Pengaruh Strategi Direct Marketing Terhadap Penjualan Mobil Toyota Pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Bone Ditinjau Dari Perspektif Maqashid Syariah
Anisa Ramadhani/602022020074 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi direct marketing
terhadap penjualan mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Bone,
ditinjau dari perspektif Maqashid Syariah. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada
sampel karyawan PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Bone, sehingga jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 45 responden. Teknik analisis data dalam penelitian
ini yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan
menggunakan bantuan SmartPLS versi 3.0 for windows, yang diarahkan untuk
menjawab rumusan masalah atau hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi direct marketing memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap penjualan mobil Toyota. Dalam perspektif Maqashid Syariah,
ditemukan bahwa implementasi strategi direct marketing oleh perusahaan sejalan
dengan prinsip-prinsip perlindungan agama (hifdz ad-din), jiwa (hifdz an-nafs),
akal (hifdz al-'aql), keturunan (hifdz an-nasl), dan harta (hifdz al-mal). Strategi
pemasaran yang diterapkan tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga
memperhatikan aspek etika dan kemaslahatan konsumen. Hal ini dapat ditunjukkan
dengan nilai uji hipotesis T Statistic sebesar 0.904 yang menyatakan bahwa
signifikan dan berpengaruh positif. Sedangkan nilai dari R2 menunjukkan nilai
sebesar 0.818 yang menyatakan bahwa R2 sangat kuat dan hasilnya menunjukkan
81,8 % dipengaruhi oleh variabel penjualan mobil.
A. Kesimpulan
Penelitian ini mengangkat judul “ Pengaruh Strategi direct marketing
terhadap Penjualan Mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Bone
Ditinjau dari Perspektif Maqashid Syariah” Jumlah sampel yang dibutuhkan dalam
penelitian ini adalah 45 karyawan PT. Hadji Kalla yang melakukan pemasaran.
Setelah dilakukan uji hipotesis, maka dapat di simpulkan bahwa :
1. Strategi direct marketing berpengaruh terhadap penjualan mobil Toyota. Hal
ini menunjukkan atau dapat dijelaskan bahwa semakin baik strategi direct
marketing-nya maka semakin tinggi pula tingkat penjualan.
2. Pengaruh penerapan strategi direct marketing pada PT. Hadji Kalla Toyota
termasuk dalam perspektif Maqashid Syariah. Hal ini dapat dijelaskan karena
pada dasarnya Maqashid Syariah merupakan dasar ekonomi islam yang berasal
dari Allah SWT yang bertujuan memberikan kemaslahatan kepada manusia
berupa kebutuhan supaya manusia dapat hidup dalam kebaikan dan menjadi
hambanya yang baik produksi barang kebutuhan dasar secara khusus dipandang
sebagai kewajiban sosial sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan
masyarakat melalui keadilan perdistribusian.
3. Pengaruh R-square pada penelitian pengaruh penerapan strategi direct
marketing terhadap penjualan mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Bone
menunjukkan nilai 0.818 dan dapat dikatakan kuat.
B. Saran
Penulis menyadari bahwa penelitian ini masih jauh dari kata sempurna, oleh
karena itu penulis berharap agar penelitian selanjutnya dapat lebih
menyempurnakan hasil dari penelitian sebelumnya serta merujuk pada penelitian
yang telah ada dengan harapan agar dapat memperoleh penelitian yang lebih baik
dari sebelumnya.
1. Sosialisasi pada fitur-fitur yang menunjukkan Strateginya. Hal ini dilakukan
karena hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh strategi direct
marketing terhadap penjualan mobil Toyota.
2. Perlu peningkatan pada penjualan dan strategi bagi perusahaan-perusahaan
yang bergerak dibidang jual-beli.
terhadap penjualan mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Bone,
ditinjau dari perspektif Maqashid Syariah. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada
sampel karyawan PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Bone, sehingga jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 45 responden. Teknik analisis data dalam penelitian
ini yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan
menggunakan bantuan SmartPLS versi 3.0 for windows, yang diarahkan untuk
menjawab rumusan masalah atau hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi direct marketing memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap penjualan mobil Toyota. Dalam perspektif Maqashid Syariah,
ditemukan bahwa implementasi strategi direct marketing oleh perusahaan sejalan
dengan prinsip-prinsip perlindungan agama (hifdz ad-din), jiwa (hifdz an-nafs),
akal (hifdz al-'aql), keturunan (hifdz an-nasl), dan harta (hifdz al-mal). Strategi
pemasaran yang diterapkan tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga
memperhatikan aspek etika dan kemaslahatan konsumen. Hal ini dapat ditunjukkan
dengan nilai uji hipotesis T Statistic sebesar 0.904 yang menyatakan bahwa
signifikan dan berpengaruh positif. Sedangkan nilai dari R2 menunjukkan nilai
sebesar 0.818 yang menyatakan bahwa R2 sangat kuat dan hasilnya menunjukkan
81,8 % dipengaruhi oleh variabel penjualan mobil.
A. Kesimpulan
Penelitian ini mengangkat judul “ Pengaruh Strategi direct marketing
terhadap Penjualan Mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Bone
Ditinjau dari Perspektif Maqashid Syariah” Jumlah sampel yang dibutuhkan dalam
penelitian ini adalah 45 karyawan PT. Hadji Kalla yang melakukan pemasaran.
Setelah dilakukan uji hipotesis, maka dapat di simpulkan bahwa :
1. Strategi direct marketing berpengaruh terhadap penjualan mobil Toyota. Hal
ini menunjukkan atau dapat dijelaskan bahwa semakin baik strategi direct
marketing-nya maka semakin tinggi pula tingkat penjualan.
2. Pengaruh penerapan strategi direct marketing pada PT. Hadji Kalla Toyota
termasuk dalam perspektif Maqashid Syariah. Hal ini dapat dijelaskan karena
pada dasarnya Maqashid Syariah merupakan dasar ekonomi islam yang berasal
dari Allah SWT yang bertujuan memberikan kemaslahatan kepada manusia
berupa kebutuhan supaya manusia dapat hidup dalam kebaikan dan menjadi
hambanya yang baik produksi barang kebutuhan dasar secara khusus dipandang
sebagai kewajiban sosial sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan
masyarakat melalui keadilan perdistribusian.
3. Pengaruh R-square pada penelitian pengaruh penerapan strategi direct
marketing terhadap penjualan mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Bone
menunjukkan nilai 0.818 dan dapat dikatakan kuat.
B. Saran
Penulis menyadari bahwa penelitian ini masih jauh dari kata sempurna, oleh
karena itu penulis berharap agar penelitian selanjutnya dapat lebih
menyempurnakan hasil dari penelitian sebelumnya serta merujuk pada penelitian
yang telah ada dengan harapan agar dapat memperoleh penelitian yang lebih baik
dari sebelumnya.
1. Sosialisasi pada fitur-fitur yang menunjukkan Strateginya. Hal ini dilakukan
karena hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh strategi direct
marketing terhadap penjualan mobil Toyota.
2. Perlu peningkatan pada penjualan dan strategi bagi perusahaan-perusahaan
yang bergerak dibidang jual-beli.
Ketersediaan
| SFEBI20240242 | 242/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
242/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
