Analisis Visual Produk Pada Promosi Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Umkm Salad Buah By Lina)
Feby Sulistiawati/602022020043 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui visualisasi produk pada promosi ditinjau
dari etika bisnis islam pada pelaku UMKM Salad buah By Lina. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan seperti
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis
menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data kemudian
mengolah dan menginterpretasikan data yang diperoleh sehingga memberikan
keterangan yang benar dan lengkap untuk pemecahan masalah yang dihadapi. Hasil
Penelitian bahwa penerapan etika bisnis Islam secara konsisten berdampak positif
pada peningkatan loyalitas konsumen dan memperkuat citra usaha di mata publik.
Strategi pemasaran yang etis dan jujur melalui media sosial juga terbukti mampu
meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk. Selain itu, penerapan prinsip
Halal dan Thayyib tidak hanya menarik konsumen Muslim, tetapi juga menjadi
keunggulan kompetitif di pasar yang lebih luas.
A. Kesimpulan
1. Visualisasi produk UMKM Salad Buah By Lina menonjol pada desain logo
yang dibuat dari foto produk dan dituangkan langsung dalam logo.
Penambahan stiker stiker yang dekoratif sehingga memberikan kesan menarik
pada visualisasi. Kemasan yang aman serta mudah dibuka terbuat dari plastik
yang transparan sehingga konsumen dapat melihat isi dari produk. Warna
yang digunakan dalam logo sesuai dengan warna buah yang bervariatif
sehigga memberikan kesan ceria. Pemilihan font yang tebal sehingga tipografi
dalam visualisasi dapat dibaca oleh konsumen dengan jelas. Pesan promosi
yang sesuai dengan klaim yaitu “full buah”
2. Visualisasi produk UMKM Salad Buah By Lina telah menerapkan etika bisnis
islam dalam setiap aspek operasionalnya, termasuk dalam visualisasi produk,
pemasaran, dan interaksi dengan konsumen. UMKM ini menonjolkan aspek
kejujuran dengan menampilkan produk asli dan tidak menyalin produk atau
visual dari pihak lain. Mengambil gambar produk sendiri dan
mempromosikannya sehingga tidak merugikan pihak lain. UMKM ini
menerapkan prinsip keadilan dengan menyediakan produk yang sesuai dengan
apa yang dipromosikan dan memiliki biaya promosi yamg sesuai dengan
harga produk. Prinsip saling menguntung dilihat dari pesan pesan promosi
yang tersampaikan dnegan baik ke konsumen sehingga konsumen membeli
produk dan menguntungkan kedua belah pihak UMKM ini juga telah
memiliki sertifikat halal dari MUI.
B. Saran
1. Diharapkan UMKM ini sebaiknya mencantumkan komposisi bahan pada
kemasan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang memiliki preferensi
atau alergi tertentu.
2. Diharapkan media promosi selain Instagram dan WhatsApp, UMKM dapat
memanfaatkan lebih banyak platform media sosial dan strategi pemasaran
digital seperti SEO dan influencer marketing.
C. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat memberikan implikasi
sebagai berikut:
1. Kepada calon peneliti yang tertarik untuk melakukan studi mengenai
visualisasi produk sesuai etika bisnis islam, dapat meneliti lebih rinci tentang
visualisasi produk
2. Menjaga kejujuran dan keadilan dalam menjalankan usaha, UMKM dapat
menciptakan model bisnis yang lebih berkelanjutan. Penerapan etika bisnis
Islam berpotensi memperpanjang umur bisnis karena hubungan yang
harmonis dengan konsumen, pemasok, dan pemangku kepentingan lainnya
terjalin atas dasar kepercayaan dan transparansi.
dari etika bisnis islam pada pelaku UMKM Salad buah By Lina. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan seperti
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis
menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data kemudian
mengolah dan menginterpretasikan data yang diperoleh sehingga memberikan
keterangan yang benar dan lengkap untuk pemecahan masalah yang dihadapi. Hasil
Penelitian bahwa penerapan etika bisnis Islam secara konsisten berdampak positif
pada peningkatan loyalitas konsumen dan memperkuat citra usaha di mata publik.
Strategi pemasaran yang etis dan jujur melalui media sosial juga terbukti mampu
meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk. Selain itu, penerapan prinsip
Halal dan Thayyib tidak hanya menarik konsumen Muslim, tetapi juga menjadi
keunggulan kompetitif di pasar yang lebih luas.
A. Kesimpulan
1. Visualisasi produk UMKM Salad Buah By Lina menonjol pada desain logo
yang dibuat dari foto produk dan dituangkan langsung dalam logo.
Penambahan stiker stiker yang dekoratif sehingga memberikan kesan menarik
pada visualisasi. Kemasan yang aman serta mudah dibuka terbuat dari plastik
yang transparan sehingga konsumen dapat melihat isi dari produk. Warna
yang digunakan dalam logo sesuai dengan warna buah yang bervariatif
sehigga memberikan kesan ceria. Pemilihan font yang tebal sehingga tipografi
dalam visualisasi dapat dibaca oleh konsumen dengan jelas. Pesan promosi
yang sesuai dengan klaim yaitu “full buah”
2. Visualisasi produk UMKM Salad Buah By Lina telah menerapkan etika bisnis
islam dalam setiap aspek operasionalnya, termasuk dalam visualisasi produk,
pemasaran, dan interaksi dengan konsumen. UMKM ini menonjolkan aspek
kejujuran dengan menampilkan produk asli dan tidak menyalin produk atau
visual dari pihak lain. Mengambil gambar produk sendiri dan
mempromosikannya sehingga tidak merugikan pihak lain. UMKM ini
menerapkan prinsip keadilan dengan menyediakan produk yang sesuai dengan
apa yang dipromosikan dan memiliki biaya promosi yamg sesuai dengan
harga produk. Prinsip saling menguntung dilihat dari pesan pesan promosi
yang tersampaikan dnegan baik ke konsumen sehingga konsumen membeli
produk dan menguntungkan kedua belah pihak UMKM ini juga telah
memiliki sertifikat halal dari MUI.
B. Saran
1. Diharapkan UMKM ini sebaiknya mencantumkan komposisi bahan pada
kemasan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang memiliki preferensi
atau alergi tertentu.
2. Diharapkan media promosi selain Instagram dan WhatsApp, UMKM dapat
memanfaatkan lebih banyak platform media sosial dan strategi pemasaran
digital seperti SEO dan influencer marketing.
C. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat memberikan implikasi
sebagai berikut:
1. Kepada calon peneliti yang tertarik untuk melakukan studi mengenai
visualisasi produk sesuai etika bisnis islam, dapat meneliti lebih rinci tentang
visualisasi produk
2. Menjaga kejujuran dan keadilan dalam menjalankan usaha, UMKM dapat
menciptakan model bisnis yang lebih berkelanjutan. Penerapan etika bisnis
Islam berpotensi memperpanjang umur bisnis karena hubungan yang
harmonis dengan konsumen, pemasok, dan pemangku kepentingan lainnya
terjalin atas dasar kepercayaan dan transparansi.
Ketersediaan
| SFEBI2024225 | 225/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
225/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
