Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Media Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTsN 1 Bone
Andi Musfira Rifai/862082021029 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media canva terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII
MTsN 1 Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
quasi experimental berupa pre-test post-test control group design.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Bone dengan
jumlah populasi 552 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan kriteria
tertentu (purposive sampling), kelas VII digital 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII digital 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes esai untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang dari penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media canva terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan
hasil Uji Independent Samples T-Test yang menunjukkan terdapat perbedaan ratarata nilai kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol dengan nilai thitung > ttabel (6.773 > 1.994) dan uji signifikansi α
= 0.05 menunjukkan nilai p < α (0.00 < 0.05).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media canva
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII MTsN 1 Bone. Hal ini dibuktikan dengan adanya
perbedaan rata-rata nilai Pre-Test dan Post-Test antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rata-rata nilai Post-Test kelas eksperimen meningkat dari 48,47 menjadi
58,75 sebesar 10,28 poin, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 27,14
menjadi 36,72 sebesar 9,58 poin. Dari data tersebut, terlihat bahwa kelas
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share berbantuan media canva menunjukkan nilai Post-Test yang lebih tinggi,
yaitu 58,75 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 36,72 dengan selisih
perbedaan 0,70 poin. Hasil uji independent samples t-test diperoleh nilai
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media canva terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII
MTsN 1 Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
quasi experimental berupa pre-test post-test control group design.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Bone dengan
jumlah populasi 552 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan kriteria
tertentu (purposive sampling), kelas VII digital 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII digital 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes esai untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang dari penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media canva terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan
hasil Uji Independent Samples T-Test yang menunjukkan terdapat perbedaan ratarata nilai kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol dengan nilai thitung > ttabel (6.773 > 1.994) dan uji signifikansi α
= 0.05 menunjukkan nilai p < α (0.00 < 0.05).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media canva
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII MTsN 1 Bone. Hal ini dibuktikan dengan adanya
perbedaan rata-rata nilai Pre-Test dan Post-Test antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rata-rata nilai Post-Test kelas eksperimen meningkat dari 48,47 menjadi
58,75 sebesar 10,28 poin, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 27,14
menjadi 36,72 sebesar 9,58 poin. Dari data tersebut, terlihat bahwa kelas
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share berbantuan media canva menunjukkan nilai Post-Test yang lebih tinggi,
yaitu 58,75 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 36,72 dengan selisih
perbedaan 0,70 poin. Hasil uji independent samples t-test diperoleh nilai
Ketersediaan
| STAR20250108 | 108/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
108/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
