Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT. Mandiri Utama Finance (MUF) Cabang Bone
Febriani/612062020088 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh Digital Marketing terhadap
Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT. Mandiri Utama Finance (MUF)
Syariah Cabang Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
dengan metode pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah
samplingjenuh (sensus), di mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel
penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada
30 responden yang teridiri dari pegawai PT. Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah
Cabang Bone. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri dari uji
validitas dan reliabilitas, analisis regresi linear sederhana serta uji hipotesis yang
terdiri dari uji signifikan parsial (uji t) dan koefisien determinasi (R Square) yang
kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dari 20 item pernyataan yang dibagikan kepada responden, 17 di antaranya
dinyatakan valid dan reliabel. Pada analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai
constant (a) sebesar 6,362 dan nilai koefisien regrsi (b) sebesar 1,100, sehingga
diperoleh persamaan regresinya yaitu Y = 6,362 + 1,100x. Pada hasil uji t
menunjukkan Digital Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan
Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT.Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah
Cabang Bone dan hasil uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan variabel
Digital Marketing mempengaruhi variabel Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI
OTO pada PT.Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah Cabang Bone sebesar 40,7%.
Berdasarksn hasil uji tersebut menunjukkan Digital Marketing memiliki pengaruh
dengan arah perubahan yang positif atau searah. Artinya apabila Digital Marketing
ditingkatkan maka Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT.Mandiri
Utama Finance (MUF) Syariah Cabang Bone juga akan mengalami peningkatan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasanpada Bab IV dalam rangka
untuk menjawab pertanyaan penelitian yang dituangkan pada Bab I dalam
skripsi ini. Maka dapat ditarik kesimpulan dari hasil Uji t dengan memperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih < dari 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0
ditolak, yang artinya bahwa Digital Marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT.
Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah Cabang Bone.
B. Saran
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yang
menyatakan bahwa promosi melalui Digital Marketing memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan
pembiayaan BSI OTO. Oleh karena itu, peneliti berharap kepada pihak
perusahaan PT. Mandiri Utama Finance (MUF) sebaiknya terus meningkatkan
promosi dengan masif (secara besar-besaran) terutama dalam bentuk Digital
Marketing. Agar PT. Mandiri Utama Finance (MUF) dalam memasarkan
pembiayaan otomotif berbasis syariah tetap eksistensi dalam perkembangan
digitalisasi. Khususnya dalam penelitian ini pembiayaan BSI OTO akan lebih
dikenal oleh masyarakat luas.
C. Implikasi Penelitian
Peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini dapat memberikan
manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan, terutama bagi PT. Mandiri
Utama Finance (MUF) dalam menyusun strategi pemasaran dengan
memanfaatkan konsep Digital Marketing. Dengan demikian, potensi
pembiayaan BSI OTO untuk memperoleh atensi Masyarakat semakin besar.
Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT. Mandiri Utama Finance (MUF)
Syariah Cabang Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
dengan metode pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah
samplingjenuh (sensus), di mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel
penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada
30 responden yang teridiri dari pegawai PT. Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah
Cabang Bone. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri dari uji
validitas dan reliabilitas, analisis regresi linear sederhana serta uji hipotesis yang
terdiri dari uji signifikan parsial (uji t) dan koefisien determinasi (R Square) yang
kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dari 20 item pernyataan yang dibagikan kepada responden, 17 di antaranya
dinyatakan valid dan reliabel. Pada analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai
constant (a) sebesar 6,362 dan nilai koefisien regrsi (b) sebesar 1,100, sehingga
diperoleh persamaan regresinya yaitu Y = 6,362 + 1,100x. Pada hasil uji t
menunjukkan Digital Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan
Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT.Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah
Cabang Bone dan hasil uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan variabel
Digital Marketing mempengaruhi variabel Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI
OTO pada PT.Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah Cabang Bone sebesar 40,7%.
Berdasarksn hasil uji tersebut menunjukkan Digital Marketing memiliki pengaruh
dengan arah perubahan yang positif atau searah. Artinya apabila Digital Marketing
ditingkatkan maka Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT.Mandiri
Utama Finance (MUF) Syariah Cabang Bone juga akan mengalami peningkatan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasanpada Bab IV dalam rangka
untuk menjawab pertanyaan penelitian yang dituangkan pada Bab I dalam
skripsi ini. Maka dapat ditarik kesimpulan dari hasil Uji t dengan memperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih < dari 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0
ditolak, yang artinya bahwa Digital Marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan Pengguna Pembiayaan BSI OTO pada PT.
Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah Cabang Bone.
B. Saran
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yang
menyatakan bahwa promosi melalui Digital Marketing memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan
pembiayaan BSI OTO. Oleh karena itu, peneliti berharap kepada pihak
perusahaan PT. Mandiri Utama Finance (MUF) sebaiknya terus meningkatkan
promosi dengan masif (secara besar-besaran) terutama dalam bentuk Digital
Marketing. Agar PT. Mandiri Utama Finance (MUF) dalam memasarkan
pembiayaan otomotif berbasis syariah tetap eksistensi dalam perkembangan
digitalisasi. Khususnya dalam penelitian ini pembiayaan BSI OTO akan lebih
dikenal oleh masyarakat luas.
C. Implikasi Penelitian
Peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini dapat memberikan
manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan, terutama bagi PT. Mandiri
Utama Finance (MUF) dalam menyusun strategi pemasaran dengan
memanfaatkan konsep Digital Marketing. Dengan demikian, potensi
pembiayaan BSI OTO untuk memperoleh atensi Masyarakat semakin besar.
Ketersediaan
| SFEBI20240180 | 180/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
180/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
