Pengaruh Kemudahan Produk Pengadaian Syariah Terhadap Minat Nasabah Di Watampone
Arini Putri Astuti/612062020128 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh kemudahan produk Pegadaian
Syariah terhadap minat nasabah di Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh kemudahan produk Pegadaian Syariah terhadap minat
nasabah di Watampone. Kemudahan produk yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah
meliputi aksesibilitas layanan, prosedur yang sederhana, kesesuaian dengan prinsip
syariah, dan fleksibilitas pembayaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah
Pegadaian Syariah di Watampone. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan
metode regresi linier untuk melihat hubungan antara variabel kemudahan produk dan
minat nasabah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan
melalui kuesioner berupa serangkaian pernyataan yang diberikan kepada responden,
dengan populasi yang diteliti adalah nasabah Pegadaian Syariah. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari 50 orang responden. Adapun analisis data yang dilakukan
yakni uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan
(1) Pengaruh kemudahan produk Pegadaian Syariah berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat nasabah di Watampone. Dimana hasil koefisien sebesar
nilai signifikansi variabel kemudahan produk Pegadaian Syariah (X) adalah sebesar
0,000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
kemudahan produk Pegadaian Syariah (X) terhadap minat nasabah (Y). (2) Besar
pengaruh kemudahan produk Pegadaian Syariah berpengaruh secara signifikan
terhadap minat nasabah di Watampone yang dibuktikan secara statistik juga diperkuat
oleh hasil kategori pada kategori tersebut, dimana keduanya sama-sama berada pada
kategori tinggi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa R Square sebesar 0,750 atau
75%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemudahan produk Pegadaian
Syariah terhadap minat nasabah. Dengan demikian, terdapat 25% yang dipengaruhi
oleh variabel lain, yang disebabkan oleh pelayanan yang ramah, profesional, dan
berorientasi pada kebutuhan nasabah.
Syariah terhadap minat nasabah di Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh kemudahan produk Pegadaian Syariah terhadap minat
nasabah di Watampone. Kemudahan produk yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah
meliputi aksesibilitas layanan, prosedur yang sederhana, kesesuaian dengan prinsip
syariah, dan fleksibilitas pembayaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah
Pegadaian Syariah di Watampone. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan
metode regresi linier untuk melihat hubungan antara variabel kemudahan produk dan
minat nasabah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan
melalui kuesioner berupa serangkaian pernyataan yang diberikan kepada responden,
dengan populasi yang diteliti adalah nasabah Pegadaian Syariah. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari 50 orang responden. Adapun analisis data yang dilakukan
yakni uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan
(1) Pengaruh kemudahan produk Pegadaian Syariah berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat nasabah di Watampone. Dimana hasil koefisien sebesar
nilai signifikansi variabel kemudahan produk Pegadaian Syariah (X) adalah sebesar
0,000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
kemudahan produk Pegadaian Syariah (X) terhadap minat nasabah (Y). (2) Besar
pengaruh kemudahan produk Pegadaian Syariah berpengaruh secara signifikan
terhadap minat nasabah di Watampone yang dibuktikan secara statistik juga diperkuat
oleh hasil kategori pada kategori tersebut, dimana keduanya sama-sama berada pada
kategori tinggi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa R Square sebesar 0,750 atau
75%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemudahan produk Pegadaian
Syariah terhadap minat nasabah. Dengan demikian, terdapat 25% yang dipengaruhi
oleh variabel lain, yang disebabkan oleh pelayanan yang ramah, profesional, dan
berorientasi pada kebutuhan nasabah.
Ketersediaan
| SFEBI20250002 | 02/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
02/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
