STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN AR-RUMrnDALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PT. PEGADAIAN CPS BONE)
FITRIANI/01.12.3200 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Strategi Pemasaran Produk pembiayaan Ar-Rum (Ar-rahn Untuk Usaha Mikro) dalam meningkatkan volume penjualan (studi Pada PT. Pegadaian UPS Bone).Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh Unit Pelayanan Syariah Bone dalam melakukan pemasaran produk gadai syariah yangdimilikinya. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan dari strategi pemasaran produk gadai syariah yang diterapkan mampu mempengaruhi perkembangan jumlah nasabah pada PegadaianSyariah.rnBerdasarkan tujuan penelitian di atas, maka pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka adalah teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul lalu diolah kemudian dianalisis dan metode yang digunakan untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis deskriptif Sedangkan metode berfikir yang digunakan adalah metode berfikir induktif,rnHasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh PT.Pegadaian UPS Bone yang meliputi literasi, cross selling, sebar brosur, dan seminar. Strategi ini efektif dalam meningkatkan volume penjualan dan adapun kendala yang dialami adalah adanya pesaing, tenaga pemasar, rencana strategi yang kurang matang, target pasar yang salah, rendahnya minat produk.rnDengan melihat jumlah pesaing yang ada dengan kemampuan yang dimiliki, sebaiknya PT. Pegadaian UPS Bone melakukan analisis swot sehingga dapat mengetahui keunggulan apa yang kita miliki dibandingkan dengan para pesaing agar kita mampu bersaing secara sehat tanpa menjadikan pesain sebagai kendala kita dalam mencapai target perusahaan.rnMemiliki tenaga pemasar yang profesional tentunya sangat berpengaruh dalam keberhasilan perusahan. Maka dari itu, PT. Pegadaian UPS Bone dalam merekrut pegawai untuk dijadiakn sebagai tenaga pemasar sebaiknya memilih yang benar-benar memiliki semangat kerja, inovatif dan kreatif.rnA.KesimpulanrnBerdasarkan pada pembahasan bab-bab sebelumnya tentang strategi pemasaran produk pembiayaan ar-rum(ar rahn untuk usaha mikro ) dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Pegadaian UPS Bone. Maka dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut:rn1.Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan sudah efektif. Hal tersebut dapat dilhat pada tahun 2015 jumlah penjualan produk Ar-Rum 302.421.970 (emas) dan 262.385.133 (BPKB), dan di tahun 2016 menjadi 634.095.715 (emas), 972. 776. 194 (BPKB), dan sekarang pada tahun 2017 sudah mencapai 665. 239. 305 (emas), 924. 198. 754 (BPKB). Dengan demikian, hasil dari penerapan strategi tersebut berhasil dalam meningkatkan volume penjualan.rn2.Adapun Kendala-kendala yang dihadapi PT. Pegadaian UPS Bone dalam menerapkan strateginya yaitu:rna)Pesaingrnb)Tenaga pemasarrnc)Rencana strategi yang kurang matangrnd)Target pasar yang salahrne)Rendahnya minat produkrnB.Saran rn1.Dengan melihat jumlah pesaing yang ada dengan kemampuan yang dimiliki, sebaiknya PT. Pegadaian UPS Bone melakukan analisis swot sehingga dapat mengetahui keunggulan apa yang kita miliki dibandingkan dengan para pesaing agar kita mampu bersaing secara sehat tanpa menjadikan pesain sebagai kendala kita dalam mencapai target perusahaan.rn2.Memiliki tenaga pemasar yang profesional tentunya sangat berpengaruh dalam keberhasilan perusahan. Maka dari itu, PT. Pegadaian UPS Bone dalam merekrut pegawai untuk dijadiakn sebagai tenaga pemasar sebaiknya memilih yang benar-benar memiliki semangat kerja, inovatif dan kreatif.rnrnrnrnrnrnrn
Ketersediaan
| SS20170012 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
12/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
