Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital (Canva) Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Awangpone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media media pembelajaran digital (canva) pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Awangpone. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian desain eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan model “pretest-Posttest control group design”.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPN 4 Awangpone dengan jumlah populasi sebanyak 61 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar angket untuk melihat respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Data penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital (canva) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent Samples T-Test yang menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai kreativitas siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan signifikansi sig (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dari hasil uji gain score diperoleh hasil nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) = 0,005 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest sisw
A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.Penerapan media pembelajaran digital (canva) terdiri dari beberapa langkah yaitu: Perencanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, keterliabatan peserta didik, evaluasi dan tindak lanjut. Dalam penerapan media ini digunakan teknologi digital sebagai wadah bagi siswa untuk menuangkan ide-ide kreatifnya serta mencari informasi dari berbagai sumber seperi e-book dan materi digital. Penerapan media pembelajaran ini mendapatkan respon positif dari siswa, sebab mereka merasa senang dengan suasana belajar yang tercipta.
2.Berdasarkan analisis data hasil post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen didapatkan hasil yang berbeda pada kedua kelas yang menjadi sampel setelah diberi perlakuan yang berbeda pula. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata masing-masing kelas. Kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih tinggi yaitu sebesar 75,00 sedangkan kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 48,10 dengan selisih 26,90. Capaian setiap indikator hasil belajar siswa pada kedua kelas tersebut juga berbeda. Pada setiap indikatornya, kelas eksperimen memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga diperkuat dari hasil angket bahwa kepuasan siswa terhadap media pembelajaran canva memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan model konvensional.
3.Terdapat pengaruh media pembelajaran digital (canva) pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 4 Awangpone. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis data yang diperoleh yaitu nilai sig (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dari hasil uji gain score diperoleh hasil nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) = 0,005 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital (canva) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 4 Awangpone.
B.Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut
1.Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga diperlukan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran.
2.Kepada peneliti yang akan datang diharapkan agar dapat melakukan inovasi terhadap media pembelajaran digital (canva) sehingga model tersebut menjadi menarik dan lebih baik lagi.
Ketersediaan
STAR20250279279/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

279/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top