Pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SD Se- Kecamatan Awangpone
Sultan/170202007 - Personal Name
Tesis ini adalah Pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru PAI
SD di Kecamatan Awangpone. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1)
bagaimana tingkat kompetensi profesional guru PAI di SD se- Kecamatan
Awangpone? (2) bagaimana taraf kinerja guru PAI di SD se- Kecamatan
Awangpone? (3) bagaimana pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru
PAI di SD se- Kecamatan Awangpone? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)
memahami tingkat kompetensi profesional guru PAI di SD se- Kecamatan
Awangpone, (2) memahami taraf kinerja guru PAI di SD se- Kecamatan Awangpone,
(3) menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru PAI di SD
se- Kecamatan Awangpone.
Metode penelitian lapangan (Field Research), jenis penelitian ini adalah
kombinasi (mix methods) dengan menggunakan teknik pengumpulan data antara lain
dengan observasi, angket, wawancara, dokumentasi, Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel kompetensi profesional sebesar
156. Dengan demikian tingkat kompetensi profesional termasuk sangat baik. (2)
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel
kinerja guru sebesar 57. Dengan demikian taraf kinerja guru PAI termasuk dalam
kategori sangat baik. (3) ada pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru
PAI di SD se- Kecamatan Awangpone. Uji hasil regresi linier sederhana diperoleh
konstanta a sebesar 9.481 dan koefisien regresi sebesar 0,438. Persamaan regresi
yang dihasilkan Y = 9,481 + 0,438 sehingga apabila kompetensi profesional
ditingkatkan, maka akan terjadi peningkatan pada kinerja guru PAI, kemudian
berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3.775 > t tabel 2.042 dan
nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05. Hasil uji t menghasilkan coefficient (koefisien)
sebesar 0,463 berada pada interval koefisien 0,215 dengan tingkat hubungan sangat
kuat, yaitu variabel kompetensi profesional memiliki hubungan/pengaruh sangat kuat
terhadap kinerja guru PAI di SD se- Kecamatan Awangpone.
Implikasi penelitian untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone
hendaknya memaksimalkan kompetensi profesionalnya saat menyampaikan materi
pelajaran, guna memudahkan peserta didik dalam menerima dan memahami materi
PAI. Oleh karena itu guru harus meningkatkan kompetensi profesionalnya saat
menyampaikan pelajaran. Bagi pimpinan Sekolah Dasar hendaknya mengadakan
berbagai pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi
profesionalnya agar kinerja guru meningkat. Bagi peneliti selanjutnya untuk
melakukan penelitian lebih lanjut guna melihat pengaruh kompetensi profesional
terhadap kinerja guru PAI.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian dan analisa bab sebelumnya maka dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Setelah dianalisis kompetensi profesional yang dimiliki guru pendidikan
agama Islam di SD se- Kecamatan Awangpone dikategorikan sangat baik.
Hal tersebut terbukti dari 30 responden terdapat 27 responden atau
sebesar (86%) yang mendapatkan skor dalam kategori sangat baik dalam
materi Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah Akhlak, dan Al-Quran
Hadis .
2. Setelah dianalisis kinerja guru PAI yang dimiliki guru pendidikan agama
Islam di SD se- Kecamatan Awangpone dikategorikan sangat baik. Hal
tersebut terbukti dari 30 responden terdapat 27 responden atau sebesar
(86%) yang mendapatkan skor dalam kategori sangat baik.
3. Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap
kinerja guru PAI SD di se- Kecamatan Awangpone. Karena berdasarkan
hasil analisa statistik menyatakan bahwa koefisien regresi kompetensi
profesional sebesar 0,438 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai
kompetensi profesional, maka nilai kinerja guru PAI bertambah sebesar
0,438. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan
bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil pembahasan dan simpulan diatas maka penulis
menyaran hal-hal sebagai berikut:
1. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya
memaksimalkan kompetensi profesionalnya saat menyampaikan materi
pelajaran, guna memudahkan peserta didik dalam menerima dan
memahami materi PAI. Oleh karena itu guru harus meningkatkan
kompetensi profesionalnya saat menyampaikan pelajaran.
2. Bagi pimpinan Sekolah Dasar hendaknya mengadakan berbagai
pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi
profesionalnya agar kinerja guru meningkat.
3. Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna
melihat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru PAI.
SD di Kecamatan Awangpone. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1)
bagaimana tingkat kompetensi profesional guru PAI di SD se- Kecamatan
Awangpone? (2) bagaimana taraf kinerja guru PAI di SD se- Kecamatan
Awangpone? (3) bagaimana pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru
PAI di SD se- Kecamatan Awangpone? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)
memahami tingkat kompetensi profesional guru PAI di SD se- Kecamatan
Awangpone, (2) memahami taraf kinerja guru PAI di SD se- Kecamatan Awangpone,
(3) menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru PAI di SD
se- Kecamatan Awangpone.
Metode penelitian lapangan (Field Research), jenis penelitian ini adalah
kombinasi (mix methods) dengan menggunakan teknik pengumpulan data antara lain
dengan observasi, angket, wawancara, dokumentasi, Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel kompetensi profesional sebesar
156. Dengan demikian tingkat kompetensi profesional termasuk sangat baik. (2)
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel
kinerja guru sebesar 57. Dengan demikian taraf kinerja guru PAI termasuk dalam
kategori sangat baik. (3) ada pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru
PAI di SD se- Kecamatan Awangpone. Uji hasil regresi linier sederhana diperoleh
konstanta a sebesar 9.481 dan koefisien regresi sebesar 0,438. Persamaan regresi
yang dihasilkan Y = 9,481 + 0,438 sehingga apabila kompetensi profesional
ditingkatkan, maka akan terjadi peningkatan pada kinerja guru PAI, kemudian
berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3.775 > t tabel 2.042 dan
nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05. Hasil uji t menghasilkan coefficient (koefisien)
sebesar 0,463 berada pada interval koefisien 0,215 dengan tingkat hubungan sangat
kuat, yaitu variabel kompetensi profesional memiliki hubungan/pengaruh sangat kuat
terhadap kinerja guru PAI di SD se- Kecamatan Awangpone.
Implikasi penelitian untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone
hendaknya memaksimalkan kompetensi profesionalnya saat menyampaikan materi
pelajaran, guna memudahkan peserta didik dalam menerima dan memahami materi
PAI. Oleh karena itu guru harus meningkatkan kompetensi profesionalnya saat
menyampaikan pelajaran. Bagi pimpinan Sekolah Dasar hendaknya mengadakan
berbagai pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi
profesionalnya agar kinerja guru meningkat. Bagi peneliti selanjutnya untuk
melakukan penelitian lebih lanjut guna melihat pengaruh kompetensi profesional
terhadap kinerja guru PAI.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian dan analisa bab sebelumnya maka dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Setelah dianalisis kompetensi profesional yang dimiliki guru pendidikan
agama Islam di SD se- Kecamatan Awangpone dikategorikan sangat baik.
Hal tersebut terbukti dari 30 responden terdapat 27 responden atau
sebesar (86%) yang mendapatkan skor dalam kategori sangat baik dalam
materi Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah Akhlak, dan Al-Quran
Hadis .
2. Setelah dianalisis kinerja guru PAI yang dimiliki guru pendidikan agama
Islam di SD se- Kecamatan Awangpone dikategorikan sangat baik. Hal
tersebut terbukti dari 30 responden terdapat 27 responden atau sebesar
(86%) yang mendapatkan skor dalam kategori sangat baik.
3. Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap
kinerja guru PAI SD di se- Kecamatan Awangpone. Karena berdasarkan
hasil analisa statistik menyatakan bahwa koefisien regresi kompetensi
profesional sebesar 0,438 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai
kompetensi profesional, maka nilai kinerja guru PAI bertambah sebesar
0,438. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan
bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil pembahasan dan simpulan diatas maka penulis
menyaran hal-hal sebagai berikut:
1. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya
memaksimalkan kompetensi profesionalnya saat menyampaikan materi
pelajaran, guna memudahkan peserta didik dalam menerima dan
memahami materi PAI. Oleh karena itu guru harus meningkatkan
kompetensi profesionalnya saat menyampaikan pelajaran.
2. Bagi pimpinan Sekolah Dasar hendaknya mengadakan berbagai
pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi
profesionalnya agar kinerja guru meningkat.
3. Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna
melihat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru PAI.
Ketersediaan
| 170202007 | 52/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
52/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Tesis PAI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
