Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Media Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTsN 1 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media canva terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII
MTsN 1 Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
quasi experimental berupa pre-test post-test control group design.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Bone dengan
jumlah populasi 552 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan kriteria
tertentu (purposive sampling), kelas VII digital 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII digital 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes esai untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang dari penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media canva terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan
hasil Uji Independent Samples T-Test yang menunjukkan terdapat perbedaan ratarata nilai kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol dengan nilai thitung > ttabel (6.773 > 1.994) dan uji signifikansi α
= 0.05 menunjukkan nilai p < α (0.00 < 0.05).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media canva
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII MTsN 1 Bone. Hal ini dibuktikan dengan adanya
perbedaan rata-rata nilai Pre-Test dan Post-Test antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rata-rata nilai Post-Test kelas eksperimen meningkat dari 48,47 menjadi
58,75 sebesar 10,28 poin, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 27,14
menjadi 36,72 sebesar 9,58 poin. Dari data tersebut, terlihat bahwa kelas
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share berbantuan media canva menunjukkan nilai Post-Test yang lebih tinggi,
yaitu 58,75 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 36,72 dengan selisih
perbedaan 0,70 poin. Hasil uji independent samples t-test diperoleh nilai
Ketersediaan
STAR20250108108/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

108/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top