Penggunaan Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa SMA Negeri 15 Bone Kelas X pada Mata Pelajaran PAI

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai penggunaan media pembelajaran ilmu
tajwid berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an
siswa SMA Negeri 15 Bone kelas X pada mata Pelajaran PAI. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran ilmu tajwid
berbasis Android dan mengetahui respon siswa terhadap dampak penggunaanya
dalam
meningkatkan
kemampuan
membaca
al-Qur’an.
Penelitian
ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi yang melibatkan guru Pendidikan Agama Islam dan 20 siswa kelas
X SMA Negeri 15 Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi
media dilakukan secara sistematis melalui tahap perencanaan, pelaksaaan, dan
evaluasi, dengan guru berperan sebagai fasilitator aktif; (2) Respon siswa sangat
positif, ditandai dengan peningkatan pemahaman materi, kemudahan akses,
motivasi belajar, frekuensi penggunaan mandiri, keaktifan di kelas, serta
peningkatan signifikan pada akurasi bacaan tajwid dan kepercayaan diri dalam
membaca al-Qur’an. Kendala teknis seperti keterbatasan memori gadget dan
jaringan internet berhasil diatasi dengan strategi preventif dan pendampingan
individual. Media pembelajaran ilmu tajwid berbasis Android terbukti efektif
sebagai inovasi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik generasi Z dan
mampu meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa
dalam membaca al-Qur’an.
A. Simpulan
Berdasarkan data-data yang penulis kumpulkan terhadap para responden
yang bersedia menjadi subjek penelitian, diketahui bahwa upaya yang dilakukan
oleh guru Pendidikan Agama Islam dilakukan untuk Penggunaan Media
Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca al-Qur’an Siswa SMA Negeri 15 Bone Kelas X Pada Mata Pelajaran
PAI, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan media pembelajaran ilmu tajwid berbasis Android telah
dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui tiga tahap utama:
Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Guru berperan sebagai
fasilitator yang aktif dalam memperkenalkan aplikasi, memandu
penggunaan, dan memberikan umpan balik. Media ini berhasil
menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, multimodal, dan
berpusat pada siswa.
2. Respon siswa terhadap penggunaan media sangat positif. Mayoritas
siswa melaporkan peningkatan pemahaman materi tajwid, kemudahan
akses, motivasi belajar, frekuensi penggunaan mandiri, serta keaktifan
dan keberanian dalam berpartisipasi di kelas. Media juga berdampak
signifikan pada praktik membaca al-Qur’an, termasuk perubahan
kebiasaan membaca, peningkatan akurasi tajwid, dan tumbuhnya
kepercayaan diri siswa. Terdapat kendala teknis seperti keterbatasan
memori gadget dan jaringan internet dapat diatasi dengan strategi
preventif atau pencegahan dan adaptasi oleh guru, seperti meminta siswa
mengunduh aplikasi sebelum pembelajaran dan memberikan bantuan
individual. Media berbasis Android terbukti efektif sebagai alat bantu
pembelajaran yang inovatif, relevan dengan karakteristik generasi Z, dan
mampu meningkatkan baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik
siswa dalam pembelajaran ilmu tajwid.
B. Saran
Berdasarkan temuan penelitian, peneliti memberikan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Kepada Guru PAI:
a) Disarankan untuk terus memanfaatkan dan mengembangkan media
berbasis teknologi dalam pembelajaran, tidak hanya pada materi
tajwid tetapi juga pada materi PAI lainnya.
b) Perlu meningkatkan kompetensi dalam memilih dan mendesain
media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
2. Kepada Sekolah
Sekolah disarankan untuk menyediakan infastruktur pendukung
seperti wi-fi yang stabil dan ruang penyimpanan yang memadai pada
perangkat siswa agar penggunaan media digital dapat berjalan optimal.
3. Kepada Orang Tua
Peran orang tua lebih mendukung dan memberikan perhatian dan
bimbingan pada anaknya agar lebih sering belajar tajwid di aplikasi
tajwid, sehingga anaknya kedepan bisa lebih bagus lagi cara baca Al-
Qur’annya.
Ketersediaan
STAR20250342342/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

342/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top