Pengaruh Literasi Keuangan Dengan Menggunakan Paylater Terhadap Impulse Buying Pengguna Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone)
Alfira Sri Yunita/612062020096 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan
paylater dengan literasi keuangan terhadap impulse buying pengguna shopee. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode pendekatan
kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan
kepada 100 responden yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam IAIN Bone. Analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri
dari uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linear sederhana , serta uji
hipotesis yang terdiri dari uji signifikan parsial (uji t) dan koefisien determinasi (R
Square) yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 11 item pernyataan yang telah dibagikan kepada responden
semua dinyatakan valid dan reliabel. Pada hasil uji normalitas menggunakan metode
Shapiro Wilk data tidak dinyatakan normal, setelah melakukan pengangkatan data
dengan penhapusan Outlier dengan perolehan nilai Exact Sign sebesar 0,139 > 0,05
sehingga data dapat dikatakan berdistribusi normal. Adapun hasil analisis uji t
memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima
sehingga literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada Bab IV dalam rangka
menjawab pertanyaan penelitian yamg dituangkan pada Bab I dalam skripsi ini. Maka
dapat ditarik kesimpulan dari hasil Uji t dengan memperoleh nilai signifikan sebesar
0,000 lebih < dari 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak, yang artinya bahwa
Literasi Keuangan berpengaruh positif terhadap Impulse Buying.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pada dasarnya penelitian ini
berjalan dengan baik dan juga masih memiliki keterbatasan. Oleh karena itu penuliti
ingin menyampaikan bberapa saran yang mudah-mudahan bermanfaat. Adapun saran
yang diajukan peneliti yaitu :
1. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperdalam kembali mengenai
faktor yang mempengaruhi pengguaan impulse buying.
2. Bagi pihak lembaga yang terkait baik pemerintah, lembaga keuangan maupun
lembaga lainnya diharapkan untuk meningkatkan literasi keuangan agar
penggunaan paylater terhadap impulse buying dapat terarah.
C. Implikasi Penelitian
Peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi
pihak-pihak yang berkepentingan, baik itu dari pemerintah, lembaga pendidikan,
lembaga keuangan dan lembaga lainnya, agar dapat berupaya membantu
meningkatkan pengetahuan literasi keuangan.
paylater dengan literasi keuangan terhadap impulse buying pengguna shopee. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode pendekatan
kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan
kepada 100 responden yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam IAIN Bone. Analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri
dari uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linear sederhana , serta uji
hipotesis yang terdiri dari uji signifikan parsial (uji t) dan koefisien determinasi (R
Square) yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 11 item pernyataan yang telah dibagikan kepada responden
semua dinyatakan valid dan reliabel. Pada hasil uji normalitas menggunakan metode
Shapiro Wilk data tidak dinyatakan normal, setelah melakukan pengangkatan data
dengan penhapusan Outlier dengan perolehan nilai Exact Sign sebesar 0,139 > 0,05
sehingga data dapat dikatakan berdistribusi normal. Adapun hasil analisis uji t
memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima
sehingga literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada Bab IV dalam rangka
menjawab pertanyaan penelitian yamg dituangkan pada Bab I dalam skripsi ini. Maka
dapat ditarik kesimpulan dari hasil Uji t dengan memperoleh nilai signifikan sebesar
0,000 lebih < dari 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak, yang artinya bahwa
Literasi Keuangan berpengaruh positif terhadap Impulse Buying.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pada dasarnya penelitian ini
berjalan dengan baik dan juga masih memiliki keterbatasan. Oleh karena itu penuliti
ingin menyampaikan bberapa saran yang mudah-mudahan bermanfaat. Adapun saran
yang diajukan peneliti yaitu :
1. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperdalam kembali mengenai
faktor yang mempengaruhi pengguaan impulse buying.
2. Bagi pihak lembaga yang terkait baik pemerintah, lembaga keuangan maupun
lembaga lainnya diharapkan untuk meningkatkan literasi keuangan agar
penggunaan paylater terhadap impulse buying dapat terarah.
C. Implikasi Penelitian
Peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi
pihak-pihak yang berkepentingan, baik itu dari pemerintah, lembaga pendidikan,
lembaga keuangan dan lembaga lainnya, agar dapat berupaya membantu
meningkatkan pengetahuan literasi keuangan.
Ketersediaan
| SFEBI20240145 | 145/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
145/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
