Peran Promosi dalam Meningkatkan Penjualan dan Mempertahankan Eksistensi Indomie (Studi Kasus Pada PT. Indofood Area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa)).
Sulhang/601022021009 - Personal Name
Tesis ini merupakan studi tentang peran promosi dalam meningkatkan
penjualan dan mempertahankan eksistensi indomie (Studi Kasus Pada PT. Indofood
Area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa)).
Penelitian bertujuan untuk menjawab permasalahan Strategi promosi apa
yang digunakan PT. Indofood dalam meningkatkan penjualan Indomie area Bone,
Soppeng dan Wajo (Bosowa), Bagaimana efektivitas strategi promosi yang
digunakan PT. Indofood dalam mempertahankan eksistensi Indomiedan Bagaimana
peran promosi dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan eksistensi
Indomie area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa).
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan
menggunakan pendekatan ekonomi syariahdan ekonomi konvensional. Jenis data
yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang
diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik
reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan
kesimpulan (conclution drawing/verification) serta dianalisis menggunakan analisis
deskriptif (descriptive analysis).
Hasil penelitian menunjukkan; Pertama,strategi promosi di area Bone,
Soppeng dan Wajo yang digunakan oleh PT. Indofood adalah strategi periklanan,
penjualan personal, promosi penjualan serta publisitas dan hubungan masyarakat
deterapkan dengan baik dalam kegiatan promosi produk indomie.Kedua,strategi
promosi yang efektifditerapkan oleh PT. Indofood dalam mempertahankan eksistensi
indomie adalah penggunaaan strategi periklanan melalui pemanfaatan media sosial.
Ketiga, peran promosi dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan
eksistensi indomie di area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa), berjalan efektif
dengan peningkatan penjualan dari tahun 2020-2022. Sehingga eksistensi indomie
mampu dipertahankan.
A. Kesimpulan
1. Strategi promosi di area Bone, Soppeng dan Wajoyang digunakan oleh PT.
Indofood adalah dengan menggunakan indikator strategiperiklanan, penjualan
personal, promosi penjualan serta publisitas dan hubungan
masyarakatdeterapkan dengan baik dalam kegiatan promosi produk indomie.
Strategi tersebut, digunakan dengan mengacu kondisi pasar dan kebijakan
promosi yang ditetapkan oleh PT. Indofood.
2. Strategi promosi yang efektif diterapkan PT. Indofood dalam mempertahankan
eksistensi indomie, adalah penggunakan strategi promosi periklanan. Hal
tersebut, disebabkan dengan kondisi masyarakat yang menggunakan media
sosialdalam jumlah besar, akses yang mudah dijangkau oleh masyarakat, dan
mampu menarik perhatian masyarakat dengan konten iklan menarik yang
disebarkan melalui media sosial.
3. Peran promosi dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan eksistensi
indomie di area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa), berjalan efektif. Hal
tersebut, ditandai dengan peningkatan penjualan produk indomie dari tahun
2020-2022.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penulis menawarkan beberapa
saran yang kiranya dapat ditindaklanjuti demi mencapai strategi promosiyang baik
dan berkelanjutan yakni:
1. PT. Indofood menjaga konsitensi kualitas produk indomie.
2. Mampu menerapkan strategi yang tepat berdasakan kondisi pasar.
3. Menjaga harga agar tetap terjangkau oleh masyarakat
4. Memastikan strategi promosi yang digunakan tidak merugikan orang lain
penjualan dan mempertahankan eksistensi indomie (Studi Kasus Pada PT. Indofood
Area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa)).
Penelitian bertujuan untuk menjawab permasalahan Strategi promosi apa
yang digunakan PT. Indofood dalam meningkatkan penjualan Indomie area Bone,
Soppeng dan Wajo (Bosowa), Bagaimana efektivitas strategi promosi yang
digunakan PT. Indofood dalam mempertahankan eksistensi Indomiedan Bagaimana
peran promosi dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan eksistensi
Indomie area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa).
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan
menggunakan pendekatan ekonomi syariahdan ekonomi konvensional. Jenis data
yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang
diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik
reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan
kesimpulan (conclution drawing/verification) serta dianalisis menggunakan analisis
deskriptif (descriptive analysis).
Hasil penelitian menunjukkan; Pertama,strategi promosi di area Bone,
Soppeng dan Wajo yang digunakan oleh PT. Indofood adalah strategi periklanan,
penjualan personal, promosi penjualan serta publisitas dan hubungan masyarakat
deterapkan dengan baik dalam kegiatan promosi produk indomie.Kedua,strategi
promosi yang efektifditerapkan oleh PT. Indofood dalam mempertahankan eksistensi
indomie adalah penggunaaan strategi periklanan melalui pemanfaatan media sosial.
Ketiga, peran promosi dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan
eksistensi indomie di area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa), berjalan efektif
dengan peningkatan penjualan dari tahun 2020-2022. Sehingga eksistensi indomie
mampu dipertahankan.
A. Kesimpulan
1. Strategi promosi di area Bone, Soppeng dan Wajoyang digunakan oleh PT.
Indofood adalah dengan menggunakan indikator strategiperiklanan, penjualan
personal, promosi penjualan serta publisitas dan hubungan
masyarakatdeterapkan dengan baik dalam kegiatan promosi produk indomie.
Strategi tersebut, digunakan dengan mengacu kondisi pasar dan kebijakan
promosi yang ditetapkan oleh PT. Indofood.
2. Strategi promosi yang efektif diterapkan PT. Indofood dalam mempertahankan
eksistensi indomie, adalah penggunakan strategi promosi periklanan. Hal
tersebut, disebabkan dengan kondisi masyarakat yang menggunakan media
sosialdalam jumlah besar, akses yang mudah dijangkau oleh masyarakat, dan
mampu menarik perhatian masyarakat dengan konten iklan menarik yang
disebarkan melalui media sosial.
3. Peran promosi dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan eksistensi
indomie di area Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa), berjalan efektif. Hal
tersebut, ditandai dengan peningkatan penjualan produk indomie dari tahun
2020-2022.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penulis menawarkan beberapa
saran yang kiranya dapat ditindaklanjuti demi mencapai strategi promosiyang baik
dan berkelanjutan yakni:
1. PT. Indofood menjaga konsitensi kualitas produk indomie.
2. Mampu menerapkan strategi yang tepat berdasakan kondisi pasar.
3. Menjaga harga agar tetap terjangkau oleh masyarakat
4. Memastikan strategi promosi yang digunakan tidak merugikan orang lain
Ketersediaan
| 601022021009 | 51/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
51/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Tesis EKIS
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
