Urgensi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng
Ilmi Sawianti/02.13.3086 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemanfaatan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Ulaweng dalam menunjang proses belajar mengajar; motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng; dan kontribusi pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah tersedia di sekolah dengan cara melibatkan siswa untuk menggunakan dan memeliharanya dengan baik. Motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng dapat dikatakan baik karena memiliki keinginan yang tinggi serta semangat dan optimisme dalam mencapai keberhasilan. Pemanfaatan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Ulaweng memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa karena dengan adanya penggunaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dapat membangkitkan minat dan semangat belajarnya. Dengan demikian, pemanfaatan sarana dan prasarana sangat penting untuk dilakukan demi meningkatkan semangat belajar siswa. rnA.SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:rn1.Upaya pemanfaatan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Ulaweng dalam menunjang proses belajar mengajar yaitu dengan mengajak atau melibatkan siswa untuk menjaga dan menggunakan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan serta melakukan pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah.rn2.Motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng dapat dikatakan baik. Hal tersebut didasarkan pada adanya keinginan yang tinggi, semangat dan optimisme yang dimiliki oleh siswa dalam mencapai keberhasilan dalam belajar. Motivasi belajar siswa tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.rn3.Kontribusi pemanfaatan sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng yaitu dengan dimanfaatkannya sarana dan prasarana di sekolah, siswa lebih giat dalam belajar. Pemanfaatan sarana dan prasarana dilakukan dengan mengajak siswa untuk menggunakannya dengan baik sehingga memudahkan siswa dalam belajar. Dengan adanya dukungan sarana dan prasarana di sekolah, siswa lebih aktif dalam mengikuti setiap pelajaran. Hal tersebut menandakan pentingnya pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng.rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rn1.Kepada Guru di SMP Negeri 1 Ulaweng agar lebih meningkatkan keterampilannya dalam menggunakan atau memanfaatkan sarana dan prasarana dengan baik di sekolah agar dapat memotivasi siswa untuk lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar dan mencapai prestasi yang baik.rn2.Keadaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Ulaweng sudah cukup memadai. Namun, keadaan sarana dan prasarana kurang efisien, terutama pada ruang guru dan ruang tata usaha ukurannya kurang memenuhi syarat sehingga keadaan ruangan kurang begitu nyaman, alangkah baiknya ruangan tersebut diperluas agar terasa nyaman sehingga guru maupun staf merasa nyaman dalam melaksanakan segala tugas-tugas yang berkenaan dengan pencapaian tujuan pembelajaran.rn3.Dalam memarkir kendaraan baik dari kendaraan guru dan siswa sebaiknya tidak di simpan sembarangan tempat, misalnya di lapangan futsal. Karena dapat mengganggu pembelajaran olahraga dan tidak bagus untuk dilihat. Jadi kendaraan bisa di simpan di tempat parkir yang sudah ditentukan.rnrnrn
Ketersediaan
| ST20170051 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
51/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
