Pengaruh Pengalaman terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Toko Filmy Shop Perspektif Ekonomi Syariah
Nur Aziza Mardatillah/602022020122 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengalaman
terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di toko filmy shop perspektif ekonomi
syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan dunia
fashion di Indonesia, yang diikuti oleh meningkatnya persaingan bisnis dalam sektor
tersebut. Untuk dapat bersaing, produsen perlu mengembangkan inovasi dan
meningkatkan kualitas produk serta layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Metedolodi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dengan populasi penelitian adalah pelanggan toko filmy shop. Sebanyak 200 responden
dipilih sebagai sampel melalui pengisian kuesioner yang dibagikan secara daring. Data
yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squere (PLS), yang
meliputi pengujian outer model dan inner model.
Hasil penitian ini menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan pengalaman pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
A. Kesimpulan
1. Hasil penelitian pada pengaruh pengalaman pelanggan terhadap kepuasan
pelanggan menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut ditunjukan
dengan nilai T-statistic sebesar 57.199 > 1.96, dengan nilai P Value 0.000
< dari 0.05. Hal ini membuktikan bahwa pengalaman pelanggan secara
signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan toko Filmy Shop.
2. Hasil penelitian pada pengaruh pengalaman pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal tersebut ditunjukan
dengan nilai T-Statistic sebesar 25.192 > 1.96 dengan nilai P Value 0.000 <
0.05. Hal ini membuktikan bahwa pengalaman pelanggan juga
berkonstribusi secara signifikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan
toko Filmy Shop.
B. Implikasi
Implikasi dari pengaruh pengalaman terhadap kepuasan dan loyalitas
pelanggan di toko filmy shop melibatkan fokus perusahaan pada penciptaan
pengalaman positif. Prioritaskan kepuasan pelanggan dengan
meningkatkan kualitas pengalaman dan membentuk loyalitas dan citra
positif merek. Investasi dalam peningkatan pengalaman pelanggan,
mendengarkan umpan balik konsumen dan membangun citra positif adalah
langkah-langah kunci untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan
mencapai kesuksesan jangka panjang.
C. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran
sebagai berikut :
1. Bagi toko Filmy shop disarankan untuk terus meningkatkan layanan
pelanggan agar dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada
pelanggan. Pelatihan karyawan dalam hal keramahan, reponsif, dan
pengetahuan produk dampat memberikan dampak yang positif.
Kemudian menyusun strategi untuk terus berinovasi dalam portofolio
produk dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan
setia. Selain itu memahami tren terkini dan keinginan pelanggan dapat
menjadi dasar untuk pengembangan produk yang lebih menarik.
2. Bagi pihak pelanggan agar selalu memberikan umpan balik lebih lanjut
tentang pengalaman mereka di toko Filmy shop. Hal ini dapat
membantu perusahaan memahami kebutuhan konsumen secara baik.
Kemudian konsumen dapat memanfaatkan program loyalitas yang
ditawarkan oleh toko untuk mendapatkan manfaat tambahan seperti
diskon atau penawaran eksklusif, serta berbagi pengalaman positif
dengan teman dan keluarga dapat membantu memperluas basis
pelanggan toko. Rekomendasi dari konsumen yang puas memiliki
dampak positif bagi toko Filmy shop
3. Bagi peneliti selanjutnya dapat diarahkan pada ekspansi sampel dan
inklusi variabel tambahan untuk mendapat pemahaman yang mendalam
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pelanggan serta
melibatkan studi komparatif dengan pesaing dapat memberikan
wawasan tambahan tentang bagaimana toko filmy shop dapat.
terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di toko filmy shop perspektif ekonomi
syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan dunia
fashion di Indonesia, yang diikuti oleh meningkatnya persaingan bisnis dalam sektor
tersebut. Untuk dapat bersaing, produsen perlu mengembangkan inovasi dan
meningkatkan kualitas produk serta layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Metedolodi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dengan populasi penelitian adalah pelanggan toko filmy shop. Sebanyak 200 responden
dipilih sebagai sampel melalui pengisian kuesioner yang dibagikan secara daring. Data
yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squere (PLS), yang
meliputi pengujian outer model dan inner model.
Hasil penitian ini menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan pengalaman pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
A. Kesimpulan
1. Hasil penelitian pada pengaruh pengalaman pelanggan terhadap kepuasan
pelanggan menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut ditunjukan
dengan nilai T-statistic sebesar 57.199 > 1.96, dengan nilai P Value 0.000
< dari 0.05. Hal ini membuktikan bahwa pengalaman pelanggan secara
signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan toko Filmy Shop.
2. Hasil penelitian pada pengaruh pengalaman pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal tersebut ditunjukan
dengan nilai T-Statistic sebesar 25.192 > 1.96 dengan nilai P Value 0.000 <
0.05. Hal ini membuktikan bahwa pengalaman pelanggan juga
berkonstribusi secara signifikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan
toko Filmy Shop.
B. Implikasi
Implikasi dari pengaruh pengalaman terhadap kepuasan dan loyalitas
pelanggan di toko filmy shop melibatkan fokus perusahaan pada penciptaan
pengalaman positif. Prioritaskan kepuasan pelanggan dengan
meningkatkan kualitas pengalaman dan membentuk loyalitas dan citra
positif merek. Investasi dalam peningkatan pengalaman pelanggan,
mendengarkan umpan balik konsumen dan membangun citra positif adalah
langkah-langah kunci untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan
mencapai kesuksesan jangka panjang.
C. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran
sebagai berikut :
1. Bagi toko Filmy shop disarankan untuk terus meningkatkan layanan
pelanggan agar dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada
pelanggan. Pelatihan karyawan dalam hal keramahan, reponsif, dan
pengetahuan produk dampat memberikan dampak yang positif.
Kemudian menyusun strategi untuk terus berinovasi dalam portofolio
produk dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan
setia. Selain itu memahami tren terkini dan keinginan pelanggan dapat
menjadi dasar untuk pengembangan produk yang lebih menarik.
2. Bagi pihak pelanggan agar selalu memberikan umpan balik lebih lanjut
tentang pengalaman mereka di toko Filmy shop. Hal ini dapat
membantu perusahaan memahami kebutuhan konsumen secara baik.
Kemudian konsumen dapat memanfaatkan program loyalitas yang
ditawarkan oleh toko untuk mendapatkan manfaat tambahan seperti
diskon atau penawaran eksklusif, serta berbagi pengalaman positif
dengan teman dan keluarga dapat membantu memperluas basis
pelanggan toko. Rekomendasi dari konsumen yang puas memiliki
dampak positif bagi toko Filmy shop
3. Bagi peneliti selanjutnya dapat diarahkan pada ekspansi sampel dan
inklusi variabel tambahan untuk mendapat pemahaman yang mendalam
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pelanggan serta
melibatkan studi komparatif dengan pesaing dapat memberikan
wawasan tambahan tentang bagaimana toko filmy shop dapat.
Ketersediaan
| SFEBI20240201 | 201/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
201/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
