Pengaruh Pemanfaatan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Customer BNS Brow Parfum Di Kelurahan Macanang Kabupaten Bone
Siti Nur Azizah/612062020092 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemanfaatan Digital Marketing
terhadap Keputusan Pembelian dengan menggunakan pelanggan BNS Brow Parfum
Kabupaten Bone sebagai responden dari penelitian ini. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk
memperoleh data penelitian antara lain: survei, kuesioner dan dokumentasi. Alat yang
digunakan peneliti untuk menganalisis data yaitu dengan menggunakan aplikasi
SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji normalitas data dari penelitian
dinyatakan normal, dengan menggunakan uji linearitas menunjukkan bahwa kedua
variabel yang diteliti dinyatakan linear, dengan menggunakan regresi linear sederhana
dinyatakan bahwa terdapat pengaruh variabel Pemanfaatan Digital Marketing (X)
terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) serta hasil dari uji hipotesis menunjukkan
bahwa dengan menggunakan uji (R 2 ) dan uji t menyatakan bahwa terdapat pengaruh
antara variabel Pemanfaatan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada
Customer BNS Brow parfum di Kelurahan Macanang Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti pada
bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan digital marketing sangat penting dalam meningkatkan penjualan
karena BNS Brow Parfum telah menerapkan sistem digital dengan
menggunakan media sosial tanpa harus ke lokasi penjualan. Hal ini bisa daya
tarik bagi calon pelanggan untuk menjadi pelanggan pada BNS Brow Parfum.
Selain itu BNS Brow Parfum juga telah mempermudah bagi pelanggan yang
memiliki alat media sosial atau aplikasi seperti WhatsApp, Instagram,
Facebook dan Tiktok untuk melakukan pemesanan atau pembelian parfum.
2. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara pemanfaatan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada
customer BNS Brow Parfum. Hal-hal yang dapat menjadi pendukung
pengaruh pemanfaatan digital marketing terhadap keputusan pembelian
mencakup pengembangan teknologi digital dalam layanan BNS Brow Parfum
yang secara langsung mengehemat waktu dan efisiensi layanan pelanggan.
Hal ini mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan
layanan berbasis digital yang menjadi utama di era sekarang.
3. Hasil dari uji hipotesis berdasarkan uji Koefisien Determinasi (R 2 )
menghasilkan nilai R sebesar 0.508 sedangkan nilai (R 2 )/R Square
menunjukkan nilai 1,258 yang apabila sesuai dengan dasar pengambilan
keputusan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang diberikan oleh variabel
pemanfaatan digital marketing (X) terhadap variabel keputusan pembelian
(Y). Dari hasil t table diperoleh nilai sebesar 1,660, nilai t hitung sebesar
5,836 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Jika dilihat dari dasar pengambilan
keputusan untuk uji t Parsial maka nilai signifikan 0,000 lebih kecil 0,05 dan
nilai t hitung 5,836 lebih besar dari nilai t tabel maka terdapat pengaruh
Pemanfaatan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian.
Hasil dari uji hipotesis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa H 1
diterima dan H 0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan
digital marketing terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini juga
didukung oleh penelitian terdahulu yang memiliki variabel yang sama dengan
penelitian ini dan memiliki hasil yang sama.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas tentang pemanfaatan digital marketing terhadap
keputusan pembelian maka saran dari penulis sebagai berikut:
1. BNS Brow Parfum hendaknya lebih fokus pada pembuatan konten kreatif
yang dapat meningkatkan penjualan dengan pelanggan, seperti video tutorial
atau testimoni pelanggan yang lebih menarik di platform seperti Instagram,
TikTok, dan WhatsApp
2. Mengoptimalkan pengalaman belanja di platform e-commerce dengan desain
yang lebih berkualitas dan berbagai metode pembayaran yang memudahkan
konsumen. Selain itu, memperkenalkan program loyalitas atau diskon khusus
untuk pelanggan BNS Brow Parfum yang berbelanja melalui media sosial
yang dapat meningkatkan penjualan.
3. BNS Brow Parfum sebaiknya terus memonitor dan menganalisis data hasil
digital marketing untuk memahami perilaku pelanggan lebih dalam. Ini dapat
dilakukan dengan memanfaatkan alat analitik seperti platform analisis media
sosial untuk mengetahui mana yang paling efektif.
