Analisis Penerapan Pelayanan Prima Terhadap Nasabah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada Bank Perkreditan Rakyat Suar Data Watampone)
Desfi Fitriana Jaya/602022019039 - Personal Name
Penelitian ini membahas penerapan pelayanan prima terhadap nasabah dalam
meningkatkan kualitas kinerja ditinjau dari perpsektif ekonomi syariah. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif yang
berujuan untuk melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskriptif, yaitu
menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah
untuk dipahami dan disimpulkan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Penerapan
pelayanan prima terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Suar Data
Watampone dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan dilakukan dengan
beberapa cara yaitu 1) Pemberian pemahaman yang mendalah tentang kebutuhan
nasabah; 2) Pelaksanaan pelatihan karyawan; 3) Personalisasi pelayanan; 4)
Responsif terhadap masukan nasabah; 5) Inovasi produk atau layanan; 6) Penggunaan
komunikasi yang efektif; 7) Pelaksanaan pengukuran kinerja dan umpan balik; 8)
Membangun hubungan jangka panjang; 9) Manajemen keluahan; 10) Penghargaan
dan pengakuan bagi karyawan; 11) Menjaga kualitas produk dan layanan secara
konsisten; dan 12) Pemanfaatan teknologi. Kedua, Penerapan pelayanan prima
terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Suar Data Watampone ditinjau dari
perspektif Ekonomi Syariah didasari pada penerapan prinsip-prinsip Islami yakni 1)
Prinsip kesatuan; 2) Prinsip keseimbangan; 3) Prinsip kehendak bebas; 4) Prinsip
tanggungjawab; dan 5) Prinsip kebenaran.
A. Simpulan
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan pelayanan prima terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat
Suar Data Watampone dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan
dilakukan dengan beberapa cara yaitu 1) Pemberian pemahaman yang
mendalah tentang kebutuhan nasabah; 2) Pelaksanaan pelatihan karyawan;
3) Personalisasi pelayanan; 4) Responsif terhadap masukan nasabah;
5) Inovasi produk atau layanan; 6) Penggunaan komunikasi yang efektif;
7) Pelaksanaan pengukuran kinerja dan umpan balik; 8) Membangun
hubungan jangka panjang; 9) Manajemen keluahan; 10) Penghargaan dan
pengakuan bagi karyawan; 11) Menjaga kualitas produk dan layanan secara
konsisten; dan 12) Pemanfaatan teknologi.
2. Penerapan pelayanan prima terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat
Suar Data Watampone ditinjau dari perspektif Ekonomi Syariah didasari pada
penerapan prinsip-prinsip Islami yakni 1) Prinsip kesatuan; 2) Prinsip
keseimbangan; 3) Prinsip kehendak bebas; 4) Prinsip tanggungjawab; dan 5)
Prinsip kebenaran. Penerapan prinsip Islam dalam pelayanan prima di Bank
Perkreditan Rakyat Suar Data Watampone melibatkan pengintegrasian nilainilai Islam, etika, dan ajaran-ajaran agama Islam dalam setiap aspek
pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu,
penerapan prinsip-prinsip Islam initidak hanya menciptakan hubungan yang
baik dengan nasabah, tetapi juga mencerminkan komitmen terhadap nilai-nilai
etika dan moral Islam. Hal ini dapat membantu Bank Perkreditan Rakyat Suar
Data Watampone membangun kepercayaan dan reputasi positif di mata
masyarakat Muslim dan non-Muslim.
B. Saran
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan saran penelitian sebagai berikut:
1. Kepada Bank Perkreditan Rakyat Suar Data Watampone agar dapat senantiasa
meningkatkan kualitas pelayanan prima terhadap nasabah, khususnya dalam
pelayanan yang mengambil dasar nilai-nilai Islami sebagai dasar untuk
peningkatan kinerja karyawan.
2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu peneliti selanjutnya dan
memeprdalam kajian dalam penelitian ini.
C. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai rujukan untuk penelitian
selanjutnya, terkhususnya terkait dengan penerapan pelayanan prima terhadap
peningkatakan kualitas karyawan.
