Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Pembinaan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Awangpone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Model Pembelajaran
Quantum teaching dalam Pembinaan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Awangpone”. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching
dalam Pembinaan Motivasi Belajar peserta didik. Untuk memudahkan pemecahan
masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Awangpone. Penelitian ini
menggunakan pendekatan pedagogik, psikologis, dan pendidikan agama islam.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan cara: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan model pembelajaran Quantum
teaching dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Awangpone yaitu: 1)
Keterlibatan aktif yaitu peserta didik sudah mampu berpartisipasi mengenai
materi yang dibahas. 2) Menyenangkan yaitu peserta didik sudah merasa nyaman
pada saat proses pembelajaran. 3) Peserta didik mengeluarkan pendapat yaitu
dengan bukti dan alasan. Kedua, motivasi belajar peserta didik yaitu: 1) Hasrat
dan keinginan berhasil yaitu dengan mendorong peserta didik untuk terus belajar.
2) Dorongan dan kebutuhan belajar yaitu menunjukkan keterlibatan aktif dalam
pembelajaran. 3) Harapan dan cita-cita yaitu semangat dan dorongan terhadap
peserta didik pada saat proses pembelajaran. 4) Kegiatan yang menarik dalam
belajar yaitu membangkitkan minat dalam menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan. Ketiga, faktor yang mempengaruhi penerapan model
pembelajaran Quantum teaching yaitu: Faktor pendukung meliputi, kompetensi
guru, ketersediaan sumber belajar yang memadai, lingkungan belajar yang
kondusif. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya partisipasi aktif
dalam pembelajaran dan perbedaan karakter.
A. Kesimpulan
1. Penerapan model pembelajaran Quantum teaching terhadap pembinaan
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Pertama, keterlibatan aktif yaitu peserta didik sudah mampu berpartisipasi
mengenai materi yang yang dibahas dengan menjawab pertanyaan yang
diberikan. Kedua, menyenangkan yaitu peserta didik sudah merasa nyaman
tanpa ada gangguan pada saat proses pembelajaran. Ketiga, yaitu peserta
didik mengeluarkan pendapat atau gagasan disertakan dengan bukti dan
alasan.
2. Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMP Negeri 1 Awangpone. Pertama, hasrat dan keinginan berhasil yaitu
dengan mendorong peserta didik memiliki tujuan belajar yang jelas serta
keinginan untuk meraih keberhasilan yang menjadi pendorong intrnal untuk
terus belajar. Kedua, dorongan dan kebutuhan belajar yaitu menunjukkan
bahwa peserta didik yang memiliki dorongan belajar yang kuat, seperti
keinginan untuk memahami materi, mencapai prestasi
cenderung
menunjukkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Ketiga harapan dan
cita-cita yaitu menjadi sumber semangat dan dorongan terhadap peserta
didik dalam menjalani proses pembelajaran sehari-hari. Keempat, kegiatan
yang menarik dalam belajar yaitu kegiatan belajar menarik tidak hanya
membangkitkan minat tetapi juga mampu menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan.
3. Faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran Quantum
teaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Awangpone, terdapat dua faktor yaitu faktor pendukung meliputi,
kompetensi guru, ketersediaan sumber belajar yang memadai, lingkungan
belajar yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya
partisipasi aktif dalam pembelajaran dan perbedaan karakter.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terhadap
Penerapan model pembelajaran Quantum teaching dalam pembinaan motivasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Awangpone.
Maka peneliti memberikan saran terkait antara lain sebagai berikut:
1. Kepada pendidik diharapkan mampu menggunakan model pembelajaran
Quantum teaching di kelas-kelas lain.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
bagi guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan
memberikan penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan model
pembelajaran Quantum teaching yang baik dan benar dalam
mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik.
Ketersediaan
STAR20250188188/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

188/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top