Efektivitas Model Pembelajaran Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Assertive Training Terhadap Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Satap 3 Ponre
Nurmunira/862082021041 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
bimbingan kelompok melalui teknik assertive training terhadap komunikasi
interpersonal peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMPN Satap 3 Ponre. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis pre eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satap 3
Ponre dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini yakni sampling jenuh sehingga sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian
berupa angket dan lembar observasi untuk mengetahui komunikasi interpersonal
peserta didik. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari
penerapan model pembelajaran bimbingan kelompok melalui teknik assertive
training terhadap komunikasi interpersonal siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil
uji paired samples t-test yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3.662 >
2.201) dan uji signifikansi α = 0,05 menunjukkan nilai
bimbingan kelompok melalui teknik assertive training terhadap komunikasi
interpersonal peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMPN Satap 3 Ponre. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis pre eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satap 3
Ponre dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini yakni sampling jenuh sehingga sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian
berupa angket dan lembar observasi untuk mengetahui komunikasi interpersonal
peserta didik. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari
penerapan model pembelajaran bimbingan kelompok melalui teknik assertive
training terhadap komunikasi interpersonal siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil
uji paired samples t-test yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3.662 >
2.201) dan uji signifikansi α = 0,05 menunjukkan nilai
Ketersediaan
| STAR20250258 | 258/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
258/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
