Pengaruh Layanan Muamalat QRIS Terhadap Perkembangan Usaha Customer (Studi pada Customer Bank Muamalat KCP Bone)
Nur Afifah Kartika Sari/612062020093 - Personal Name
Bank Muamalat adalah bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan
prinsip syariah dalam kegiatan operasionalnya. Salah satu fasilitas yang disediakan
oleh Bank Muamalat untuk memudahakan kegiatan operasiaonalnya yaitu dengan
menciptakan layanan mobile banking. Bank Muamalat menciptakan layanan mobile
banking yaitu Muamalat DIN dengan tujuan untuk memudahkan kegitan perbankan.
Didalam aplikasi Muamalat DIN terdapat fasiltas serta fitur-fitur yang modern dan
kekinian dan diperuntukan kepada para customer Bank Muamalat. Salah satu fitur
yang dimaksud adalah layanan Muamalat QRIS. Penelitian ini bermaksud untuk
mengetahui tentang layanan Muamalat QRIS khususnya pada customer Bank
Muamalat KCP Bone, apakah layanan Muamalat QRIS memberikan pengaruh
terhadap perkembangan usaha customer Bank Muamalat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner atau
angket kepada 30 responden yang sesuai dengan data yang diperlukan. Kemudian
hasil data yang didapatkan pada penelitian akan dianalisis dan dijelaskan agar bisa
menggambarkan lebih jauh tentang pengaruh layanan Muamalat QRIS terhadap
perkembangan usaha customer Bank Muamalat.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa layanan Muamalat QRIS
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha customer Bank
Muamalat sebesar 39,4% sementara sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh faktor
atau variabel diluar model penelitian.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan pada penelitian
ini adalah:
1. Terdapat pengaruh layanan Muamalat QRIS terhadap perkembangan usaha
customer Bank Muamalat, dimana nilai t hitung adalah sebesar 4,457 kemudian
nilai t tabel adalah sebesar 2,048, artinya nilai t hitung > nilai t tabel. Maka H0
ditolak dan H1 diterima, sehingga layanan Muamalat QRIS berpengaruh positif
dan signifikan terhadap perkembangan usaha customer Bank Muamalat.
2. Layanan Muamalat QRIS mempengaruhi perkembangan usaha customer Bank
Muamalat sebesar 39,4% sementara sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar model penelitian. Berdasarkan hasil uji R2 maka kemampuan
variabel independen yakni variabel layanan Muamalat QRIS mempengaruhi
variabel dependen yakni perkembangan usaha customer Bank Muamalat
sebesar 39,4%.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang
dapat diberikan oleh peneliti yaitu:
1. Bagi pihak perbankan agar tetap melakukan inovasi dalam peningkatan layanan
Muamalat QRIS sehingga kedepannya dapat menjadi alasan utama penggunaan
produk Bank Muamalat.
54
55
2. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini
dengan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha
customer Bank Muamalat.
C. Rekomendasi
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel layanan Muamalat QRIS
mempengaruhi perkembangan usaha customer Bank Muamalat sebesar 39,4% artinya
terdapat 60,6% perkembangan usaha customer dipengaruhi oleh variabel lain, seperti
lokasi yang strategis, jumlah modal, sumber daya manusia, pemasaran, penjualan,
bantuan pemerintah, dan lain sebagainya. Maka peneliti menyarankan untuk peneliti
selanjutnya melakukan penelitian pada subjek yang lebih luas dan relevan sehingga
dapat ditarik generalisasinya.
prinsip syariah dalam kegiatan operasionalnya. Salah satu fasilitas yang disediakan
oleh Bank Muamalat untuk memudahakan kegiatan operasiaonalnya yaitu dengan
menciptakan layanan mobile banking. Bank Muamalat menciptakan layanan mobile
banking yaitu Muamalat DIN dengan tujuan untuk memudahkan kegitan perbankan.
Didalam aplikasi Muamalat DIN terdapat fasiltas serta fitur-fitur yang modern dan
kekinian dan diperuntukan kepada para customer Bank Muamalat. Salah satu fitur
yang dimaksud adalah layanan Muamalat QRIS. Penelitian ini bermaksud untuk
mengetahui tentang layanan Muamalat QRIS khususnya pada customer Bank
Muamalat KCP Bone, apakah layanan Muamalat QRIS memberikan pengaruh
terhadap perkembangan usaha customer Bank Muamalat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner atau
angket kepada 30 responden yang sesuai dengan data yang diperlukan. Kemudian
hasil data yang didapatkan pada penelitian akan dianalisis dan dijelaskan agar bisa
menggambarkan lebih jauh tentang pengaruh layanan Muamalat QRIS terhadap
perkembangan usaha customer Bank Muamalat.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa layanan Muamalat QRIS
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha customer Bank
Muamalat sebesar 39,4% sementara sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh faktor
atau variabel diluar model penelitian.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan pada penelitian
ini adalah:
1. Terdapat pengaruh layanan Muamalat QRIS terhadap perkembangan usaha
customer Bank Muamalat, dimana nilai t hitung adalah sebesar 4,457 kemudian
nilai t tabel adalah sebesar 2,048, artinya nilai t hitung > nilai t tabel. Maka H0
ditolak dan H1 diterima, sehingga layanan Muamalat QRIS berpengaruh positif
dan signifikan terhadap perkembangan usaha customer Bank Muamalat.
2. Layanan Muamalat QRIS mempengaruhi perkembangan usaha customer Bank
Muamalat sebesar 39,4% sementara sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar model penelitian. Berdasarkan hasil uji R2 maka kemampuan
variabel independen yakni variabel layanan Muamalat QRIS mempengaruhi
variabel dependen yakni perkembangan usaha customer Bank Muamalat
sebesar 39,4%.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang
dapat diberikan oleh peneliti yaitu:
1. Bagi pihak perbankan agar tetap melakukan inovasi dalam peningkatan layanan
Muamalat QRIS sehingga kedepannya dapat menjadi alasan utama penggunaan
produk Bank Muamalat.
54
55
2. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini
dengan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha
customer Bank Muamalat.
C. Rekomendasi
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel layanan Muamalat QRIS
mempengaruhi perkembangan usaha customer Bank Muamalat sebesar 39,4% artinya
terdapat 60,6% perkembangan usaha customer dipengaruhi oleh variabel lain, seperti
lokasi yang strategis, jumlah modal, sumber daya manusia, pemasaran, penjualan,
bantuan pemerintah, dan lain sebagainya. Maka peneliti menyarankan untuk peneliti
selanjutnya melakukan penelitian pada subjek yang lebih luas dan relevan sehingga
dapat ditarik generalisasinya.
Ketersediaan
| SFEBI20240182 | 182/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
182/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
