Pengaruh Model Pembelajaran Silent Demonstration Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Taharah di SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng
Muhammad Rusydi Nur Ramadhan/862082021128/ - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Silent
Demonstration terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) materi Taharah di SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi
Experimental berupa Pre-Test Post-Test Control Group Design. Subjek penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Lilirilau dengan jumlah populasi 93
siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), kelas
VII-B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C yang
berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Analisis data mencakup
statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Silent
Demonstration terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
Independent Samples T-test yang menunjukkan bahwa nilai
Demonstration terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) materi Taharah di SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi
Experimental berupa Pre-Test Post-Test Control Group Design. Subjek penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Lilirilau dengan jumlah populasi 93
siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), kelas
VII-B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C yang
berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Analisis data mencakup
statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Silent
Demonstration terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
Independent Samples T-test yang menunjukkan bahwa nilai
Ketersediaan
| STAR20250172 | 172/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
172/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
