Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam menumbuhkan sikap kerja sama peserta didik pada bidang studi PAI di SMPN 2 Sibulue

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD (student teams achievement division) dalam menumbuhkan
sikap kerja sama peserta didik pada bidang studi PAI di SMPN 2 SIBULUE. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait Bagaimana implementasi
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam bidang studi PAI di SMPN 2 dan
bagaimana sikap kerja sama peserta didik pada bidang studi PAI dalam penerapan
model pembelajaran STAD di SMPN 2 SIBULUE serta apa faktor pendukung dan
penghambat pada implementasi model STAD dalam menumbuhkan sikap kerja
sama peserta didik pada bidang studi PAI di SMPN 2 SIBULUE. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan pedagogik. Adapun
pengumpulan data dianalisis memggunakan metode wawancara. Data dianalisis
menggunakan cara:reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Pengaruh Penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menumbuhkan sikap kerja sama
peserta didik yaitu:1)Dimensi Sosial,2)Dimensi Kognitif,3)Dimensi
Motivasi,4)Dimensi Tanggung jawab,5).Dimensi Kerja sama.Kedua faktor yang
mempengaruhi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD:
1).Faktor Kognitif,2)FaktorEmosional, 3)Faktor Sosial dan lingkungan,
4)Faktor Pengalaman,5)Faktor Pendidikan dan pengajaran.
A. Simpulan
1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menumbuhkan
sikap kerja sama peserta didik pada bidang studi PAI berjalan dengan baik.
Model ini mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif.
Melalui pembentukan kelompok belajar yang heterogen, peserta didik
didorong untuk saling membantu, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas
bersama, dan penyelesaian tugas bersama. Hasil observasi menunjukkan
adanya peningkatan sikap kerja sama, seperti saling menghargai, pembagian
tugas yang adil, dan tanggung jawab bersama dalam kelompok.
2. Penerapan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD dalam bidang studi PAI
di SMPN 2 SIBULUE mampu meningkatkan sikap kerja sama peserta didik.
Siswa menjadi lebioh aktif dalam berdiskusi, saling membantu, dan
bertanggung jawab terhadap tugas kelompok. Sikap saling menghargai ,
gotong royong, dan toleransi juga mulai tumbuh selama proses pembelajaran
berlangsung. Model ini efektif dalam menumbuhkan nilai-nilai kerja sama
yang sejalan dengan tujuan Pendidikan AgamaI Islam.
B. Saran
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan
dalam penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini,
mengharap dapat memperbaiki individu peneliti dalam mengabdi dan
berkarya. Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan
penelitian lebih lanjut mengenai implementasi model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dalam menumbuhkan sikap kerja sama peserta didik.
Ketersediaan
STAR20250299299/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

299/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

STAD

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top