Pemanfaatan Media Sosial Instagram Utton.Idn_Official dalam Menarik Minat Konsumen
Irfandi/ 03.18.2101 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penggunaan media sosial Instagram sebagai
strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Utton dengan akun
@utton.Idn_official dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital dalam menarik minat konsumen
dan menganalisis komposisi konten Instagram @utton.Idn_official dalam menarik
minat konsumen.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
komunikasi dan lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Adapun sumber data dalam
penelitian ini adalah owner Utton dan pengelola media sosial Instagram
@utton.Idn_official yang ditentukan secara metode purposif. Data yang diperoleh
selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis data kualitatif yang terdiri dari
tiga tahap yaitu, reduksi data, paparan atau penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran
digital yang dilakukan oleh Utton melalui @utton.Idn_official dalam menarik minat
konsumen yaitu dimulai dari pemilihan media, pengunaan fitur Instagram dan
penentuan segmentasi, targeting dan positioning pasar Utton. Komposisi konten
Instagram @utton.Idn_official dalam menarik minat konsumen dimulai dengan
merancang komposisi konten dilengkapi dengan judul dan caption pada konten
Instagram yang diunggah dengan menggunakan hastag dan mention.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian mengenai pemanfaatan media sosial
Instagram Utton dalam menarik minat konsumen dengan menggunakan teori
digital marketing dengan pendekatan komunikasi, sosiologis, maka peneliti dapat
menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi komunikasi pemasaran digital melaui media sosial Instagram
@utton.idn_official dalam menarik minat yaitu, dimulai dari pemilihan
media yang sebelumnya digunakan @utton.idn_official dalam pemasaran
yaitu word of mouth (WOM) selanjutnya beralih ke pemasaran digital
melalui media sosial Instagram. Penggunaan fitur Instagram dalam kegiatan
pemasaran yaitu dengan menggunakan fitur insight, fitur unggah foto, fitur
hastag, dan fitur arroba. Penentuan segmentasi pasar @utton.idn_official
berdasarkan kondisi geografis, dan demographic. Target pasar
@utton.idn_official yaitu, anak muda dan orang tua yang berada di Kota
maupun Kecamatan. Posisi yang ingin dicapai Utton dalam pemasaran digital
di akun Instagram yaitu, pada kelas menengah sampai kelas atas.
2. Komposisi konten @utton.idn_official, dalam menarik minat konsumen
dimulai dengan merancang konten, memahami tujuan konten, jenis konten,
menentukan look dan mengelompokkan konten berdasarkan manfaat dan
tujuanya seperti konten edukatif dan informatif. Komposisi konten
dilengkapi dengan judul dan caption pada konten Instagram yang diunggah
dengan menggunakan hastag dan mention.
B. IMPLIKASI
Dari penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti memberikan beberapa
saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan
1. Bagi pengguna Instagram, terutama followers diharapkan dapat lebih mengenal
produk Utton dalam konten yang di unggah akun @utton.idn_official sebagai
penyampain pesan yang bersifat marketing digital
2. Penelitian ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu diharapkan masukan
dan kritikan yang membangun untuk peningkatan penelitian selanjutnya.
strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Utton dengan akun
@utton.Idn_official dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital dalam menarik minat konsumen
dan menganalisis komposisi konten Instagram @utton.Idn_official dalam menarik
minat konsumen.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
komunikasi dan lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Adapun sumber data dalam
penelitian ini adalah owner Utton dan pengelola media sosial Instagram
@utton.Idn_official yang ditentukan secara metode purposif. Data yang diperoleh
selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis data kualitatif yang terdiri dari
tiga tahap yaitu, reduksi data, paparan atau penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran
digital yang dilakukan oleh Utton melalui @utton.Idn_official dalam menarik minat
konsumen yaitu dimulai dari pemilihan media, pengunaan fitur Instagram dan
penentuan segmentasi, targeting dan positioning pasar Utton. Komposisi konten
Instagram @utton.Idn_official dalam menarik minat konsumen dimulai dengan
merancang komposisi konten dilengkapi dengan judul dan caption pada konten
Instagram yang diunggah dengan menggunakan hastag dan mention.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian mengenai pemanfaatan media sosial
Instagram Utton dalam menarik minat konsumen dengan menggunakan teori
digital marketing dengan pendekatan komunikasi, sosiologis, maka peneliti dapat
menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi komunikasi pemasaran digital melaui media sosial Instagram
@utton.idn_official dalam menarik minat yaitu, dimulai dari pemilihan
media yang sebelumnya digunakan @utton.idn_official dalam pemasaran
yaitu word of mouth (WOM) selanjutnya beralih ke pemasaran digital
melalui media sosial Instagram. Penggunaan fitur Instagram dalam kegiatan
pemasaran yaitu dengan menggunakan fitur insight, fitur unggah foto, fitur
hastag, dan fitur arroba. Penentuan segmentasi pasar @utton.idn_official
berdasarkan kondisi geografis, dan demographic. Target pasar
@utton.idn_official yaitu, anak muda dan orang tua yang berada di Kota
maupun Kecamatan. Posisi yang ingin dicapai Utton dalam pemasaran digital
di akun Instagram yaitu, pada kelas menengah sampai kelas atas.
2. Komposisi konten @utton.idn_official, dalam menarik minat konsumen
dimulai dengan merancang konten, memahami tujuan konten, jenis konten,
menentukan look dan mengelompokkan konten berdasarkan manfaat dan
tujuanya seperti konten edukatif dan informatif. Komposisi konten
dilengkapi dengan judul dan caption pada konten Instagram yang diunggah
dengan menggunakan hastag dan mention.
B. IMPLIKASI
Dari penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti memberikan beberapa
saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan
1. Bagi pengguna Instagram, terutama followers diharapkan dapat lebih mengenal
produk Utton dalam konten yang di unggah akun @utton.idn_official sebagai
penyampain pesan yang bersifat marketing digital
2. Penelitian ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu diharapkan masukan
dan kritikan yang membangun untuk peningkatan penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| SFUD20240051 | 51/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
51/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
