beli secara online, salah satu sistem pembayaran yang
disediakan oleh shopee yaitu sistem pembayaran Cash on delivery yang menjadi
salah satu preferensi utama bagi masyarakat. Fitur ini mungkin akan memberikan
rasa aman dan meningkatkan kepercayaan konsumen, terutama bagi mereka yang
masih ragu dengan keamanan transaksi online. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh sistem pembayaran cash on delivery terhadap keputusan
pembelian Masyarakat Watampone melalui customer trust sebagai variabel
intervening. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun
sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil
kuesioner konsumen shopee di Watampene sebanyak 100 responden. Dengan
teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling. Alat analisis
data yang digunakan yaitu smart PLS versi 4 dengan menggunakan analisis uji
validitas converegent, validitas Discriminant, Crombach’s Alpha, Composite
Reliability, R Square, Goodness of Fit, F Square, Path Coefficients, Specific
Indirrect Effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembayaran Cash
On Delivery berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian. Sistem
pembayaran Cash On Delivery berpengaruh secara signifikan terhadap customer
trust. Customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan
pembelian. Sistem pembayaran Cash On Delivery berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan pembelian melalui customer trust sebagai variabel
intervening.
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulan
hal berikut,:
1. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem
pembayaran Cash On Delivery (X) berpengaruh secara signifikan
terhadap Keputusan pembelian (Y) di shopee. Hal ini berdasar dari
hasil perhitungan Path Coefficient (Dirrect Effect). Yang menunjukan
hasil p value pada X -> Y sebesar 0,000. Yang berarti nilai p values <
0,05. Penetapan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) adalah
salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap Keputusan
pembelian konsumen di Watampone untuk melakukan pembelian.
Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima.
2. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem
pembayaran Cash On Delivery (X) berpengaruh secara signifikan
terhadap customer trust (Z). Hal ini berdasar dari hasil perhitungan
Path Coefficient (Dirrect Effect). Yang menunjukan hasil p value pada
X -> Z sebesar 0,000. Yang berarti nilai p values < 0,05. Pembayaran
Cash On Delivery dikatakan menjadi faktor dalam meningkatkan
kepercayaan pelanggan. Maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima.
3. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa customer
trust (Z) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian
(Y). Hal ini berdasar dari hasil perhitungan Path Coefficient (Dirrect
Effect). Yang menunjukan hasil p value pada Z -> Y sebesar 0,000.
Yang berarti nilai p values < 0,05. Maka dapat dikatakan kepercayaan
pelanggan menjadi salah satu faktor dalam Keputusan pembelian
konsumen di Watampone. Maka dapat disimpulkan bahwa H3
diterima.
4. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkaan
sistem pembayaran Cash On Delivery (X) berpengaruh secara
signifikan pada Keputusan pembelian (Y) melalui customer trust
(Z) sebagai variabel intervening. Hal ini berdasar dari hasil
perhitungan specific Indirrect Effect yang menunjukkan bahwa
nilai p value sebesar 0,000. Yang berarti nilai p value < 0,05.
Maka dapat dikatakan bahwa variabel intervening mampu
memediasi variabel independent terhadap variabel dependen,
maka bisa ditarik Kesimpulan bahwa H4 juga diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sistem pembayaran COD
dan kepercayaan pelanggan dapat mendorong Keputusan pembelian
konsumen di shopee. Maka perusahaan e-commerce untuk lebih
mengutamakan atau mengembangkan sistem pembayaran COD, terutama
serta memberikan lebih banyak jaminan keamanan dan transparansi
informasi bagi pelanggan, agar kepercayaan konsumen semakin
meningkat.
Sistem COD membuat konsumen merasa lebih aman karena tidak
perlu membayar di muka. Dengan mengetahui bahwa COD mendukung
keputusan pembelian, konsumen yang merasa kurang nyaman dengan
pembayaran online bisa lebih yakin untuk bertransaksi.
C. Saran
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat
memberikan beberapa saran kepada pihak terkait, diantaranya:
1. Bagi Pihak Marketplace, disarankan untuk terus mengembangkan fitur
pembayaran COD dan memastikan transparansi dalam layanan agar
tetap memberikan rasa aman kepada pelanggan. Hal ini penting untuk
menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan yang menjadi faktor
utama dalam keputusan pembelian.
2. Bagi Penjual di Shopee, penjual diharapkan dapat menjaga kualitas
layanan dan kejujuran dalam proses COD. Dengan membangun reputasi
yang baik, kepercayaan pelanggan dapat dipertahankan dan bahkan
ditingkatkan, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.
3. Untuk Penelitian Lanjutan, sebaiknya dilakukan studi tambahan yang
mencakup variabel lain seperti promosi atau layanan pelanggan yang
mungkin mempengaruhi keputusan pembelian melalui metode COD,
sehingga memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai
faktor-faktor yang mendorong minat beli pada e-commerce.
Ketersediaan
| SFEBI20250021 | 21/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
21/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
