Digitalisasi Dakwah Di Media Sosial Berbasis Desain Komunikasi Visual Pada Poster Dakwah @Panrita_id (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)
Wahyu/03.18.2012 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.
Dakwah melalui desain visual sebagai salah satu metode berdakwah yang efektif
dilakukan di media sosial seperti Instagram. Karena Instagram memiliki fitur yang
mengedepankan visual, seperti foto, gambar, video, atau ilustrasi.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Pendekatan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan dokumentasi, Analisis data adalah
proses pengorganisasian dan pengurutan data ke dalam pola.
Interpretasi pada poster mengingatkan kita untuk senantiasa meluangkan waktu
kita sejenak untuk membaca al-Qur’an di dalam kesibukan kita sehari-hari dan
sesungguhnya kita tidak boleh terlalu mementingkan dunia dan melupakan akhirat,
orang yang mampu menahan hawa nafsu dan mampu mngintropeksi dirinya sebagai
bekal kematian adalah orang yang cerdas, sedangkan orang yang selalu mengikuti
hawa nafsunya adalah orang yang bodoh, kita sebagai umat muslim tidak lepas dari al-
Quran sebagai pedoman hidup, jika kita mampu menyeimbangkan keduanya maka kita
harus bersyukur karena kebanyakan dari kehidupan sekitar lebih mementingkan dunia
dan menganggap kehidupan akhirat tidaklah penting, padahal ketika kita sebagai umat
muslim memiliki kewajiban yang harus kita penuhi.Dakwah erat kaitannya dengan
berkomunikasi, agar penyampaian dakwah sesuai dengan unsur komunikasi yang baik.
Ilmu komunikasi sangatlah pesat perkembangannya.
Salah satu pengguna Instagram sebagai media komunikasi dakwah visual ialah
Instagram akun @Panrita_Id. Dalam penelitian ini, poster yang akan dipilih adalah
poster yang berisikan komunikasi dakwah visual. Poster yang sudah dipastikan di
dalamnya terdapat unsur-unsur komunikasi visual dan terkandung pesan dakwah di
dalamnya.
Memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai interpretasi Dakwah
dengan menampilkan penjabaran ataupun pemaknaan dari interpretasi poster dakwah
tersebut. Pesan mengenai yang disampaikan dalam poster dakwah tersebut
memberikan pembelajaran agar tetap mengingat kepada sang pencipta
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dilakukan peneliti mengenai intepretasi
digitalisasi dakwah di media sosial berbasis komunikasi visual pada poster dakwah
@panrita_id dengan menggunakan teori analisis semiotika Charels Sanders Pierce,
maka ditarik kesimpulan.
Interpretasi pada poster memberikan konsep pemikiran dengan pemaknaan
benak dengan menggunakan objek yang berupa tanda yakni tanda memungkinkan
penafsiran dalam pemaknaan yang berbeda. Interpretasi pada poster ialah menerangkan
dan mengingatkan kita untuk senantiasa meluangkan waktu kita sejenak untuk
membaca Al-Qur’an di dalam kesibukan kita sehari-hari. yang diilustrasikan dengan
seorang laki-laki yang yang mengatakan “Mereka mengaku dicintai oleh jelita padahal
si jelita tidak diakui oleh mereka”. Seperti yang kita ketahui bahwa al-Qur’an adalah
pedoman hidup umat islam yang membacanya dan mengamalkanya akan mendapatkan
pahala dan menjauhkan kita dari perbuatan yang tidak baik
Interpretasi poster selanjutnya ialah memberikan pemaknaan agar tidak
berlebihan dalam memuji diri sendiri karena akan timbul rasa sombong dan angkuh
kepada sesama, sehingga kita lupa yang sebenarnya patut di puji adalah yang
menciptakan manusia itu sendiri yaitu Allah swt.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil yang telah diperoleh data terdapat beberapa hal yang dapat
menjadi saran bagi pihak-pihak yang membaca.
1. Memperhatikan interpretasi poster dakwah agar dapat memahami makna
positif dari poster dakwah tersebut.
2. Memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai interpretasi Dakwah
dengan menampilkan penjabaran ataupun pemaknaan dari interpretasi
poster dakwah tersebut.
