Pengaruh Aplikasi Kredit Plus Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Kredit Pada PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Bone

No image available for this title
Suatu perusahaan tidak bisa lepas dari pengaruh teknologi informasi yang dapat
meningkatkan sarana dalam mengatasi kendala-kendala yang berkaitan dengan
efektivitas pekerjaan dalam perusahaan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi
yaitu dengan adanya Kredit Plus Mobile yang memungkinkan perusahaan seefisien
mungkin dalam menyediakan layanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model UTAUT berpengaruh
terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan Kredit Plus Mobile di Kabupaten
Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive
sampling. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner dengan sampel sebanyak 100
responden. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least
Square (PLS) yang kemudian diolah menggunakan software smartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi usaha berpengaruh negatif dan
tidak signifikan terhadap niat perilaku, pengaruh sosial yang berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan Kredit Plus Mobile. Kondisi
memfasilitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan, namun
niat perilaku berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap perilaku pengguna
Kredit Plus Mobile.
A. Kesimpulan
Terdapat kesimpulan yang bisa disimpulkan dari temuan penelitian dengan
mencermati hasil analisis data dan pembahasan, antara lain sebagai berikut:
1. Ekspektasi bisnis mempunyai pengaruh negatif sebesar 15,7% dan tidak
signifikan terhadap niat perilaku nasabah Kredit Plus Mobile di Kabupaten
Bone (nilai uji t sebesar 1,128 atau p-value 0,260 > 0,050) makan hipotesis
ditolak.
2. Dengan nilai uji t sebesar 3,655 atau p-value 0,000 < 0,050 maka dampak sosial
memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 29,9% terhadap niat perilaku
pengguna Kredit Plus Mobile di Kabupaten Bone, yang berarti hipotesis
diterima.
3. Dengan nilai uji t sebesar 3,235 atau p-value 0,001 < 0,050 maka hipotesis
terdukung karena kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif dan
signifikan sebesar 30,5% terhadap perilaku penggunaan pelanggan Kredit Plus
Mobile di Kabupaten Bone.
4. Niat perilaku berpengaruh positif sebesar 17,6% dan tidak signifikan terhadap
perilaku pelanggan Kredit Plus Mobile Kabupaten Bone yang ditunjukkan
dengan nilai uji t sebesar 1,456 atau p-value 0,146 > 0,050 maka Hipotesis
ditolak.
B. Saran
Peneliti membuat rekomendasi berikut sehubungan dengan temuan penelitian ini:
1. Ekspektasi dunia usaha mengenai niat perilaku penggunaan Kredit Plus Mobile
di Kabupaten Bone mempunyai pengaruh yang negatif dan dapat diabaikan,
sehingga Kredit Plus perlu untuk lebih menjaga dan meningkatkan hal ini
karena teknologi informasi yang mudah digunakan akan membuat masyarakat
merasa bahwa sistem tersebut bermanfaat dan alhasil nyaman saat
menggunakannya.
2. Di Kabupaten Bone, pengaruh sosial berpengaruh positif serta signifikan
terhadap niat perilaku penggunaan Kredit Plus Mobile. Oleh karena itu, Kredit
Plus perlu mempertahankan dan meningkatkan hal ini, karena semakin banyak
masyarakat yang memakai teknologi, maka semakin besar pula kecenderungan
mereka dalam penggunaan sistem baru tersebut.
3. Walaupun banyak narasumber yang mengatakan telah mempunyai sumber daya
yang mendukung pemakaian Kredit Plus Mobile dan infrastruktur organisasi
telah lebih ditingkatkan, misalnya koneksi internet yang lebih baik,
memudahkan proses transaksi, memfasilitasi kondisi perilaku penggunaan
pengguna Kredit Plus Mobile di Kabupaten Bone berpengaruh positif dan
signifikan. Menggunakan metode lain untuk mendorong penggunaan sistem
dalam upaya meningkatkan penggunaan Kredit Plus Mobile.
4. Niat perilaku terhadap perilaku penggunaan pengguna Kredit Plus Mobile
Kabupaten Bone mempunyai pengaruh positif serta tidak signifikan maka perlu
lebih ditingkatkan. Sebab, sangat penting untuk menjaga minat atau niat
individu agar sering memakai Kredit Plus Mobile ketika bertransaksi guna
menjamin pelanggan akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian
hari. Jika variabel-variabel yang mempengaruhi termasuk pengaruh sosial dan
ekspektasi komersial dapat dipenuhi, niat seseorang untuk menggunakan tidak
akan berubah.
Ketersediaan
SFEBI20240230230/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

230/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top