Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Gen Z Bank Syariah Dalam Keputusan Penggunaan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless Withdrawal) (Studi Nasabah Gen Z Pada Bank Syariah di Kabupaten Bone)

No image available for this title
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kemudahan dan kemanfaatan
untuk mengukur keputusan nasabah Gen Z bank syariah dalam menggunakan
layanan tarik tunai tanpa kartu pada bank syariah dengan minat sebagai mediator.
Penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan alat
pengukuran menggunakan Smart pls v.3 untuk pengumpulan dan pengolahan data
peneltian tentang prediksi pengaruh kemudahan dan kemanfaatan untuk mengukur
keputusan nasabah Gen Z bank syariah dalam menggunakan layanan tarik tunai
tanpa kartu.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan kesimpulan yang dihasilkan yaitu
hasil analisis menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh secara signifikan
terhadap minat penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu namun tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan tarik tunai
tanpa kartu, sebaliknya kemanfaatan berpengaruh secara signifikan terhadap minat
penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu dan juga berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan penggunaan layanan tarik tunai, dalam penelitian ini variabel
minat yang memainkan peran sebagai mediator antara kemudahan dan kemanfaatan
terhadap keputusan penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu tidak memberikan
pengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan tarik tunai
tanpa kartu meskipun minat dapat memediasi antara kemudahan dan kemanfaatan
terhadap keputusan penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu namun belum
memberikan dampak secara signifikan terhadap keputusan penggunan ayanan tarik
tunai tanpa kartu pada bank syariah, oleh karna itu perlu inovasi yang lebih baik dan
menciptakan layanan yang lebih mudah dioprasikan agara masyarakat dapat mudah
menggunakan layanan tersebut
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada Bab IV, maka dapat
ditarik kesimpulan dalam rangka untuk menjawab pertanyaan penelitian yang
dituangkan pada Bab I dalam skripsi ini. Kesimpulan yang dapat ditarik, yaitu:
1. Kemudahan (X1) berpengaruh terhadap minat (M) menggunakan layanan
tarik tunai tanpa kartu, H1 diterima dan H0 di tolak artinya Hipotesis yang di
ajukan terbukti dilihat pada nilai koefisien parameternya yang positife
menunjukkan bahwa kemudahan menggunakan suatu teknologi dapat
mepengaruhi minat generasi Z dalam menggunakan layanan tarik tunai tanpa
kartu.
2. Kemudahan (X1) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
Keputusan penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu (Y) H0 diterima dan
H1 ditolak artinya hipotesis yang diajukan tidak terbukti yang dilihat pada
nilai koefisien parameternya yang negatif menunjukkan bahwa kemudahan
tersebut sangat tidak mempengaruhi keputusan seseorang dalam
menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu
3. Kemanfaatan (X2) berpengaruh terhadap minat (M) menggunakan layanan
tarik tunai tanpa kartu, H1 diterima dan H0 ditolak artinya hipotesis yang
diajukan terbukti dilihat pada nilai koefisien parameter yang positife
menunjukkan bahwa kemanfaata suatu teknologi tersebut sangat berpengaruh
terhadap minat seseorang untuk menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu
4. Kemanfaatan (X2) berpengaruh terhadap keputusan penggunaan layanan tarik
tunai tanpa kartu (Y) H1 diterima dan H0 di tolak artinya hipotesis yang
diajukan terbukti dilihat pada nilai koefisien prameternya yang positife
64
menunjukkan bahwa kemanfaatan suatu teknologi sangat berpengaruh
terhadap keputusan seseorang untuk menggunakan layanan tarik tunai tanpa
kartu dimana seiring dengan perkembangan zaman yang cenderung dengan
perkembangan teknologi maka hal ini sangat mendukung penggunaannya.
5. Minat (M) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan
penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu (Y), H0 diterima dan H1 ditolak
artinya hipotesisi yang diajukan tidak terbukti walaupun nilai parameter jalur
positife tetapi nilai t-statistic dan P- values tidak dapat memenuhi standar
signifikannya maka minat (M) tidak berpengaruh terhadap keputusan
penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu
6. Kemudahan berpengaruh terhadap minat namun tidak berpengaruh terhadap
keputusan penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu, H0 diterima dan H1
ditolak artinya hipotesis yang di ajukan tidak terbukti walaupun nilai
parameter jalur positife tetapi nilai t-statistic dan P- values tidak dapat
memenuhi standar signifikannya maka dianggap hipotesis tersebut dianggap
tidak berpengaruh
7. Kemanfatan berpengaruh terhadap minat namun tidak berpengaruh terhadap
keputusan penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu, H0 diterima dan H1
ditolak artinya hipotesis yang di ajukan tidak terbukti walaupun nilai
parameter jalur positife tetapi nilai t-statistic dan P- values tidak dapat
memenuhi standar signifikannya maka dianggap hipotesis tersebut dianggap
tidak berpengaruh
B. Saran
Berdasarkan pada kesimpulan di atas, maka dapat disarankan hal-hal
sebagai berikut, yaitu:
1. Dalam konteks layanan perbankan yang berbasis teknologi ini ternyata dalam
penggunaannya tidak mencapai tujuan utama dari pihak perbankan yang
diluncurkan untuk memudahkan masyarakat karna pada dasarnya masyarakat
masih sulit untuk menggunakan layanan tarik tunai tersebut, sebaiknya pihak
perbankan kembali mengevaluasi produk tersebut agar dapat di buat lebih
mudah lagi untuk dioprasikan.
2. Berdasarkan penelitian juga dapat dilihat bahwa laynan tarik tunai tanpa kartu
ini sangat bermanfaat namun masih jarang orang yang mengetahuinya atau
bahkan masih menganggap sulit untuk diakses maka sebaiknya pihak
perbankan lebih mempromosikan atau mensosialisasikan produk tersebut agar
dapat mudah dimengerti dan diterima di massyarakat.
1. Berdasarkan penelitian masyarakat masih merasa sulit untuk mengoprasikan
layanan tersebut jika pihak perbankan dapat membuat layanan tersebut lebih
sederhana dan mudah di oprasikan maka tentunya hal ini akan menimbulkan
rasa atau keinginan dalam msyarakat untuk menggunakan layanan tersebut
2. Walaupun kemudahan dan kemanfaatan berpengaruh secara sihnifikan
terhadap minat namun hal tersebut tidak membuat seseorang dapat
memutuskan untuk menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu, jika pihak
perbankan lebih memperkuat promosi dan pengenalan mengenai layanan tarik
tunai tanpa kartu maka itu akan menarik minat masyarakat untuk
menggunakan layanan tarik tunai tanpa kart
Ketersediaan
SFEBI20240146146/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

146/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top