2. Penelitian ini diharapkan mampu dijadiakan sebagai dasar untuk
pengembangan penelitian Ekonomi Syariah
meningkatkan kualitas kinerja ditinjau dari perpsektif ekonomi syariah. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif yang
berujuan untuk melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskriptif, yaitu
menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah
untuk dipahami dan disimpulkan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Penerapan
pelayanan prima terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Suar Data
Watampone dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan dilakukan dengan
beberapa cara yaitu 1) Pemberian pemahaman yang mendalah tentang kebutuhan
nasabah; 2) Pelaksanaan pelatihan karyawan; 3) Personalisasi pelayanan; 4)
Responsif terhadap masukan nasabah; 5) Inovasi produk atau layanan; 6) Penggunaan
komunikasi yang efektif; 7) Pelaksanaan pengukuran kinerja dan umpan balik; 8)
Membangun hubungan jangka panjang; 9) Manajemen keluahan; 10) Penghargaan
dan pengakuan bagi karyawan; 11) Menjaga kualitas produk dan layanan secara
konsisten; dan 12) Pemanfaatan teknologi. Kedua, Penerapan pelayanan prima
terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Suar Data Watampone ditinjau dari
perspektif Ekonomi Syariah didasari pada penerapan prinsip-prinsip Islami yakni 1)
Prinsip kesatuan; 2) Prinsip keseimbangan; 3) Prinsip kehendak bebas; 4) Prinsip
tanggungjawab; dan 5) Prinsip kebenaran.
A. Simpulan
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan pelayanan prima terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat
Suar Data Watampone dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan
dilakukan dengan beberapa cara yaitu 1) Pemberian pemahaman yang
mendalah tentang kebutuhan nasabah; 2) Pelaksanaan pelatihan karyawan;
3) Personalisasi pelayanan; 4) Responsif terhadap masukan nasabah;
5) Inovasi produk atau layanan; 6) Penggunaan komunikasi yang efektif;
7) Pelaksanaan pengukuran kinerja dan umpan balik; 8) Membangun
hubungan jangka panjang; 9) Manajemen keluahan; 10) Penghargaan dan
pengakuan bagi karyawan; 11) Menjaga kualitas produk dan layanan secara
konsisten; dan 12) Pemanfaatan teknologi.
2. Penerapan pelayanan prima terhadap nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat
Suar Data Watampone ditinjau dari perspektif Ekonomi Syariah didasari pada
penerapan prinsip-prinsip Islami yakni 1) Prinsip kesatuan; 2) Prinsip
keseimbangan; 3) Prinsip kehendak bebas; 4) Prinsip tanggungjawab; dan 5)
Prinsip kebenaran. Penerapan prinsip Islam dalam pelayanan prima di Bank
Perkreditan Rakyat Suar Data Watampone melibatkan pengintegrasian nilainilai Islam, etika, dan ajaran-ajaran agama Islam dalam setiap aspek
pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu,
penerapan prinsip-prinsip Islam initidak hanya menciptakan hubungan yang
baik dengan nasabah, tetapi juga mencerminkan komitmen terhadap nilai-nilai
etika dan moral Islam. Hal ini dapat membantu Bank Perkreditan Rakyat Suar
Data Watampone membangun kepercayaan dan reputasi positif di mata
masyarakat Muslim dan non-Muslim.
B. Saran
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan saran penelitian sebagai berikut:
1. Kepada Bank Perkreditan Rakyat Suar Data Watampone agar dapat senantiasa
meningkatkan kualitas pelayanan prima terhadap nasabah, khususnya dalam
pelayanan yang mengambil dasar nilai-nilai Islami sebagai dasar untuk
peningkatan kinerja karyawan.
2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu peneliti selanjutnya dan
memeprdalam kajian dalam penelitian ini.
C. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai rujukan untuk penelitian
selanjutnya, terkhususnya terkait dengan penerapan pelayanan prima terhadap
peningkatakan kualitas karyawan.
2. Penelitian ini diharapkan mampu dijadiakan sebagai dasar untuk
pengembangan penelitian Ekonomi Syariah
Ketersediaan
| SFEBI20240160 | 160/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
160/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
