Peran Media Sosial TikTok Sebagai Media Ceramah Ustadz Abdul Somad Dalam Membantu Pemahaman Keislamam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Bone Angkatan 2023
Awal Humaidi/862082021073 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peran media sosial TikTok sebagai media
ceramah Ustadz Abdul Somad dalam membantu pemahaman keislaman mahasiswa
Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Bone angkatan 2023. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa menggunakan TikTok dalam
mengakses ceramah Ustadz Abdul Somad dan sejauh mana peran media tersebut
dalam membantu proses pemahaman keislaman. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek mahasiswa Program Studi
Pendidikan Agama Islam angkatan 2023 yang aktif mengakses ceramah Ustadz
Abdul Somad di TikTok. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok membantu
mahasiswa dalam memahami ajaran Islam, khususnya dalam aspek akidah, ibadah,
dan akhlak. Ceramah Ustadz Abdul Somad di TikTok disampaikan secara singkat,
padat, dan mudah dipahami. Mahasiswa mengasesnya melalaui beranda, fitur
pencarian, atau akun yang membagikan ulang ceramah tersebut. TikTok dianggap
praktis dan sesuai dengan kebiasaan mahasiswa dalam mencari informasi keislaman
secara cepat dan visual. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa
dalam mengakses ceramah di TikTok meliputi faktor internal yaitu minat belajar,
keinginan untuk menerapkan nilia-nilai yang disampaikan serta faktor eksternal
yaitu pendidikan, pengaruh lingkungan sosial, dan algoritma TikTok juga
mendorong mahasiswa untuk terus mengikuti ceramah keislaman melalui platform
TikTok.
A. Simpulan
1. Penggunaan media sosial TikTok untuk mengakses ceramah Ustadz Abdul
Somad membantu mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN
Bone angkatan 2023 dalam memahami ajaran Islam. Mahasiswa mengakses
ceramah melalui beranda, fitur pencarian, atau akun yang membagikan ulang
kontennya. Ceramah disampaikan secara singkat dan mudah dipahami,
sehingga memudahkan pemahaman dalam aspek akidah, ibadah, dan akhlak.
TikTok juga dianggap praktis dan sesuai dengan kebiasaan mahasiswa dalam
mencari informasi keislaman.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam mengakses ceramah
Ustadz Abdul Somad di TikTok meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor
internal mencakup minat belajar, ketertarikan, dan dorongan untuk
mengamalkan isi ceramah (psikomotorik). Faktor eksternal meliputi latar
pendidikan, pengaruh teman, dan algoritma TikTok yang menampilkan
konten sejenis.
B. Saran
Penelitian Penelitian ini masih terbatas dan perlu dikembangkan lebih
lanjut, khususnya dalam melihat lebih dalam pengaruh TikTok terhadap
pemahaman keislaman mahasiswa. Peneliti berikutnya diharapkan dapat
membandingkan efektivitas TikTok dengan media sosial lain dalam menyampaikan
materi keislaman. Peneliti juga menyarankan agar mahasiswa Program Studi
Pendidikan Agama Islam IAIN Bone lebih kritis dalam memilih dan menyaring isi
ceramah di TikTok, agar pemahaman yang diperoleh tetap sesuai dengan nilai-nilai
Islam yang moderat dan ilmiah.
ceramah Ustadz Abdul Somad dalam membantu pemahaman keislaman mahasiswa
Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Bone angkatan 2023. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa menggunakan TikTok dalam
mengakses ceramah Ustadz Abdul Somad dan sejauh mana peran media tersebut
dalam membantu proses pemahaman keislaman. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek mahasiswa Program Studi
Pendidikan Agama Islam angkatan 2023 yang aktif mengakses ceramah Ustadz
Abdul Somad di TikTok. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok membantu
mahasiswa dalam memahami ajaran Islam, khususnya dalam aspek akidah, ibadah,
dan akhlak. Ceramah Ustadz Abdul Somad di TikTok disampaikan secara singkat,
padat, dan mudah dipahami. Mahasiswa mengasesnya melalaui beranda, fitur
pencarian, atau akun yang membagikan ulang ceramah tersebut. TikTok dianggap
praktis dan sesuai dengan kebiasaan mahasiswa dalam mencari informasi keislaman
secara cepat dan visual. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa
dalam mengakses ceramah di TikTok meliputi faktor internal yaitu minat belajar,
keinginan untuk menerapkan nilia-nilai yang disampaikan serta faktor eksternal
yaitu pendidikan, pengaruh lingkungan sosial, dan algoritma TikTok juga
mendorong mahasiswa untuk terus mengikuti ceramah keislaman melalui platform
TikTok.
A. Simpulan
1. Penggunaan media sosial TikTok untuk mengakses ceramah Ustadz Abdul
Somad membantu mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN
Bone angkatan 2023 dalam memahami ajaran Islam. Mahasiswa mengakses
ceramah melalui beranda, fitur pencarian, atau akun yang membagikan ulang
kontennya. Ceramah disampaikan secara singkat dan mudah dipahami,
sehingga memudahkan pemahaman dalam aspek akidah, ibadah, dan akhlak.
TikTok juga dianggap praktis dan sesuai dengan kebiasaan mahasiswa dalam
mencari informasi keislaman.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam mengakses ceramah
Ustadz Abdul Somad di TikTok meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor
internal mencakup minat belajar, ketertarikan, dan dorongan untuk
mengamalkan isi ceramah (psikomotorik). Faktor eksternal meliputi latar
pendidikan, pengaruh teman, dan algoritma TikTok yang menampilkan
konten sejenis.
B. Saran
Penelitian Penelitian ini masih terbatas dan perlu dikembangkan lebih
lanjut, khususnya dalam melihat lebih dalam pengaruh TikTok terhadap
pemahaman keislaman mahasiswa. Peneliti berikutnya diharapkan dapat
membandingkan efektivitas TikTok dengan media sosial lain dalam menyampaikan
materi keislaman. Peneliti juga menyarankan agar mahasiswa Program Studi
Pendidikan Agama Islam IAIN Bone lebih kritis dalam memilih dan menyaring isi
ceramah di TikTok, agar pemahaman yang diperoleh tetap sesuai dengan nilai-nilai
Islam yang moderat dan ilmiah.
Ketersediaan
| STAR20250278 | 278/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
278/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
