Pengaruh Tren, Gaya Hidup Berbelanja dan Harga Diskon Terhadap Pembelian Impulsif Fashion Halal Pada Mahasiswa FEBI IAIN Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tren, gaya hidup berbelanja dan
harga diskon terhadap pembelian impulsif pada fashion halal khususnya dikalangan
mahasiswa FEBI IAIN Bone. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif
dengan menggunakan metode kuantitatif. Purposive Sampling adalah teknik
pengambilan sampel yang digunakan, untuk jumlah sampel dalam penelitian ini
mengambil sebanyak 100 responden yang dijadikan sampel penelitian berdasarkan
hasil perhitungan rumus slovin yang digunakan. Structural Equation Modeling (SEM)
adalah teknik analisis data berbasis komponen yang memanfaatkan alat analisis
Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tren
berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada fashion halal, gaya hidup
berbelanja berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada fashion halal,
dan harga diskon berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada fashion
halal.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari
penelitian ini adalah:
1. Tren memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif,
sebagaimana ditunjukkan oleh t-statistic sebesar 2,987 > 1,96 dan p-value
0,003 < 0,05. Hal ini berarti bahwa tren yang berkembang di pasar dapat
mendorong konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Konsumen
yang mengikuti tren cenderung lebih mudah terpengaruh oleh produk yang
sedang tren saat ini, yang dapat meningkatkan kecenderungan mereka
untuk membeli barang tanpa perencanaan sebelumnya.
2. Gaya hidup berbelanja memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian
impulsif, sebagaimana ditunjukkan oleh t-statistic sebesar 2,242 > 1,96 dan
p-value 0.025 < 0.05. Hal ini berarti bahwa gaya hidup berbelanja yang
lebih cenderung impulsif dapat mendorong konsumen untuk melakukan
pembelian tanpa perencanaan yang matang. Konsumen yang memiliki gaya
hidup berbelanja impulsif cenderung lebih mudah dipengaruhi oleh faktor
eksternal seperti diskon atau tren saat ini, yang akhirnya meningkatkan
keputusan mereka untuk membeli produk secara spontan.
99
100
3. Harga diskon memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif,
sebagaimana ditunjukkan oleh t-statistic sebesar 1.972 > 1.96 dan p-value
0.049 (< 0.05). Hal ini berarti bahwa diskon yang ditawarkan pada produk
dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian impulsif.
Konsumen cenderung lebih terpengaruh oleh harga yang lebih murah atau
diskon yang diberikan, yang membuat mereka lebih cenderung untuk
membeli barang tanpa perencanaan sebelumnya.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran
yang diberikan untuk penelitian ini adalah:
1. Bagi akademisi diharapkan dijadikan sumber penelitian mengenai
pentingnya untuk selektif dalam melakukan pembelian fashion halal.
Selain itu, dapat menjadi sumber informasi dan tambahan ilmu
pengetahuan khususnya pada teori ekonomi islam tentang tren, gaya
hidup dan harga diskon terhadap pembelian impulsif pada fashion halal,
serta sebagai sumbangan pikiran bagi penelitian yang akan melakukan
penelitian lebih lanjut.
2. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar pada penelitian selanjutnya
mampu menggunakan variabel yang lebih luas dan bervariatif untuk
lebih mengetahui secara mendalam mengenai faktor apa saja yang dapat
mempengaruhi pembelian impulsif terutama pada fashion halal.
Penambahan variabel ini akan memberikan gambaran yang lebih
komprehensif tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku
konsumen.
3. Bagi mahasiswa FEBI IAIN Bone dapat mempertimbangkan dan
selektif dalam melakukan pembelian fashion halal. Mahasiswa dapat
mengeksplorasi bagaimana kesadaran akan pentingnya memilih produk
yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fashion tetapi juga
mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi
peneliti, pemerintah maupun masyarakat antara lain:
1. Menambah wawasan bagi penulis bahwa pentingnya untuk selektif dalam
melakukan pembelian fashion halal. Penelitian ini dapat memperkaya
literatur yang ada mengenai perilaku konsumen, khususnya dalam konteks
fashion halal. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
pembelian impulsif, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada
pengembangan teori perilaku konsumen dan model-model yang ada.
2. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan maupun bahan masukan
bagi pelaku industri dan masyarakat tentang preferensi dan perilaku
belanja mahasiswa. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi
pembelian impulsif, perusahaan dapat merancang strategi pemasaran yang
lebih efektif, seperti promosi yang lebih menarik dan penawaran diskon
yang tepat sasaran.
Ketersediaan
SFEBI20250120120/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

120/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

gaya hidup

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top