Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Bakke
Renaldi Saputra/862082021077 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) acterhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al-Hidayah Bakke.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel
jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 15 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran AIR
(Auditory, Intelectually, Repetition) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs
Al-Hidayah Bakke. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diketahui
bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas
Kontrol. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 86.33 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yang sebesar 69.00. Dengan demikian, hipotesis (H₀)
ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
Penerapan model pembelajaran AIR pada mata pelajaran akidah akhlak
dapat diketahui melalui pembelajarannya. Pada tahap inti, peneliti membagi siswa
menjadi empat kelompok beranggotakan 3–4 orang. Peneliti kemudian
menyampaikan materi. Siswa belajar secara berkelompok dengan peneliti
berperan sebagai fasilitator. Setelah itu, peneliti memberikan pengulangan materi
kepada siswa selanjutnya, setiap siswa mengerjakan soal individu yang telah di
berikan. Nilai individu dijumlahkan sebagai skor kelompok, dan kelompok
dengan skor tertinggi akan mendapat hadiah.
Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diketahui bahwa nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas Kontrol.
Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 86.33 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yang sebesar 69.00. Dengan demikian, hipotesis (H₀)
ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai berikut:
1. Bagi pihak MTs Al-Hidayah Bakke, diharapkan agar selalu mendukung
dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang memadai agar dapat
menunjang hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
2. Kepada seluruh siswa di MTs Al-Hidayah Bakke, hendaknya lebih
memperhatikan arahan dan penjelasan dari guru, karena guru sebagai
orang tua kedua selama disekolah.
pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) acterhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al-Hidayah Bakke.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel
jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 15 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran AIR
(Auditory, Intelectually, Repetition) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs
Al-Hidayah Bakke. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diketahui
bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas
Kontrol. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 86.33 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yang sebesar 69.00. Dengan demikian, hipotesis (H₀)
ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
Penerapan model pembelajaran AIR pada mata pelajaran akidah akhlak
dapat diketahui melalui pembelajarannya. Pada tahap inti, peneliti membagi siswa
menjadi empat kelompok beranggotakan 3–4 orang. Peneliti kemudian
menyampaikan materi. Siswa belajar secara berkelompok dengan peneliti
berperan sebagai fasilitator. Setelah itu, peneliti memberikan pengulangan materi
kepada siswa selanjutnya, setiap siswa mengerjakan soal individu yang telah di
berikan. Nilai individu dijumlahkan sebagai skor kelompok, dan kelompok
dengan skor tertinggi akan mendapat hadiah.
Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diketahui bahwa nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas Kontrol.
Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 86.33 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yang sebesar 69.00. Dengan demikian, hipotesis (H₀)
ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai berikut:
1. Bagi pihak MTs Al-Hidayah Bakke, diharapkan agar selalu mendukung
dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang memadai agar dapat
menunjang hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
2. Kepada seluruh siswa di MTs Al-Hidayah Bakke, hendaknya lebih
memperhatikan arahan dan penjelasan dari guru, karena guru sebagai
orang tua kedua selama disekolah.
Ketersediaan
| STAR20250253 | 253/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
253/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
