Makna IKlan Produk MS Glow Beauty Di Akun Istagram (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Siti Aminah/742332019068 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang “Analisis Semiotika Representasi Produk di Akun
Instagram “Ms Glow Beauty”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna denotasi,
konotasi dan mitos yang terdapat pada akun Instagram “Ms Glow Beauty” dengan
menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Masalah yang diteliti yaitu, (1)
Bagaimana makna denotasi, konotasi dan mitos dalam representasi pemasaran produk
di akun Instagram “Ms Glow Beauty” dengan menggunakan analisis Semiotika Roland
Barthes? (2) Bagaimana makna mitos dalam iklan produk di akun Instagram “Ms Glow
Beauty” dengan menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes? (3) Bagaimana
makna pesan dalam iklan produk di akun Instagram “Ms Glow Beauty” dengan
menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan
kepustakaan dan pendekatan ilmu komunikasi Semiotika. Selanjutnya sumber data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui library
research (kepustakaan) dengan cara metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan Semiotika Roland Barthes
Hasil penelitian ini menunjukkan, Pemaknaan Denotasi pada akun Instagram “Ms
Glow Beauty yang terdapat dalam gambar memperlihat seseorang perempuan yang
telah merawat wajahnya dengan menggunakan produk Ms Glow agar bersih dan
terhindari dari penuaan dini. Makna konotasi adalah makna kultural dan mengarah pada
nilai emosional pada gambar di akun Instagram “Ms Glow Beauty” yaitu mengandung
mudah merasa insecure terutama pada keindahan fisik mereka. Mitos pada gambar di
akun Instagram “Ms Glow Beauty” mempunyai wajah yang cantik dan bersih yaitu
dengan menggunakan produk lain selain dari Ms Glow yang dapat membuah wajah
menjadi cantik dan bersih. Implikasi dari penelitian, Akun Instagram @Ms Glow
Beauty lebih meningkatkan lagi dari segi promosinya karena dengan meningkatkan
promosi sangat mempengaruhi volume penjualan produk sehingga brand image pada
Ms Glow pun ikut meningkat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah penelitian mengenai makna denotasi,
konotasi dan mitos dalam representasi pemasaran produk di akun
Instagram “Ms Glow Beauty” dengan menggunakan analisis Semiotika
Roland Barthes serta hasil dari penelitian yang dilakukan maka
kesimpulan dari penelitian secara umum bahwa:
1. Pemaknaan Denotasi pada akun Instagram “Ms Glow Beauty yang
terdapat dalam gambar memperlihat seseorang perempuan yang telah
merawat wajahnya dengan menggunakan produk Ms Glow agar bersih
dan terhindari dari penuaan dini.
2. Makna konotasi adalah makna kultural dan mengarah pada nilai
emosional pada gambar di akun Instagram “Ms Glow Beauty” yaitu
mengandung mudah merasa insecure terutama pada keindahan fisik
mereka.
3. Mitos pada gambar di akun Instagram “Ms Glow Beauty” mempunyai
wajah yang cantik dan bersih yaitu dengan menggunakan produk lain
selain dari Ms Glow yang dapat membuah wajah menjadi cantik dan
bersih.
B. Implikasi
Dari uraian kesimpulan di atas maka Adapun yang menjadi implikasi
sebagai berikut:
1. Akun Instagram @Ms Glow Beauty lebih meningkatkan lagi dari segi
promosinya karena dengan meningkatkan promosi sangat
mempengaruhi volume penjualan produk sehingga brand image pada
Ms Glow pun ikut meningkat.
2. Peneliti berharap bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi
mahasiswa lain baik itu sedang meneliti mengenai konsep pemasaran
Ms Glow maupun mengenai implementasi pemasaran melalui media
Instagram yang dilakukan @Ms Glow Beauty untuk lebih banyak
menggunakan referensi dan sumber ilmiah yang relevan untuk
kesempurnaan penelitian
Instagram “Ms Glow Beauty”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna denotasi,
konotasi dan mitos yang terdapat pada akun Instagram “Ms Glow Beauty” dengan
menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Masalah yang diteliti yaitu, (1)
Bagaimana makna denotasi, konotasi dan mitos dalam representasi pemasaran produk
di akun Instagram “Ms Glow Beauty” dengan menggunakan analisis Semiotika Roland
Barthes? (2) Bagaimana makna mitos dalam iklan produk di akun Instagram “Ms Glow
Beauty” dengan menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes? (3) Bagaimana
makna pesan dalam iklan produk di akun Instagram “Ms Glow Beauty” dengan
menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan
kepustakaan dan pendekatan ilmu komunikasi Semiotika. Selanjutnya sumber data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui library
research (kepustakaan) dengan cara metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan Semiotika Roland Barthes
Hasil penelitian ini menunjukkan, Pemaknaan Denotasi pada akun Instagram “Ms
Glow Beauty yang terdapat dalam gambar memperlihat seseorang perempuan yang
telah merawat wajahnya dengan menggunakan produk Ms Glow agar bersih dan
terhindari dari penuaan dini. Makna konotasi adalah makna kultural dan mengarah pada
nilai emosional pada gambar di akun Instagram “Ms Glow Beauty” yaitu mengandung
mudah merasa insecure terutama pada keindahan fisik mereka. Mitos pada gambar di
akun Instagram “Ms Glow Beauty” mempunyai wajah yang cantik dan bersih yaitu
dengan menggunakan produk lain selain dari Ms Glow yang dapat membuah wajah
menjadi cantik dan bersih. Implikasi dari penelitian, Akun Instagram @Ms Glow
Beauty lebih meningkatkan lagi dari segi promosinya karena dengan meningkatkan
promosi sangat mempengaruhi volume penjualan produk sehingga brand image pada
Ms Glow pun ikut meningkat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah penelitian mengenai makna denotasi,
konotasi dan mitos dalam representasi pemasaran produk di akun
Instagram “Ms Glow Beauty” dengan menggunakan analisis Semiotika
Roland Barthes serta hasil dari penelitian yang dilakukan maka
kesimpulan dari penelitian secara umum bahwa:
1. Pemaknaan Denotasi pada akun Instagram “Ms Glow Beauty yang
terdapat dalam gambar memperlihat seseorang perempuan yang telah
merawat wajahnya dengan menggunakan produk Ms Glow agar bersih
dan terhindari dari penuaan dini.
2. Makna konotasi adalah makna kultural dan mengarah pada nilai
emosional pada gambar di akun Instagram “Ms Glow Beauty” yaitu
mengandung mudah merasa insecure terutama pada keindahan fisik
mereka.
3. Mitos pada gambar di akun Instagram “Ms Glow Beauty” mempunyai
wajah yang cantik dan bersih yaitu dengan menggunakan produk lain
selain dari Ms Glow yang dapat membuah wajah menjadi cantik dan
bersih.
B. Implikasi
Dari uraian kesimpulan di atas maka Adapun yang menjadi implikasi
sebagai berikut:
1. Akun Instagram @Ms Glow Beauty lebih meningkatkan lagi dari segi
promosinya karena dengan meningkatkan promosi sangat
mempengaruhi volume penjualan produk sehingga brand image pada
Ms Glow pun ikut meningkat.
2. Peneliti berharap bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi
mahasiswa lain baik itu sedang meneliti mengenai konsep pemasaran
Ms Glow maupun mengenai implementasi pemasaran melalui media
Instagram yang dilakukan @Ms Glow Beauty untuk lebih banyak
menggunakan referensi dan sumber ilmiah yang relevan untuk
kesempurnaan penelitian
Ketersediaan
| SFUD20190036 | 36/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
36/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