4. Jika BNS Brow Parfum sudah cukup kuat dalam memasarkan produknya di
daerah terntentu misalnya di daerah Bone, bisa dipertimbangkan untuk
mengembangkan pasar melalui digital marketing, terutama dengan
memanfaatkan pemasaran melalui media sosial.
terhadap Keputusan Pembelian dengan menggunakan pelanggan BNS Brow Parfum
Kabupaten Bone sebagai responden dari penelitian ini. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk
memperoleh data penelitian antara lain: survei, kuesioner dan dokumentasi. Alat yang
digunakan peneliti untuk menganalisis data yaitu dengan menggunakan aplikasi
SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji normalitas data dari penelitian
dinyatakan normal, dengan menggunakan uji linearitas menunjukkan bahwa kedua
variabel yang diteliti dinyatakan linear, dengan menggunakan regresi linear sederhana
dinyatakan bahwa terdapat pengaruh variabel Pemanfaatan Digital Marketing (X)
terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) serta hasil dari uji hipotesis menunjukkan
bahwa dengan menggunakan uji (R 2 ) dan uji t menyatakan bahwa terdapat pengaruh
antara variabel Pemanfaatan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada
Customer BNS Brow parfum di Kelurahan Macanang Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti pada
bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan digital marketing sangat penting dalam meningkatkan penjualan
karena BNS Brow Parfum telah menerapkan sistem digital dengan
menggunakan media sosial tanpa harus ke lokasi penjualan. Hal ini bisa daya
tarik bagi calon pelanggan untuk menjadi pelanggan pada BNS Brow Parfum.
Selain itu BNS Brow Parfum juga telah mempermudah bagi pelanggan yang
memiliki alat media sosial atau aplikasi seperti WhatsApp, Instagram,
Facebook dan Tiktok untuk melakukan pemesanan atau pembelian parfum.
2. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara pemanfaatan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada
customer BNS Brow Parfum. Hal-hal yang dapat menjadi pendukung
pengaruh pemanfaatan digital marketing terhadap keputusan pembelian
mencakup pengembangan teknologi digital dalam layanan BNS Brow Parfum
yang secara langsung mengehemat waktu dan efisiensi layanan pelanggan.
Hal ini mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan
layanan berbasis digital yang menjadi utama di era sekarang.
3. Hasil dari uji hipotesis berdasarkan uji Koefisien Determinasi (R 2 )
menghasilkan nilai R sebesar 0.508 sedangkan nilai (R 2 )/R Square
menunjukkan nilai 1,258 yang apabila sesuai dengan dasar pengambilan
keputusan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang diberikan oleh variabel
pemanfaatan digital marketing (X) terhadap variabel keputusan pembelian
(Y). Dari hasil t table diperoleh nilai sebesar 1,660, nilai t hitung sebesar
5,836 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Jika dilihat dari dasar pengambilan
keputusan untuk uji t Parsial maka nilai signifikan 0,000 lebih kecil 0,05 dan
nilai t hitung 5,836 lebih besar dari nilai t tabel maka terdapat pengaruh
Pemanfaatan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian.
Hasil dari uji hipotesis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa H 1
diterima dan H 0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan
digital marketing terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini juga
didukung oleh penelitian terdahulu yang memiliki variabel yang sama dengan
penelitian ini dan memiliki hasil yang sama.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas tentang pemanfaatan digital marketing terhadap
keputusan pembelian maka saran dari penulis sebagai berikut:
1. BNS Brow Parfum hendaknya lebih fokus pada pembuatan konten kreatif
yang dapat meningkatkan penjualan dengan pelanggan, seperti video tutorial
atau testimoni pelanggan yang lebih menarik di platform seperti Instagram,
TikTok, dan WhatsApp
2. Mengoptimalkan pengalaman belanja di platform e-commerce dengan desain
yang lebih berkualitas dan berbagai metode pembayaran yang memudahkan
konsumen. Selain itu, memperkenalkan program loyalitas atau diskon khusus
untuk pelanggan BNS Brow Parfum yang berbelanja melalui media sosial
yang dapat meningkatkan penjualan.
3. BNS Brow Parfum sebaiknya terus memonitor dan menganalisis data hasil
digital marketing untuk memahami perilaku pelanggan lebih dalam. Ini dapat
dilakukan dengan memanfaatkan alat analitik seperti platform analisis media
sosial untuk mengetahui mana yang paling efektif.
4. Jika BNS Brow Parfum sudah cukup kuat dalam memasarkan produknya di
daerah terntentu misalnya di daerah Bone, bisa dipertimbangkan untuk
mengembangkan pasar melalui digital marketing, terutama dengan
memanfaatkan pemasaran melalui media sosial.
Ketersediaan
| SFEBI20240247 | 247/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
247/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
