Monitoring dan Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone
Risnawati/02.13.3120 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Monitoring dan Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone. Permasalahan yang di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi pendidikan di SMAN 16 dan bagaimana implikasi monitoring dan evaluasi pendidikkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan ruduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.rnBerdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pendidikan di SMA Negeri 16 Bone dapat dikatakan baik, karena kepala sekolah selalu memperhatikan langkah-langkah pelaksanaan monitoring yaitu: penetapan standar-standar pelaksanaan pekerjaan, pengukuran hasil pelaksanaan pekerjaan, serta melakukan perbaikan terhadap hasil yang telah ditargetkan. Sedangkan dari segi evaluasi pendidikan, kepala sekolah selalu memperhatikan dimensi-dimensi program evaluasi pendidikan yaitu: evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi output. Dengan tujuan untuk mengetahui terlaksananya suatu program yang ditetapkan dalam suatu sekolah. Jadi Implikasi Monitoring dan Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone dapat di katakan baik, dalam artian sangat membantu dalam pelaksanaan pekerjaan serta pada saat proses belajar mengajar yang dijalankan oleh guru. Karena dengan adanya monitoring dan evaluasi pendidikan di sekolah maka kepala sekolah mampu mengetahui masalah yang dihadapi oleh guru pada saat proses belajar mengajar yang mencakup: persiapan materi pelajaran, penataan bahan pelajaran, penyampaian pokok-pokok materi yang akan diajarkan, penggunaan metode, media, teknik dalam pembelajaran serta penilaian hasil belajar siswa. Sehingga kepala sekolah bisa mengatasi berbagai permasalahan yang di hadapi oleh pendidik/guru pada saat proses belajar mengajar yaitu mengambil keputusan dengan melakukan perbaikan atau pembenahan terhadap program yang dijalankan oleh guru dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. rnA.Simpulan rnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rn1.Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pendidikan di SMA Negeri 16 Bone dapat dikatakan baik, karena kepala sekolah selalu memperhatikan langkah-langkah pelaksanaan monitoring yaitu: penetapan standar-standar pelaksanaan pekerjaan, pengukuran hasil pelaksanaan pekerjaan, serta melakukan perbaikan terhadap hasil yang telah ditargetkan. Sedangkan dari segi evaluasi pendidikan, kepala sekolah selalu memperhatikan dimensi-dimensi program evaluasi pendidikan yaitu: evaluasi konteks, evaluasi input/masukan, evaluasi proses, dan evaluasi output. Dengan tujuan untuk mengetahui terlaksananya suatu program yang ditetapkan dalam suatu sekolah.rn2.Implikasi Monitoring dan Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone dikatakan baik, dalam artian sangat membantu dalam pelaksanaan pekerjaan serta pada saat proses belajar mengajar yang dijalangkan oleh guru. Karena dengan adanya monitoring dan evaluasi pendidikan di sekolah maka kepala sekolah mampu mengetahui masalah yang dihadapi oleh pendidik/guru pada saat proses belajar mengajar yang mencakup: persiapan materi pelajaran, penataan bahan pelajaran, penyampaian pokok-pokok materi yang akan diajarkan, penggunaan metode, media, teknik dalam pembelajaran serta penilaian hasil belajar siswa. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. rnB. lmplikasi rnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini adalah sebagai berikut:rn1.Kepala sekolah hendaknya selalu melaksanakan monitoring dan evaluasi pendidikan secara kontinyu dan berkelanjutan sehingga program yang ditetapkan berjalan dengan baik. Serta memberikan pembinaan kepada pendidik/guru agar lebih berkompeten dalam menyampaikan materi pelajaran.rn2. Kepada pendidik diharapkan untuk senantiasa memberikan kinerja yang baik dalam proses belajar mengajar serta rajin mengikuti pelatihan pembenahan guru yang diselenggarakan oleh pemerintah. sehingga proses belajar mengajar bisa dilaksanakan dengan efektif dan efisien dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.rnrn
Ketersediaan
| ST20170056 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
56/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
