Peran Kepala Sekolah dalam Membimbing Guru Mengembangkan Desain Pembelajaran di MI At-Thahiriyah Componge
Yusnidar Lisbun/02.12.3060 - Personal Name
Skripsi ini membahas masalah peran kepala sekolah dalam membimbing gururnmengembangkan desain pembelajaran di MI At-Thahiriyah Componge yangrnbertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah dalamrnmembimbing guru mengembangkan desain pembelajaran di MI At-ThahiriyahrnComponge serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolahrndalam membimbing guru mengembangkan desain pembelajaran.rnUntuk memudahkan memperoleh data tentang masalah ini, penulisrnmenggunakan pendekatan psikologis dan sosiologis, dan penulis juga melakukanrnpenelitian di lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, danrnobservasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisisrnkualitatif dengan mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi atau menarikrnsimpulan.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: Langkah-langkah yang dilakukanrnkepala sekolah membantu guru dalam mengembangkan desain pembelajaran adalahrnmengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan hal tersebut,rnmemberikan motivasi kepada guru, memberitahukan manfaat dari pembuatan desainrnpembelajaran sebelum memulai proses pembelajaran, adanya kerjasama antararnpersonel sekolah dengan bermusyawarah ketika ada masalah dan penciptaan inovasirnbaru. Kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah tidak terlalu banyak. Kendalarnyang sampai ini masih dialami adalah penyediaan sarana dan prasarana yang akanrndigunakan untuk menunjang proses pembelajaran masih kurang. Dan ketika akanrnmebuat perencanaan pembelajaran harus sangat teliti dan memerlukan banyakrnpertimbangan karena adanya perbedaan karakter setiap siswa.rnDiharapkan kepada kepala sekolah sebagai pemimpin di MI At-ThahiriyahrnCompoge, agar mempertahankan sikapnya dalam membimbing gururnmengembangkan desain pembelajaran. Dan mengenai kendala yang dihadapi, agarrnkiranya kepala sekolah berusaha mencari solusi dengan bermusyawarah bersamarndengan semua personel sekolah.rnA. SimpulanrnBerdasarka uraian yang dikemukakan pada bab hasil penelitian, makarndapat dikemukakan beberapa simpulan yaitu sebagai berikut:rn1. Langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah membantu guru dalamrnmengembangkan desain pembelajaran adalah mengikutsertakan gururndalam pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan hal tersebut,rnmemberikan motivasi kepada guru, memberitahukan manfaat darirnpembuatan desain pembelajaran sebelum memulai proses pembelajaran,rnadanya kerjasama antara personel sekolah dengan bermusyawarah ketikarnada masalah dan penciptaan inovasi baru.rn2. Kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah tidak terlalu banyak.rnKendala yang sampai ini masih dialami adalah penyediaan sarana danrnprasarana yang akan digunakan untuk menunjang proses pembelajaranrnmasih kurang. Dan ketika akan mebuat perencanaan pembelajaran harusrnsangat teliti dan memerlukan banyak pertimbangan karena adanyarnperbedaan karakter setiap siswa.rnB. SaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah inirnakan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasanrnskripsi ini adalah sebagai berikut:rn1. Kepala sekolah sebagai pemimpin di MI At-Thahiriyah Componge, agarrnkiranya mempertahankan sikap dalam membimbing guru mengembangkanrndesain pemebalajaran sehingga guru akan lebih paham akan tugas danrnakan termotivasi untuk mengembangkan kemampuannya dalam berbagairnhal karena mendapat dukungan dari pemimpinnya.rn2. Mengenai kendala yang dihadapi, diharapkan kepala sekolah mencarirnsolusi dengan bermusyawarah dengan guru agar kendala yang dihadapirndapat teratasi secara perlahan.rn
Ketersediaan
| ST20160153 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
ST20160153
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
