Analisis Tingkat Probabilitas Dan Konasi Penggunaan Istilah Bahasa Arab Pada Produk Bank Syariah Di Kalangan Mahasiswa FEBI IAIN Bone
Asyrah/612062020086 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang probabilitas konasi penggunaan istilah bahasa Arab
pada produk bank syariah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
apakah ada interaksi antara variabel independen yang mempengaruhi tingkat
penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah dan faktor- faktor yang
mempengaruhi probabilitas konasi bahasa arab pada generasi Z dalam menggunakan
produk bank syariah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan analisis regresi linear berganda. Dengan variabel yang digunakan yaitu
probabilitas dan konasi sebagai variabel indpenden serta penggunaan istilah bahasa
Arab pada produk bank syariah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan
terdapat interaksi antara probabilitas (X 1 ) dan konasi (X 2 ) yang dapat mempengaruhi
tingkat penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah. Ketika
probabilitasnya rendah maka peningkatan konasi berdampak besar, namun ketika
probabilitasnya tinggi maka dampak peningkatan konasi terhadap penggunaan istilah
bahasa Arab lebih kecil. Adapun faktor yang mempengaruhi probabilitas konasi
bahasa Arab pada generasi Z dalam menggunakan produk bank syariah yaitu
Probabilitas berpengaruh terhadap penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank
syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan senilai 0,000 < 0,05. Dengan nilai
koefisien pada variabel probabilitas memiliki tanda positif sebesar 0,624
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan
di bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Interaksi antara variabel probabilitas dan konasi yang mempengaruhi
tingkat penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terdapat interaksi
antara variabel probabilitas (X 1 ) dan konasi (X 2 ) yang dapat mempengaruhi
tingkat penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah. Hasil ini
menunjukkan bahwa hubungan konasi terhadap penggunaan istilah bahas
Arab pada produk bank syariah bergantung pada tingkat probabilitas.
Ketika probabilitasnya rendah maka peningkatan konasi berdampak besar,
namun ketika probabilitasnya tinggi maka dampak peningkatan konasi
terhadap penggunaan istilah bahasa Arab lebih kecil.
2. Faktor yang mempengaruhi penggunaan istilah bahasa Arab pada generasi
Z dalam menggunakan produk bank syariah yaitu Probabilitas
berpengaruh terhadap penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank
syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan senilai 0,000 < 0,05.
Dengan nilai koefisien pada variabel probabilitas memiliki tanda positif
sebesar 0,624
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pada dasarnya penelitian ini
berjalan dengan baik dan penelitian ini juga masih memiliki keterbatasan.
Oleh karna itu peneliti ingin menyampaikan beberapa saran yang mudah-
mudahan bermanfaat. Adapun saran yang diajukan peneliti yaitu :
a. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperdalam kembali
mengenai faktor lainnya yang dapat mempengaruhi penggunaan istilah
bahasa Arab pada produk bank syariah
b. Bagi pihak lembaga yang terkait, baik pemerintah, lembaga keuangan
atau lembaga lainnya diharapkan untuk meningkatkan literasi keuangan
syariah bagi generasi Z serta melakukan kerja sama dengan lembaga
pendidikan Islam untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya
penggunaan istilah bahasa Arab dalam keuangan syariah. Kemudian
melakukan kampanye yang menekankan keterkaitan antara nilai-nilai
Islam dan penggunaan istilah bahasa Arab sebagai ciri khasnya.
C. Implikasi penelitian
Peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini dapat bermanfaat
bagi pihak-pihak yang berkepentingan, baik itu dari pemerintah, lembaga
pendidikan, lembaga keuangan dan lembaga lainnya, agar dapat berupaya
membantu masyarakat untuk meningkatkan pemahamannya dalam
menggunakan produk-produk bank syariah.
pada produk bank syariah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
apakah ada interaksi antara variabel independen yang mempengaruhi tingkat
penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah dan faktor- faktor yang
mempengaruhi probabilitas konasi bahasa arab pada generasi Z dalam menggunakan
produk bank syariah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan analisis regresi linear berganda. Dengan variabel yang digunakan yaitu
probabilitas dan konasi sebagai variabel indpenden serta penggunaan istilah bahasa
Arab pada produk bank syariah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan
terdapat interaksi antara probabilitas (X 1 ) dan konasi (X 2 ) yang dapat mempengaruhi
tingkat penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah. Ketika
probabilitasnya rendah maka peningkatan konasi berdampak besar, namun ketika
probabilitasnya tinggi maka dampak peningkatan konasi terhadap penggunaan istilah
bahasa Arab lebih kecil. Adapun faktor yang mempengaruhi probabilitas konasi
bahasa Arab pada generasi Z dalam menggunakan produk bank syariah yaitu
Probabilitas berpengaruh terhadap penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank
syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan senilai 0,000 < 0,05. Dengan nilai
koefisien pada variabel probabilitas memiliki tanda positif sebesar 0,624
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan
di bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Interaksi antara variabel probabilitas dan konasi yang mempengaruhi
tingkat penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terdapat interaksi
antara variabel probabilitas (X 1 ) dan konasi (X 2 ) yang dapat mempengaruhi
tingkat penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank syariah. Hasil ini
menunjukkan bahwa hubungan konasi terhadap penggunaan istilah bahas
Arab pada produk bank syariah bergantung pada tingkat probabilitas.
Ketika probabilitasnya rendah maka peningkatan konasi berdampak besar,
namun ketika probabilitasnya tinggi maka dampak peningkatan konasi
terhadap penggunaan istilah bahasa Arab lebih kecil.
2. Faktor yang mempengaruhi penggunaan istilah bahasa Arab pada generasi
Z dalam menggunakan produk bank syariah yaitu Probabilitas
berpengaruh terhadap penggunaan istilah bahasa Arab pada produk bank
syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan senilai 0,000 < 0,05.
Dengan nilai koefisien pada variabel probabilitas memiliki tanda positif
sebesar 0,624
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pada dasarnya penelitian ini
berjalan dengan baik dan penelitian ini juga masih memiliki keterbatasan.
Oleh karna itu peneliti ingin menyampaikan beberapa saran yang mudah-
mudahan bermanfaat. Adapun saran yang diajukan peneliti yaitu :
a. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperdalam kembali
mengenai faktor lainnya yang dapat mempengaruhi penggunaan istilah
bahasa Arab pada produk bank syariah
b. Bagi pihak lembaga yang terkait, baik pemerintah, lembaga keuangan
atau lembaga lainnya diharapkan untuk meningkatkan literasi keuangan
syariah bagi generasi Z serta melakukan kerja sama dengan lembaga
pendidikan Islam untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya
penggunaan istilah bahasa Arab dalam keuangan syariah. Kemudian
melakukan kampanye yang menekankan keterkaitan antara nilai-nilai
Islam dan penggunaan istilah bahasa Arab sebagai ciri khasnya.
C. Implikasi penelitian
Peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini dapat bermanfaat
bagi pihak-pihak yang berkepentingan, baik itu dari pemerintah, lembaga
pendidikan, lembaga keuangan dan lembaga lainnya, agar dapat berupaya
membantu masyarakat untuk meningkatkan pemahamannya dalam
menggunakan produk-produk bank syariah.
Ketersediaan
| SFEBI20240179 | 179/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
179/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
