Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Pembelajaran Class Point Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas VIII MTs Baburrahman Waetuwo
Ria Arshani/862082021026 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media pembelajaran class point
terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di
kelas VIII MTs Baburrrahman Waetuwo. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas
VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model
pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media pembelajaran class point
terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Baburrahman Waetuwo. Hal ini
dibuktikan dengan data keaktifan belajar siswa kelas eksperimen mencapai
persentase 84% sedangkan keaktifan belajar kelas kontrol mencapai 67 %. Hasil uji
hipotesis diperoleh nilai
pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media pembelajaran class point
terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di
kelas VIII MTs Baburrrahman Waetuwo. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas
VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model
pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media pembelajaran class point
terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Baburrahman Waetuwo. Hal ini
dibuktikan dengan data keaktifan belajar siswa kelas eksperimen mencapai
persentase 84% sedangkan keaktifan belajar kelas kontrol mencapai 67 %. Hasil uji
hipotesis diperoleh nilai
Ketersediaan
| STAR20250071 | 71/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
71/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
