Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Mengambil Produk Kur Syariah Di Pegadaian (Studi Pada Masyarakat Kec. Mare Kab. Bone)
Dian Febriani/612062020068 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap
minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan serta promosi terhadap
minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Penelitian ini adalah
penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu kualitas
pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyrakat
mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Promosi memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di
pegadaian. Dan variabel kualitas pelayanan dan promo berpengaruh secara simultan
terhadap minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan
promosi terhadap minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian
(studi pada masyarakat Kec. Mare Kab. Bone) dengan 100 respondent maka
kesimpulan hasil penelitian ini sebagai berikut :
1. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat
masyarakat Kec. Mare Kab. Bone untuk mengambil produk KUR syariah di
pegadaian. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa T hitung
> T tabel yaitu 3,713 > 0,977 yang berarti variabel X 1 (kualitas pelayanan)
mempunyai pengaruh positif terhadap variabel Y (minat mengambil produk KUR
syariah) dengan tingkatan signifikan 0,000 < 0,05, sehingga apabila setiap terjadi
peningkatan kualitas pelayanan masyarakat maka akan meningkatkan minat
mengambil produk KUR syariah. Hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan
bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat
mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Dengan demikian H 1 diterima dan
H 0 ditolak.
2. Variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat Kec.
Mare Kab. Bone untuk mengambil produk KUR syariah di pegadaian.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa bahwa nilai
T hitung > T tabel yaitu 8,798 > 0,977 yang berarti variabel X 2 (promosi) mempunyai
pengaruh positif terhadap variabel Y (minat mengambil produk KUR syariah)
dengan tingkatan signifikan 0,000 < 0,05, sehingga apabila setiap terjadi
63
peningkatan promosi kepada masyarakat maka akan meningkatkan minat
mengambil produk KUR syariah. Hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan
bahwa terdapat pengaruh promosi terhadap minat masyarakat mengambil produk
KUR syariah di pegadaian. Dengan demikian H 2 diterima dan H 0 ditolak.
3. Variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap
minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Berdasarkan
hasil analisis yang dilakukan dapat dapat diketahui bahwa nilai F hitung > F tabel atau
185,039 > 3,09 dan nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan
bahwa secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan
antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat masyarakat mengambil
produk KUR syariah. Dengan demikian H 3 diterima dan H 0 ditolak. Besarnya nilai
R 2 sebesar 0,792 atau 79,2%. Besarnya nilai koefisien determinasi tersebut
menunjukkan bahwa variabel independent (kualitas pelayanan dan promosi)
terhadap variabel dependen (minat mengambil produk KUR syariah) sebesar
79,2% sedangkan sisanya 20,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak
digunakan dipenelitian ini.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka saran yang dapat diajukan
sebagai berikut :
1. Bagi pihak pegadaian, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat mengambil produk KUR syariah. Maka pihak pegadaian dapat
mempertahankan serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan
meningkatkan sistem promosi produk KUR syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memperhatikan variabel -variabel
yang tidak ada dalam penelitian ini karena masih banyak variabel lain yang dapat
mempengaruhi minat masyarakat untuk mengambil produk KUR syariah di
Pegadaian.
minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan serta promosi terhadap
minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Penelitian ini adalah
penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu kualitas
pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyrakat
mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Promosi memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di
pegadaian. Dan variabel kualitas pelayanan dan promo berpengaruh secara simultan
terhadap minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan
promosi terhadap minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian
(studi pada masyarakat Kec. Mare Kab. Bone) dengan 100 respondent maka
kesimpulan hasil penelitian ini sebagai berikut :
1. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat
masyarakat Kec. Mare Kab. Bone untuk mengambil produk KUR syariah di
pegadaian. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa T hitung
> T tabel yaitu 3,713 > 0,977 yang berarti variabel X 1 (kualitas pelayanan)
mempunyai pengaruh positif terhadap variabel Y (minat mengambil produk KUR
syariah) dengan tingkatan signifikan 0,000 < 0,05, sehingga apabila setiap terjadi
peningkatan kualitas pelayanan masyarakat maka akan meningkatkan minat
mengambil produk KUR syariah. Hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan
bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat
mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Dengan demikian H 1 diterima dan
H 0 ditolak.
2. Variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat Kec.
Mare Kab. Bone untuk mengambil produk KUR syariah di pegadaian.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa bahwa nilai
T hitung > T tabel yaitu 8,798 > 0,977 yang berarti variabel X 2 (promosi) mempunyai
pengaruh positif terhadap variabel Y (minat mengambil produk KUR syariah)
dengan tingkatan signifikan 0,000 < 0,05, sehingga apabila setiap terjadi
63
peningkatan promosi kepada masyarakat maka akan meningkatkan minat
mengambil produk KUR syariah. Hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan
bahwa terdapat pengaruh promosi terhadap minat masyarakat mengambil produk
KUR syariah di pegadaian. Dengan demikian H 2 diterima dan H 0 ditolak.
3. Variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap
minat masyarakat mengambil produk KUR syariah di pegadaian. Berdasarkan
hasil analisis yang dilakukan dapat dapat diketahui bahwa nilai F hitung > F tabel atau
185,039 > 3,09 dan nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan
bahwa secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan
antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat masyarakat mengambil
produk KUR syariah. Dengan demikian H 3 diterima dan H 0 ditolak. Besarnya nilai
R 2 sebesar 0,792 atau 79,2%. Besarnya nilai koefisien determinasi tersebut
menunjukkan bahwa variabel independent (kualitas pelayanan dan promosi)
terhadap variabel dependen (minat mengambil produk KUR syariah) sebesar
79,2% sedangkan sisanya 20,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak
digunakan dipenelitian ini.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka saran yang dapat diajukan
sebagai berikut :
1. Bagi pihak pegadaian, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat mengambil produk KUR syariah. Maka pihak pegadaian dapat
mempertahankan serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan
meningkatkan sistem promosi produk KUR syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memperhatikan variabel -variabel
yang tidak ada dalam penelitian ini karena masih banyak variabel lain yang dapat
mempengaruhi minat masyarakat untuk mengambil produk KUR syariah di
Pegadaian.
Ketersediaan
| SFEBI20240262 | 262/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
262/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
