Peranan Lingkungan Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri Bone
Nur Insan Hamid/02.15.3019 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peranan Lingkungan Sekolah dalam
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri Bone”. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang peranan lingkungan sekolah, prestasi
belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone dan peranan lingkungan sekolah dalam
peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan adalah
pendekatan manajemen, psikologi dan sosiologi. Data dianalisis dengan metode reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis
untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, peranan lingkungan sekolah di
SMA Negeri 16 Bone yaitu dengan adanya lingkungan fisik, sosial dan budaya. Dari hasil
penelitian dapat dikatakan bahwa peranan lingkungan sekolah telah terlaksana dengan baik,
dengan dilihat dari usaha warga sekolah menciptakan lingkungan yang kondusif dalam
proses pembelajaran. Kedua, prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone yakni dengan
dilihat kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswanya. Dari hasil penelitian dapat dikatakan
bahwa peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone lumayan baik. Ketiga,
peranan lingkungan sekolah dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16
Bone. Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman dan kondusif tentu akan
memberikan kontribusi atau pengaruh yang positif dalam peningkatan prestasi belajar siswa
terhadap proses belajar siswa, sehingga siswa dapat mencapai prestasi yang baik. hal ini
dikarenakan siswa akan lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar dan mudah memahami
materi pelajaran dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peranan lingkungan sekolah di SMA Negeri 16 Bone yaitu dengan adanya
peranan lingkungan fisik, sosial dan budaya. Dari hasil penelitian dapat
dikatakan bahwa peranan lingkungan sekolah telah terlaksana dengan baik,
dengan dilihat dari usaha warga sekolah menciptakan lingkungan yang
kondusif dalam proses pembelajaran.
2. Upaya peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone yaitu
dengan dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswanya.
Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa peningkatan prestasi belajar
siswa di SMA Negeri 16 Bone lumayan baik.
3. Peranan lingkungan sekolah dalam peningkatan prestasi belajar siswa di
SMA Negeri 16 Bone. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dalam peranan
lingkungan fisik, sosial dan budaya sekolah diusahakan dengan menjalin
interaksi antara siswa maupun guru yang akan mempengaruhi tingkah laku
siswa, SMA Negeri 16 Bone senantiasa menciptakan lingkungan belajar
yang nyaman, aman dan kondusif tentu akan memberikan kontribusi atau
pengaruh yang positif dalam peningkatan prestasi belajar siswa terhadap
proses belajar siswa, sehingga siswa dapat mencapai prestasi yang baik.
Hal ini dikarenakan siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran
dengan baik.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peranan lingkungan sekolah dalam
peningkatan prestasi belajar siswa, maka saran yang akan disampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Hendaknya pihak sekolah memperhatikan lingkungan yang disekitar
sekolah mengenai lingkungan fisik, sosial dan budaya sekolah
sehingga siswa dapat peningkatan prestasi belajar yang dimiliki siswa
sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
2. Hendaknya guru-guru senantiasa mengembangkan diri dan
kemampuannya serta memperhatikan kondisi semua siswanya agar
siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri Bone”. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang peranan lingkungan sekolah, prestasi
belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone dan peranan lingkungan sekolah dalam
peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan adalah
pendekatan manajemen, psikologi dan sosiologi. Data dianalisis dengan metode reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis
untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, peranan lingkungan sekolah di
SMA Negeri 16 Bone yaitu dengan adanya lingkungan fisik, sosial dan budaya. Dari hasil
penelitian dapat dikatakan bahwa peranan lingkungan sekolah telah terlaksana dengan baik,
dengan dilihat dari usaha warga sekolah menciptakan lingkungan yang kondusif dalam
proses pembelajaran. Kedua, prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone yakni dengan
dilihat kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswanya. Dari hasil penelitian dapat dikatakan
bahwa peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone lumayan baik. Ketiga,
peranan lingkungan sekolah dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16
Bone. Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman dan kondusif tentu akan
memberikan kontribusi atau pengaruh yang positif dalam peningkatan prestasi belajar siswa
terhadap proses belajar siswa, sehingga siswa dapat mencapai prestasi yang baik. hal ini
dikarenakan siswa akan lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar dan mudah memahami
materi pelajaran dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peranan lingkungan sekolah di SMA Negeri 16 Bone yaitu dengan adanya
peranan lingkungan fisik, sosial dan budaya. Dari hasil penelitian dapat
dikatakan bahwa peranan lingkungan sekolah telah terlaksana dengan baik,
dengan dilihat dari usaha warga sekolah menciptakan lingkungan yang
kondusif dalam proses pembelajaran.
2. Upaya peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Bone yaitu
dengan dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswanya.
Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa peningkatan prestasi belajar
siswa di SMA Negeri 16 Bone lumayan baik.
3. Peranan lingkungan sekolah dalam peningkatan prestasi belajar siswa di
SMA Negeri 16 Bone. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dalam peranan
lingkungan fisik, sosial dan budaya sekolah diusahakan dengan menjalin
interaksi antara siswa maupun guru yang akan mempengaruhi tingkah laku
siswa, SMA Negeri 16 Bone senantiasa menciptakan lingkungan belajar
yang nyaman, aman dan kondusif tentu akan memberikan kontribusi atau
pengaruh yang positif dalam peningkatan prestasi belajar siswa terhadap
proses belajar siswa, sehingga siswa dapat mencapai prestasi yang baik.
Hal ini dikarenakan siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran
dengan baik.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peranan lingkungan sekolah dalam
peningkatan prestasi belajar siswa, maka saran yang akan disampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Hendaknya pihak sekolah memperhatikan lingkungan yang disekitar
sekolah mengenai lingkungan fisik, sosial dan budaya sekolah
sehingga siswa dapat peningkatan prestasi belajar yang dimiliki siswa
sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
2. Hendaknya guru-guru senantiasa mengembangkan diri dan
kemampuannya serta memperhatikan kondisi semua siswanya agar
siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya
Ketersediaan
| STAR20190366 | 366/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
366/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
