Analisis Permintaan Masyarakat Kab. Bone Terhadap Jasa Pengiriman Paket Pos Pada PT. Pos Indonesia (Persero) (Studi Kasus Kantor Pos Watampone)
Asriana Ningsi/01.16.3041 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai analisis permintaan masyarakat Kab. Bone
terhadap jasa pengiriman paket Pos Pada PT. Pos Indonesia (Persero) (Studi
Kasus Kantor Pos Watampone). Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui
tingkat permintaan masyarakat Kab. Bone terhadap jasa pengiriman paket Pos dan
hal-hal apa saja yang menjadi faktor penentu permintaan masyarakat Kab. Bone
terhadap jasa pengiriman paket Pos di Kantor Pos Watampone. Adapun jenis
penelitian yang digunakan adalah Field research yaitu suatu jenis penelitian yang
digunakan untuk memperoleh data di lapangan penyajian penelitian ini menggunakan
penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) Tingkat permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa pengiriman paket
Pos di Kantor Pos Cabang Watampone cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh para pegawai serta tarif
pengiriman barang atau surat standar saja, sesuai dengan jasa pengiriman pada
umumnya. Tarif untuk setiap jasa pelayanan berbeda-beda tergantung pada jenis
layanan, 2) Faktor penentu permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa
pengiriman paket Pos di Kantor Pos Watampone yakni kecepatan dalam merespon
permintaan nasabah, tidak menunda-nunda pelayanan yang dibutuhkan nasabah,
selalu menyeselesaikan pekerjaan lebih cepat dari waktu yang dijanjikan kepada
nasabah, menyelesaikan pelayanan kepada nasabah dengan benar, memastikan
pelanggan tidak menunggu terlalu lama serta memberikan pelayanan secara cepat dan
efesien.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Tingkat permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa pengiriman
paket Pos di Kantor Pos Cabang Watampone cukup baik. Hal ini dapat
dilihat dari kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh para
pegawai serta tarif pengiriman barang atau surat standar, sesuai dengan jasa
pengiriman pada umumnya. Tarif untuk setiap jasa pelayanan berbeda-beda
tergantung pada jenis layanan, namun secara umum harga untuk jasa
pengiriman paket man paket yang sejenis.
2. Faktor penentu permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa
pengiriman paket Pos di Kantor Pos Watampone yakni kecepatan dalam
merespon permintaan nasabah, tidak menunda-nunda pelayanan yang
dibutuhkan nasabah, selalu menyeselesaikan pekerjaan lebih cepat dari waktu
yang dijanjikan kepada nasabah, menyelesaikan pelayanan kepada nasabah
dengan benar, memastikan pelanggan tidak menunggu terlalu lama serta
memberikan pelayanan secara cepat dan efesien.
B. Implikasi
1. Pihak Kantor Pos Cabang Watampone harus dapat memberikan pelayanan
yang lebih maksimal kepada pelanggan, yakni dengan cara meningkatkan
kedisiplinan ketika melaksanakan tugasnya, dan lebih ditingkatkan lagi
63
64
kinerja demi tercapainya pelayanan yang lebih memuaskan bagi pelanggan,
agar dapat memupuk rasa tanggungjawab pegawai sebagai pemberi layanan.
2. Sebaiknya pergunakan perangkat komputer lebih baik lagi agar masalah
aplikasi komputer tidak terjadi pada saat transaksi dilakukan.
terhadap jasa pengiriman paket Pos Pada PT. Pos Indonesia (Persero) (Studi
Kasus Kantor Pos Watampone). Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui
tingkat permintaan masyarakat Kab. Bone terhadap jasa pengiriman paket Pos dan
hal-hal apa saja yang menjadi faktor penentu permintaan masyarakat Kab. Bone
terhadap jasa pengiriman paket Pos di Kantor Pos Watampone. Adapun jenis
penelitian yang digunakan adalah Field research yaitu suatu jenis penelitian yang
digunakan untuk memperoleh data di lapangan penyajian penelitian ini menggunakan
penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) Tingkat permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa pengiriman paket
Pos di Kantor Pos Cabang Watampone cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh para pegawai serta tarif
pengiriman barang atau surat standar saja, sesuai dengan jasa pengiriman pada
umumnya. Tarif untuk setiap jasa pelayanan berbeda-beda tergantung pada jenis
layanan, 2) Faktor penentu permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa
pengiriman paket Pos di Kantor Pos Watampone yakni kecepatan dalam merespon
permintaan nasabah, tidak menunda-nunda pelayanan yang dibutuhkan nasabah,
selalu menyeselesaikan pekerjaan lebih cepat dari waktu yang dijanjikan kepada
nasabah, menyelesaikan pelayanan kepada nasabah dengan benar, memastikan
pelanggan tidak menunggu terlalu lama serta memberikan pelayanan secara cepat dan
efesien.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Tingkat permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa pengiriman
paket Pos di Kantor Pos Cabang Watampone cukup baik. Hal ini dapat
dilihat dari kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh para
pegawai serta tarif pengiriman barang atau surat standar, sesuai dengan jasa
pengiriman pada umumnya. Tarif untuk setiap jasa pelayanan berbeda-beda
tergantung pada jenis layanan, namun secara umum harga untuk jasa
pengiriman paket man paket yang sejenis.
2. Faktor penentu permintaan masyarakat Kabupaten Bone terhadap jasa
pengiriman paket Pos di Kantor Pos Watampone yakni kecepatan dalam
merespon permintaan nasabah, tidak menunda-nunda pelayanan yang
dibutuhkan nasabah, selalu menyeselesaikan pekerjaan lebih cepat dari waktu
yang dijanjikan kepada nasabah, menyelesaikan pelayanan kepada nasabah
dengan benar, memastikan pelanggan tidak menunggu terlalu lama serta
memberikan pelayanan secara cepat dan efesien.
B. Implikasi
1. Pihak Kantor Pos Cabang Watampone harus dapat memberikan pelayanan
yang lebih maksimal kepada pelanggan, yakni dengan cara meningkatkan
kedisiplinan ketika melaksanakan tugasnya, dan lebih ditingkatkan lagi
63
64
kinerja demi tercapainya pelayanan yang lebih memuaskan bagi pelanggan,
agar dapat memupuk rasa tanggungjawab pegawai sebagai pemberi layanan.
2. Sebaiknya pergunakan perangkat komputer lebih baik lagi agar masalah
aplikasi komputer tidak terjadi pada saat transaksi dilakukan.
Ketersediaan
| SFEBI20210274 | 274/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
274/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
