Pengaruh Word of Mouth dalam Membentuk Citra Merek dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Produk iPhone (Studi pada Masyarakat muslim di Kota Bone)
Septi Ayu Wulandari/602022020083 - Personal Name
Word of mouth adalah komunikasi dari mulut ke mulut tentang pandangan atau
penilaian terhadap suatu produk atau jasa, baik secara individu maupun kelompok yang
bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap minat beli produk
iPhone di Kota Bone, untuk mengatahui pengaruh word of mouth terhadap citra merek
produk iPhone di Kota Bone, dan untuk mengetahui peran citra merek sebagai variabel
yang memediasi pengaruh word of mouth terhadap minat beli produk iPhone di Kota
Bone. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian lapangan dengan melakukan cara observasi atau pengamatan terlebih
dahulu di toko-toko yang menyediakan khusus produk iPhone kemudian memberikan
angket atau berupa pertanyaan kepada 100 responden yang memenuhi kriteria yang
telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh
positif signifikan terhadap citra merek dan minat beli produk iPhone di Kota Bone.
Word of mouth yang baik dapat memperbaiki citra merek dan meningkatkan minat beli
konsumen, dengan citra merek berfungsi sebagai mediator yang memperkuat hubungan
ini. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya dan menegaskan pentingnya word
of mouth yang positif dalam strategi pemasaran. Selain itu, prinsip etika dari QS. Al-
Hujurat ayat 12 juga relevan dalam menjaga kejujuran dan integritas komunikasi
pemasaran.
an yang tepat dapat membantu membedakan produk dari pesaing.
c. Target Pasar Mahasiswa
Mengingat sebagian besar responden adalah mahasiswa, perusahaan
harus fokus pada strategi pemasaran yang sesuai untuk segmen ini, seperti
promosi di media sosial dan program referensi yang melibatkan teman
sebaya.
d. Monitoring dan Evaluasi
Terus memantau dan mengevaluasi efektivitas strategi WOM dan citra
merek untuk memastikan bahwa kedua faktor tersebut terus memberikan
kontribusi positif terhadap minat beli konsumen.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan atau pedoman
bagi penelitian berikutnya Peneliti selanjutnya diharapkan mampu untuk
menambah variabel dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi minat beli
seperti faktor pendapatan, kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi
kemudahan bagi pengguna, promosi ataupun yang lainnya. Peneliti menyadari
bahwa dalam penelitian ini masih terdapat banyak keterbatasan serta
kekurarangan, sehingga untuk mengatasi hal tersebut peneliti mengusulkan
perlu adanya penelitian selanjutnya yang dikaji lebih mendalam.
C. Implikasi
Adapun implikasi yang dapat diperoleh pada penelitian ini berdasarkan
kesimpulan yang telah dijelaskan di atas ialah sebagai berikut :
1. Praktis
Perusahaan dapat menggunakan temuan ini untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang berfokus pada meningkatkan word of mouth yang positif dan
citra merek yang kuat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat beli dan
pangsa pasar produk iPhone di Kota Bone.
2. Teoritis
Penelitian ini memperkuat teori bahwa word of mouth dan citra merek
adalah faktor penting yang mempengaruhi minat beli konsumen. Hasil ini juga
mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan hubungan positif antara
variabel-variabel ini.
3. Kebijakan
Perusahaan perlu merumuskan kebijkan yang mendukung penguatan word
of mouth positif dan citra merek. Kebijakan ini harus mencakup pelatihan
karyawan, pengembangan produk dan strategi komunikasi yang efektif.
penilaian terhadap suatu produk atau jasa, baik secara individu maupun kelompok yang
bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap minat beli produk
iPhone di Kota Bone, untuk mengatahui pengaruh word of mouth terhadap citra merek
produk iPhone di Kota Bone, dan untuk mengetahui peran citra merek sebagai variabel
yang memediasi pengaruh word of mouth terhadap minat beli produk iPhone di Kota
Bone. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian lapangan dengan melakukan cara observasi atau pengamatan terlebih
dahulu di toko-toko yang menyediakan khusus produk iPhone kemudian memberikan
angket atau berupa pertanyaan kepada 100 responden yang memenuhi kriteria yang
telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh
positif signifikan terhadap citra merek dan minat beli produk iPhone di Kota Bone.
Word of mouth yang baik dapat memperbaiki citra merek dan meningkatkan minat beli
konsumen, dengan citra merek berfungsi sebagai mediator yang memperkuat hubungan
ini. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya dan menegaskan pentingnya word
of mouth yang positif dalam strategi pemasaran. Selain itu, prinsip etika dari QS. Al-
Hujurat ayat 12 juga relevan dalam menjaga kejujuran dan integritas komunikasi
pemasaran.
an yang tepat dapat membantu membedakan produk dari pesaing.
c. Target Pasar Mahasiswa
Mengingat sebagian besar responden adalah mahasiswa, perusahaan
harus fokus pada strategi pemasaran yang sesuai untuk segmen ini, seperti
promosi di media sosial dan program referensi yang melibatkan teman
sebaya.
d. Monitoring dan Evaluasi
Terus memantau dan mengevaluasi efektivitas strategi WOM dan citra
merek untuk memastikan bahwa kedua faktor tersebut terus memberikan
kontribusi positif terhadap minat beli konsumen.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan atau pedoman
bagi penelitian berikutnya Peneliti selanjutnya diharapkan mampu untuk
menambah variabel dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi minat beli
seperti faktor pendapatan, kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi
kemudahan bagi pengguna, promosi ataupun yang lainnya. Peneliti menyadari
bahwa dalam penelitian ini masih terdapat banyak keterbatasan serta
kekurarangan, sehingga untuk mengatasi hal tersebut peneliti mengusulkan
perlu adanya penelitian selanjutnya yang dikaji lebih mendalam.
C. Implikasi
Adapun implikasi yang dapat diperoleh pada penelitian ini berdasarkan
kesimpulan yang telah dijelaskan di atas ialah sebagai berikut :
1. Praktis
Perusahaan dapat menggunakan temuan ini untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang berfokus pada meningkatkan word of mouth yang positif dan
citra merek yang kuat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat beli dan
pangsa pasar produk iPhone di Kota Bone.
2. Teoritis
Penelitian ini memperkuat teori bahwa word of mouth dan citra merek
adalah faktor penting yang mempengaruhi minat beli konsumen. Hasil ini juga
mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan hubungan positif antara
variabel-variabel ini.
3. Kebijakan
Perusahaan perlu merumuskan kebijkan yang mendukung penguatan word
of mouth positif dan citra merek. Kebijakan ini harus mencakup pelatihan
karyawan, pengembangan produk dan strategi komunikasi yang efektif.
Ketersediaan
| SFEBI20240143 | 143/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
143/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