Dakwah melalui desain visual sebagai salah satu metode berdakwah yang efektif
dilakukan di media sosial seperti Instagram. Karena Instagram memiliki fitur yang
mengedepankan visual, seperti foto, gambar, video, atau ilustrasi.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Pendekatan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan dokumentasi, Analisis data adalah
proses pengorganisasian dan pengurutan data ke dalam pola.
Interpretasi pada poster mengingatkan kita untuk senantiasa meluangkan waktu
kita sejenak untuk membaca al-Qur’an di dalam kesibukan kita sehari-hari dan
sesungguhnya kita tidak boleh terlalu mementingkan dunia dan melupakan akhirat,
orang yang mampu menahan hawa nafsu dan mampu mngintropeksi dirinya sebagai
bekal kematian adalah orang yang cerdas, sedangkan orang yang selalu mengikuti
hawa nafsunya adalah orang yang bodoh, kita sebagai umat muslim tidak lepas dari al-
Quran sebagai pedoman hidup, jika kita mampu menyeimbangkan keduanya maka kita
harus bersyukur karena kebanyakan dari kehidupan sekitar lebih mementingkan dunia
dan menganggap kehidupan akhirat tidaklah penting, padahal ketika kita sebagai umat
muslim memiliki kewajiban yang harus kita penuhi.Dakwah erat kaitannya dengan
berkomunikasi, agar penyampaian dakwah sesuai dengan unsur komunikasi yang baik.
Ilmu komunikasi sangatlah pesat perkembangannya.
Salah satu pengguna Instagram sebagai media komunikasi dakwah visual ialah
Instagram akun @Panrita_Id. Dalam penelitian ini, poster yang akan dipilih adalah
poster yang berisikan komunikasi dakwah visual. Poster yang sudah dipastikan di
dalamnya terdapat unsur-unsur komunikasi visual dan terkandung pesan dakwah di
dalamnya.
Memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai interpretasi Dakwah
dengan menampilkan penjabaran ataupun pemaknaan dari interpretasi poster dakwah
tersebut. Pesan mengenai yang disampaikan dalam poster dakwah tersebut
memberikan pembelajaran agar tetap mengingat kepada sang pencipta
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dilakukan peneliti mengenai intepretasi
digitalisasi dakwah di media sosial berbasis komunikasi visual pada poster dakwah
@panrita_id dengan menggunakan teori analisis semiotika Charels Sanders Pierce,
maka ditarik kesimpulan.
Interpretasi pada poster memberikan konsep pemikiran dengan pemaknaan
benak dengan menggunakan objek yang berupa tanda yakni tanda memungkinkan
penafsiran dalam pemaknaan yang berbeda. Interpretasi pada poster ialah menerangkan
dan mengingatkan kita untuk senantiasa meluangkan waktu kita sejenak untuk
membaca Al-Qur’an di dalam kesibukan kita sehari-hari. yang diilustrasikan dengan
seorang laki-laki yang yang mengatakan “Mereka mengaku dicintai oleh jelita padahal
si jelita tidak diakui oleh mereka”. Seperti yang kita ketahui bahwa al-Qur’an adalah
pedoman hidup umat islam yang membacanya dan mengamalkanya akan mendapatkan
pahala dan menjauhkan kita dari perbuatan yang tidak baik
Interpretasi poster selanjutnya ialah memberikan pemaknaan agar tidak
berlebihan dalam memuji diri sendiri karena akan timbul rasa sombong dan angkuh
kepada sesama, sehingga kita lupa yang sebenarnya patut di puji adalah yang
menciptakan manusia itu sendiri yaitu Allah swt.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil yang telah diperoleh data terdapat beberapa hal yang dapat
menjadi saran bagi pihak-pihak yang membaca.
1. Memperhatikan interpretasi poster dakwah agar dapat memahami makna
positif dari poster dakwah tersebut.
2. Memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai interpretasi Dakwah
dengan menampilkan penjabaran ataupun pemaknaan dari interpretasi
poster dakwah tersebut.
Ketersediaan
| SFUD20230038 | 38/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
38/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
