Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menggunakan Layanan Bank Digital (Studi Masyarakat Kabupaten Bone)
Dina Hadry Anthi/612062020011 - Personal Name
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era digital saat ini telah
mempengaruhi pola perilaku manusia dalam mengakses beragam informasi dan
berbagai fitur layanan terutama pada perbankan digital. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat
kabupaten bone menggunakan layanan bank digital dengan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM) Penelitian ini menganalisis 50 responden dengan metode
kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner melalui google
form selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil pada
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi variabel
persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat masyarakat untuk
menggunakan layanan bank digital.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka di peroleh
kesimpulan yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian
hipotesis yang telah di bahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menggunakan layanan bank digital. Artinya, semakin tinggi tingkat
persepsi kemudahan maka minat masyarakat menggunakan bank digital
uga semakin tinggi.
2. Persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menggunkan layanan bank digital. Artinya, semakin tinggi tingkat persepsi
manfaat maka minat masyarakat menggunakan bank digital juga akan
semakin tinggi.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi Industri Perbankan
Penelitian ini dapat di jadikan salah satu tambahan informasi atau
masukan yang dapat di pertimbangkan pihak perbankan serta penelitian ini
di harapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk pembuatan
keputusan untuk lebih memaksimalkan lagi sistem aplikasi bank digital
yang akan disediakan untuk nasabah. Agar nasabah akan merasa puas akan
pelayanan dari aplikasi bank digital tersebut.
2. Bagi Peneliti Lain
Untuk peneliti selanjutnya diharapkan hasil dari penelitian ini dapat
menjadi referensi dan masukan pada penelitian selanjutnya yang memiliki
topik yang sama. Dan diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat
ditambahkan variabel lain atau hendak memeperluas penelitiannya
sehingga informasi yang diperoleh akan lebih lengkap tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi penggunakan aplikasi Bank digital demikian dapat
membuat tinggat penggunaan dari Bank digital di Indonesia bahkan
diseluruh dunia meningkat.
mempengaruhi pola perilaku manusia dalam mengakses beragam informasi dan
berbagai fitur layanan terutama pada perbankan digital. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat
kabupaten bone menggunakan layanan bank digital dengan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM) Penelitian ini menganalisis 50 responden dengan metode
kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner melalui google
form selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil pada
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi variabel
persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat masyarakat untuk
menggunakan layanan bank digital.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka di peroleh
kesimpulan yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian
hipotesis yang telah di bahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menggunakan layanan bank digital. Artinya, semakin tinggi tingkat
persepsi kemudahan maka minat masyarakat menggunakan bank digital
uga semakin tinggi.
2. Persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menggunkan layanan bank digital. Artinya, semakin tinggi tingkat persepsi
manfaat maka minat masyarakat menggunakan bank digital juga akan
semakin tinggi.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi Industri Perbankan
Penelitian ini dapat di jadikan salah satu tambahan informasi atau
masukan yang dapat di pertimbangkan pihak perbankan serta penelitian ini
di harapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk pembuatan
keputusan untuk lebih memaksimalkan lagi sistem aplikasi bank digital
yang akan disediakan untuk nasabah. Agar nasabah akan merasa puas akan
pelayanan dari aplikasi bank digital tersebut.
2. Bagi Peneliti Lain
Untuk peneliti selanjutnya diharapkan hasil dari penelitian ini dapat
menjadi referensi dan masukan pada penelitian selanjutnya yang memiliki
topik yang sama. Dan diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat
ditambahkan variabel lain atau hendak memeperluas penelitiannya
sehingga informasi yang diperoleh akan lebih lengkap tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi penggunakan aplikasi Bank digital demikian dapat
membuat tinggat penggunaan dari Bank digital di Indonesia bahkan
diseluruh dunia meningkat.
Ketersediaan
| SFEBI20240221 | 221/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
221/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
