Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bone
Muh. Firdaus Firman/01.17.5198 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh kualitas layanan internet banking
terhadap loyalitasnasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bone. Adapun
tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaituuntuk mengetahui pengaruh kualitas
layanan internet banking terhadap loyalitasnasabah Bank Syariah Indonesia Kantor
Cabang Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan
menggunakan kuesioner sertateknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas layanan internet banking
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bone
yang ditunjukkan dengan nilai t_tabel sebesar 1,697dan nilai t_hitung sebesar 6,354,
maka nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (6,354>1,697) dan nilai signifikansi
sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05. Sedangkan darinilai koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,590 nilai ini menunjukan bahwa variabel kualitas layanan
internet banking (X) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah(Y) sebesar 59,0%. Berarti
bahwa kualitas layanan internet banking mampu menjelaskan variabel loyalitas
nasabah sebesar 59,0% sedangkan 41,0% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat
diambil adalah kualitas layanan internet banking berpengaruh terhadap loyalitas
nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bone yang ditunjukkan dengan nilai
t_tabel sebesar 1,697dan nilai t_hitung sebesar 6,354,maka nilai t_hitung lebih besar
dari t_tabel (6,354>1,697) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil
dari 0,05. Sedangkan dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,590 nilai ini
menunjukan bahwa variabel kualitas layanan internet banking (X) berpengaruh
terhadap loyalitas nasabah (Y) sebesar 59,0%, maka H1 Diterima dan H0 Ditolak
.Berarti bahwa kualitas layanan internet banking mampu menjelaskan variabel loyalitas
nasabah sebesar 59,0% sedangkan 41,0% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan saran:
1. Bank Syariah Indonesia
Investasikan dalam teknologi terbaru dan pengembangan fitur-fitur inovatif
untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mempertahankan keunggulan
kompetitif. Berikan pelatihan yang memadai kepada staf mengenai layanan internet
banking dan bagaimana memberikan dukungan optimal kepada nasabah. Lakukan
evaluasi dan monitoring secara rutin terhadap performa layanan internet banking dan
kepuasan nasabah untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
2. Nasabah
Manfaatkan layanan internet banking untuk kemudahan dalam melakukan
transaksi perbankan secara cepat dan aman.Tingkatkanliterasi digital dengan
memahami cara penggunaan layanan internet banking secara optimal dan aman. Segera
laporkan masalah atau kendala yang dihadapi saat menggunakan layanan internet
banking kepada pihak bank untuk mendapatkan solusi yang cepat dan tepat.
3. Masyarakat
Pahami manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan perbankan
digital seperti internet banking untuk mempermudah transaksi keuangan sehari-hari.
Ikuti program edukasi finansial yang diselenggarakan oleh bank atau lembaga
keuangan lainnya untuk meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan layanan
perbankan secara aman dan efisien.Tingkatkan literasi teknologi dengan belajar
menggunakan perangkat digital dan layanan online yang semakin berkembang dalam
kehidupan sehari-hari.
terhadap loyalitasnasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bone. Adapun
tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaituuntuk mengetahui pengaruh kualitas
layanan internet banking terhadap loyalitasnasabah Bank Syariah Indonesia Kantor
Cabang Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan
menggunakan kuesioner sertateknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas layanan internet banking
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bone
yang ditunjukkan dengan nilai t_tabel sebesar 1,697dan nilai t_hitung sebesar 6,354,
maka nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (6,354>1,697) dan nilai signifikansi
sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05. Sedangkan darinilai koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,590 nilai ini menunjukan bahwa variabel kualitas layanan
internet banking (X) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah(Y) sebesar 59,0%. Berarti
bahwa kualitas layanan internet banking mampu menjelaskan variabel loyalitas
nasabah sebesar 59,0% sedangkan 41,0% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat
diambil adalah kualitas layanan internet banking berpengaruh terhadap loyalitas
nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bone yang ditunjukkan dengan nilai
t_tabel sebesar 1,697dan nilai t_hitung sebesar 6,354,maka nilai t_hitung lebih besar
dari t_tabel (6,354>1,697) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil
dari 0,05. Sedangkan dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,590 nilai ini
menunjukan bahwa variabel kualitas layanan internet banking (X) berpengaruh
terhadap loyalitas nasabah (Y) sebesar 59,0%, maka H1 Diterima dan H0 Ditolak
.Berarti bahwa kualitas layanan internet banking mampu menjelaskan variabel loyalitas
nasabah sebesar 59,0% sedangkan 41,0% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan saran:
1. Bank Syariah Indonesia
Investasikan dalam teknologi terbaru dan pengembangan fitur-fitur inovatif
untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mempertahankan keunggulan
kompetitif. Berikan pelatihan yang memadai kepada staf mengenai layanan internet
banking dan bagaimana memberikan dukungan optimal kepada nasabah. Lakukan
evaluasi dan monitoring secara rutin terhadap performa layanan internet banking dan
kepuasan nasabah untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
2. Nasabah
Manfaatkan layanan internet banking untuk kemudahan dalam melakukan
transaksi perbankan secara cepat dan aman.Tingkatkanliterasi digital dengan
memahami cara penggunaan layanan internet banking secara optimal dan aman. Segera
laporkan masalah atau kendala yang dihadapi saat menggunakan layanan internet
banking kepada pihak bank untuk mendapatkan solusi yang cepat dan tepat.
3. Masyarakat
Pahami manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan perbankan
digital seperti internet banking untuk mempermudah transaksi keuangan sehari-hari.
Ikuti program edukasi finansial yang diselenggarakan oleh bank atau lembaga
keuangan lainnya untuk meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan layanan
perbankan secara aman dan efisien.Tingkatkan literasi teknologi dengan belajar
menggunakan perangkat digital dan layanan online yang semakin berkembang dalam
kehidupan sehari-hari.
Ketersediaan
| SFEBI20240252 | 252/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
252/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
