Pengaruh Kualitas Produk Kedelai Terhadap Harga Pada CV Tunas Harapan Tani

No image available for this title
Para konsumen atau pelanggan yang memilih kedelai sebagai pilihanya tidak
hanya memperhatikan kualitas dari kedelai tersebut tetapi juga kualitas layanan dan
harga oleh karena itu pemilik perusahaan harus memberikan kualitas layanan dan
harga yang bisa di jangkau oleh konsumen, kualitas produk dan harga yang tepat agar
dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, karena dalam meningkatkan daya tarik
dan loyalnya pelanggan suatu perusahaan harus mengutamakan hal tersebut sehingga
CV Tunas Harapan Tani menetapkan harga Rp. 6.500-7000/kg ditahun 2020
sedangkan pada tahun 2021 ialah Rp. 10.000/kg untuk penjualan kedelai yang
bersifat umum dan kedelai yang bertujuan untuk dijadikan benih. Adapun harga yang
diberikan oleh pemrintah pada tahun 2018 ialah Rp. 10.320/kg dan di tahun 2019
harga yang ditetapkan sebesar Rp. 11.800/kg. Sedangkan harga produk kedelai yang
dimaksdudkan ialah tahu seharga Rp. 5000 untuk 4 potong pada tahun 2023. Adapun
tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh kualitas produk kedelai
terhadap harga pada CV Tunas Harapan Tani serta besar pengaruh kualitas produk
kedelai terhadap harga pada CV Tunas Harapan Tani.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini,
datab yang digunakan adalah data primer dengan pengumpulan data melalui
kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan dalam
penelitian ini yaitu analisis deskriptif, asumsi klasik dan regresi linear sederhana
melalui analisis SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Kualitas produk kedelai berpengaruh
positif dan signifikan terhadap harga pada CV Tunas Harapan Tani. Sesuai dengan
hasil nilai signifikansi yaitu 0.000 < 0.05 dan dibuktikan dengan uji statistik t dimana
t_hitung (6.825) > t_tabel (1,674); 2) Besar pengaruh kualitas produk kedelai
terhadap harga pada CV Tunas Harapan Tani yakni 46,8% sedangkan 53,2% yang
lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Bagi
perusahaan, diperlukan evaluasi lebih dalam mengenai harga dan kualitas supaya bisa
mempertahankan dan meningkatkan pasar yang telah ada dengan menjaga kualitas
dan juga mengadakan beberapa acara diskon, atau memperluas pasar dengan
melalukan promosi yang lebih gencar lagi.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Kualitas produk kedelai berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga
pada CV Tunas Harapan Tani. Sesuai dengan hasil nilai signifikansi
yaitu 0.000 < 0.05 dan dibuktikan dengan uji statistik t dimana t_hitung
(6.825) > t_tabel (1,674).
2. Besar pengaruh kualitas produk kedelai terhadap harga pada CV Tunas
Harapan Tani yakni 46,8% sedangkan 53,2% yang lainnya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
B. Saran
Ditinjau dari hasil penelitian, pengkajian, serta hambatan penelitian, sehingga
dapat dibuat beberapa gagasan saran seperti:
1. Bagi perusahaan, diperlukan evaluasi lebih dalam mengenai harga dan
kualitas supaya bisa mempertahankan dan meningkatkan pasar yang telah ada
dengan menjaga kualitas dan juga mengadakan beberapa acara diskon, atau
memperluas pasar dengan melalukan promosi yang lebih gencar lagi.
2. Bagi Peneliti selanjutnya, agar mengembangkan penelitian ini dengan
menggunakan metode lain dalam meneliti efektivitas kualitas produk, harga,
dan variasi produk terhadap keputusan pembelian, misalnya melalui
wawancara mendalam terhadap responden, sehingga informasi yang diperoleh
dapat lebih bervariasi daripada angket yang jawabannya telah tersedia.
C. Implikasi
Selain saran di atas berikut beberapa implikasi yang dapat diberikan dalam
penelitian ini yakni:
1. Peningkatan kualitas produk, temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas
produk kedelai berpengaruh signifikan terhadap harga. Oleh karena itu,
perusahaan perlu mempertimbangkan peningkatan kualitas produk sebagai
strategi untuk meningkatkan harga jual dan mendapatkan keunggulan
kompetitif.
2. Identifikasi faktor-faktor lain, meskipun kualitas produk berperan sebesar
46,8% dalam menentukan harga, terdapat faktor-faktor lain yang
mempengaruhi 53,2% variasi harga. Oleh karena itu, diperlukan penelitian
lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, sehingga
perusahaan dapat mengoptimalkan keputusan harga dan strategi pemasaran.
Ketersediaan
SFEBI20230267267/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

267/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top