Analisis Mekanisme Pasar Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Waetuo)
Muh. Akmal.01.16.3105 - Personal Name
Ekonomi islam adalah sebuah sistem yang menjelaskan segala fenomena
tentang perilaku pilihan dan pengambilan keputusan dalam setiap unit kegiatan atau
aktifitas ekonomi dengan mendasarkan pada tata aturan moral dan etika syariah.
Tujuan akhir ekonomi islam adalah sebagaimana tujuan dari syariah islam itu sendiri
(maqashid al-syari’ah), yaitu mencapai kebahagian didunia dan akhirat (falah) melalui
tata kehidupan yang baik dan terhormat.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
penelitian kualitatif. Mekanisme pasar memiliki peran penting dalam membentuk
perilaku konsumen di pasar. Analisis tentang bagaimana mekanisme pasar
mempengaruhi perilaku konsumen dapat memberikan wawasan yang berharga bagi
para pedagang dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Berdasarkan
hasil penelitian pada pasar waetuo, bahwa mekanisme pasar terhadap perilaku
konsumen dipasar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya: agama, etika dan
budaya, kepatuhann terhadap prinsip halal dan haram, harga dan permintaan,
Persaingan dan diferensiasi produk, promosi dan iklan, kepercayaan dan reputasi
merek, preferensi dan nilai konsumen, pengaruh media sosial dan ulasan konsumen,
dan inovasi dari sebuah produk.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian tentang Analisis Mekanisme Pasar Terhadap
Perilaku Konsumen Muslim Dalam Perspektif Ekonomi Islam, maka dapat
diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian pada pasar waetuo, bahwa mekanisme pasar
terhadap perilaku konsumen dipasar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal
diantaranya: agama, etika dan budaya, kepatuhann terhadap prinsip halal dan
haram, harga dan permintaan, Persaingan dan diferensiasi produk, promosi dan
iklan, kepercayaan dan reputasi merek, preferensi dan nilai konsumen,
pengaruh media sosial dan ulasan konsumen, dan inovasi dari sebuah produk.
Selanjutnya analisis mekanisme pasar terhadap perilaku konsumen harus
berfokus pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan, preferensi, dan
pembelian konsumen. Data dan penelitian yang tepat dapat menjadi sumber
informasi yang berharga bagi para pedagang untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang berhasil dan efektif dalam mencapai tujuan mereka.
2. Tinjauan ekonomi islam tentang analisis mekanisme pasar terhadap perilaku
konsumen muslim di pasar waetuo belum sesuai, karena perilaku konsumen
dipasar waetuo masih ada yangkurangmengetahui bagaimana sebenarnya pola
konsumsi yang sesuai dengan ketentuan ekonomi islam.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran sebagai berikut:
1. Pemahaman masyarakat tentang perilaku konsumen muslim masih kurang, jadi
dalam berbelanja terkadang masyarakat tidak membatasi barang yang mereka
ingin beli. Mereka berbelanja sebanyak yang mereka inginkan. Padahal dalam
ekonomi islam sudah dijelaskan tentang larangan berbelanja yang tidak sesuai
dengan kebutuhan (foya-foya).
2. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dilanjutkan dengan
mengembangkan penelitian lainnnya yakni penelitian mengenai analisis
efisiensi.
C. Implikasi
Implikasi dari hasil penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah
dan praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan kontribusinya pemerintah
terhadap edukasi kepada masyarakat tentang perilaku konnsumen yang sesuai
dengan anjuran islam.
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan kepada masyarak baik itu
pedagang maupun konsumen untuk lebih meningkatkan pengetahuan mengenai
perilaku konsumen yang dianjurkan dalam ekonomi islam, serta dapat mengetahui
Batasan Batasan mengenai perilaku konsumsi.
tentang perilaku pilihan dan pengambilan keputusan dalam setiap unit kegiatan atau
aktifitas ekonomi dengan mendasarkan pada tata aturan moral dan etika syariah.
Tujuan akhir ekonomi islam adalah sebagaimana tujuan dari syariah islam itu sendiri
(maqashid al-syari’ah), yaitu mencapai kebahagian didunia dan akhirat (falah) melalui
tata kehidupan yang baik dan terhormat.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
penelitian kualitatif. Mekanisme pasar memiliki peran penting dalam membentuk
perilaku konsumen di pasar. Analisis tentang bagaimana mekanisme pasar
mempengaruhi perilaku konsumen dapat memberikan wawasan yang berharga bagi
para pedagang dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Berdasarkan
hasil penelitian pada pasar waetuo, bahwa mekanisme pasar terhadap perilaku
konsumen dipasar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya: agama, etika dan
budaya, kepatuhann terhadap prinsip halal dan haram, harga dan permintaan,
Persaingan dan diferensiasi produk, promosi dan iklan, kepercayaan dan reputasi
merek, preferensi dan nilai konsumen, pengaruh media sosial dan ulasan konsumen,
dan inovasi dari sebuah produk.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian tentang Analisis Mekanisme Pasar Terhadap
Perilaku Konsumen Muslim Dalam Perspektif Ekonomi Islam, maka dapat
diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian pada pasar waetuo, bahwa mekanisme pasar
terhadap perilaku konsumen dipasar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal
diantaranya: agama, etika dan budaya, kepatuhann terhadap prinsip halal dan
haram, harga dan permintaan, Persaingan dan diferensiasi produk, promosi dan
iklan, kepercayaan dan reputasi merek, preferensi dan nilai konsumen,
pengaruh media sosial dan ulasan konsumen, dan inovasi dari sebuah produk.
Selanjutnya analisis mekanisme pasar terhadap perilaku konsumen harus
berfokus pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan, preferensi, dan
pembelian konsumen. Data dan penelitian yang tepat dapat menjadi sumber
informasi yang berharga bagi para pedagang untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang berhasil dan efektif dalam mencapai tujuan mereka.
2. Tinjauan ekonomi islam tentang analisis mekanisme pasar terhadap perilaku
konsumen muslim di pasar waetuo belum sesuai, karena perilaku konsumen
dipasar waetuo masih ada yangkurangmengetahui bagaimana sebenarnya pola
konsumsi yang sesuai dengan ketentuan ekonomi islam.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran sebagai berikut:
1. Pemahaman masyarakat tentang perilaku konsumen muslim masih kurang, jadi
dalam berbelanja terkadang masyarakat tidak membatasi barang yang mereka
ingin beli. Mereka berbelanja sebanyak yang mereka inginkan. Padahal dalam
ekonomi islam sudah dijelaskan tentang larangan berbelanja yang tidak sesuai
dengan kebutuhan (foya-foya).
2. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dilanjutkan dengan
mengembangkan penelitian lainnnya yakni penelitian mengenai analisis
efisiensi.
C. Implikasi
Implikasi dari hasil penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah
dan praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan kontribusinya pemerintah
terhadap edukasi kepada masyarakat tentang perilaku konnsumen yang sesuai
dengan anjuran islam.
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan kepada masyarak baik itu
pedagang maupun konsumen untuk lebih meningkatkan pengetahuan mengenai
perilaku konsumen yang dianjurkan dalam ekonomi islam, serta dapat mengetahui
Batasan Batasan mengenai perilaku konsumsi.
Ketersediaan
| SFEBI2023279 | 279/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
279/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEB
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
