Influence Digital Transformation Terhadap Peningkatan Jumlah Customer di Bank Syariah (Studi pada Customer Bank Muamalat KCP Bone)
Muhammad Awwal Fisabilillah/612062020099 - Personal Name
Transformasi digital merupakan sebuah evolusi yang terjadi dengan melibatkan
sumber daya yang dimiliki termasuk memanfaatkan teknologi digital yang ada. Saat
situasi berubah menjadi situasi yang lebih menitik beratkan pada pemanfaatan
teknologi digital, maka transformasi digital / Digital Transformation merupakan
sebuah fenomena yang tidak dapat dihindari. Siap atau tidak, organisasi harus
menyongsong transformasi digital dengan baik agar dapat bertahan dan bersaing.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tentang digital transformation khususnya
pada customer Bank Muamalat KCP Bone, apakah digital transformation
memberikan pengaruh terhadap peningkatan jumlah customer Bank Syariah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner atau
angket kepada 30 responden yang sesuai dengan data yang diperlukan. Kemudian
hasil data yang didapatkan pada penelitian akan dianalisis dan dijelaskan agar bisa
menggambarkan lebih jauh tentang influence digital transformation terhadap
peningkatan jumlah customer di Bank Muamalat.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa digital transformation
berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah customer di Bank
Syariah sebesar 43,5% sementara sisanya sebesar 56,5% dipengaruhi oleh faktor atau
variabel diluar model penelitian.
A. Kesimpulan
Penelitian ini mencapai kesimpulan berikut berdasarkan hasil dan diskusi:
1. Terdapat pengaruh digital transformation terhadap peningkatan jumlah customer
bank syariah.
2. Digital transformation mempengaruhi peningkatan jumlah customer bank
syariah yaitu 43,5%, dengan bagian yang tersisa sebesar 56,5% dipengaruhi
oleh variabilitas yang bukan bagian dari model penelitian.
B. Saran
Terdapat beberapa rekomendasi berdasarkan hasil penelitian dan diskusi oleh
penelitian ini:
1. Bagi pihak perbankan agar tetap melakukan inovasi khususnya dalam
peningkatan layanan digital banking sehingga kedepannya dapat menjadi alasan
utama penggunaan produk bank syariah.
2. Diharapkan bahwa studi lanjutan bisa memperdalam penelitian ini dengan
melihat variabel lain agar bisa meningkatkan jumlah customer Bank Syariah.
sumber daya yang dimiliki termasuk memanfaatkan teknologi digital yang ada. Saat
situasi berubah menjadi situasi yang lebih menitik beratkan pada pemanfaatan
teknologi digital, maka transformasi digital / Digital Transformation merupakan
sebuah fenomena yang tidak dapat dihindari. Siap atau tidak, organisasi harus
menyongsong transformasi digital dengan baik agar dapat bertahan dan bersaing.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tentang digital transformation khususnya
pada customer Bank Muamalat KCP Bone, apakah digital transformation
memberikan pengaruh terhadap peningkatan jumlah customer Bank Syariah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner atau
angket kepada 30 responden yang sesuai dengan data yang diperlukan. Kemudian
hasil data yang didapatkan pada penelitian akan dianalisis dan dijelaskan agar bisa
menggambarkan lebih jauh tentang influence digital transformation terhadap
peningkatan jumlah customer di Bank Muamalat.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa digital transformation
berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah customer di Bank
Syariah sebesar 43,5% sementara sisanya sebesar 56,5% dipengaruhi oleh faktor atau
variabel diluar model penelitian.
A. Kesimpulan
Penelitian ini mencapai kesimpulan berikut berdasarkan hasil dan diskusi:
1. Terdapat pengaruh digital transformation terhadap peningkatan jumlah customer
bank syariah.
2. Digital transformation mempengaruhi peningkatan jumlah customer bank
syariah yaitu 43,5%, dengan bagian yang tersisa sebesar 56,5% dipengaruhi
oleh variabilitas yang bukan bagian dari model penelitian.
B. Saran
Terdapat beberapa rekomendasi berdasarkan hasil penelitian dan diskusi oleh
penelitian ini:
1. Bagi pihak perbankan agar tetap melakukan inovasi khususnya dalam
peningkatan layanan digital banking sehingga kedepannya dapat menjadi alasan
utama penggunaan produk bank syariah.
2. Diharapkan bahwa studi lanjutan bisa memperdalam penelitian ini dengan
melihat variabel lain agar bisa meningkatkan jumlah customer Bank Syariah.
Ketersediaan
| SFEBI20240181 | 181/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
181/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
