Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Pelajaran Biologi di Kelas XII MA As‘adiyah Mattirowalie
Anisa Khusnul Fadhila/862082021020 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi integrasi nilai-
nilai pendidikan Islam pada pelajaran Biologi di Kelas XII MA As‘adiyah
Mattirowalie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi langsung selama
proses pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif
melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat keterkaitan yang kuat
antara konsep-konsep Biologi dan ajaran Islam, seperti dalam pembahasan sistem
reproduksi manusia yang dikaitkan dengan QS. Al-Mu‘minun ayat 12–14; (2)
guru mengimplementasikan nilai-nilai Islam melalui penyampaian materi yang
diselingi ayat Al-Qur‘an, pemberian tugas yang berbasis nilai keislaman, serta
evaluasi yang memuat aspek spiritual siswa; dan (3) guru menghadapi tantangan
seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan materi yang tidak selalu bisa
dikaitkan dengan dalil Islam. Namun, guru menyiasatinya dengan strategi
fleksibel dan terus belajar agar nilai-nilai Islam tetap bisa diintegrasikan secara
tepat dan kontekstual.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan Islam
dalam pelajaran Biologi di MA As‘adiyah Mattirowalie telah berjalan dengan baik
secara praktik. Integrasi ini memberikan dampak positif terhadap pemahaman
siswa terhadap ilmu dan spiritualitas secara seimbang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MA As‘adiyah
Mattirowalie, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Keterkaitan antara nilai-nilai pendidikan Islam dengan konsep Biologi
terlihat jelas dalam pandangan guru dan siswa. Guru memahami bahwa
seluruh isi pelajaran Biologi adalah bagian dari ciptaan Allah, sehingga
mempelajarinya dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa syukur
dan keimanan. Siswa pun menyadari bahwa banyak materi Biologi seperti
penciptaan manusia, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya dapat
dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Qur‘an dan menunjukkan kebesaran Allah.
2. Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Biologi
dilakukan oleh guru melalui beberapa cara, seperti menyisipkan ayat Al-
Qur‘an saat menjelaskan materi, memberikan contoh yang bernuansa
Islami, serta menyusun soal dan tugas yang mengajak siswa untuk berpikir
secara Islami. Guru juga menggunakan metode diskusi, refleksi, dan
penguatan karakter agar nilai-nilai keislaman dapat ditanamkan secara
alami dan kontekstual dalam pembelajaran.
3. Tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam pelajaran
Biologi yang dihadapi guru antara lain adalah keterbatasan waktu dan
tidak semua materi Biologi mudah dikaitkan dengan dalil keislaman.
Namun, guru menyiasati tantangan ini dengan memilih waktu yang tepat
untuk menyampaikan nilai-nilai Islam, hanya mengaitkan materi yang
relevan saja, serta terus meningkatkan wawasan agama melalui belajar dan
diskusi. Respon siswa terhadap pendekatan ini cukup baik. Mereka merasa
pelajaran Biologi menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan bisa
mendekatkan mereka kepada Allah.
B. Saran
1. Bagi Guru, diharapkan untuk terus mengembangkan pendekatan integratif
antara Biologi dan nilai-nilai keislaman dalam setiap proses pembelajaran.
Meskipun tidak semua materi dapat dikaitkan secara langsung, guru tetap
bisa menanamkan nilai keislaman melalui cara berpikir, sikap, dan teladan.
2. Bagi Pihak Madrasah, diharapkan dapat memberikan dukungan dalam
bentuk pelatihan, seminar, atau penyediaan referensi yang mendukung
integrasi nilai Islam dalam mata pelajaran umum.
3. Bagi Siswa, diharapkan lebih terbuka dan aktif dalam menerima
pembelajaran yang mengaitkan ilmu dengan nilai keislaman. Sikap positif
ini akan membantu mereka tidak hanya menjadi siswa yang cerdas secara
akademik, tetapi juga berakhlak baik dan religius.
4. Bagi Peneliti Selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan atau
landasan untuk mengembangkan model pembelajaran integratif di mata
pelajaran lainnya, atau mengkaji efektivitas integrasi nilai-nilai Islam
secara lebih spesifik dan mendalam dalam konteks pendidikan menengah.
nilai pendidikan Islam pada pelajaran Biologi di Kelas XII MA As‘adiyah
Mattirowalie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi langsung selama
proses pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif
melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat keterkaitan yang kuat
antara konsep-konsep Biologi dan ajaran Islam, seperti dalam pembahasan sistem
reproduksi manusia yang dikaitkan dengan QS. Al-Mu‘minun ayat 12–14; (2)
guru mengimplementasikan nilai-nilai Islam melalui penyampaian materi yang
diselingi ayat Al-Qur‘an, pemberian tugas yang berbasis nilai keislaman, serta
evaluasi yang memuat aspek spiritual siswa; dan (3) guru menghadapi tantangan
seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan materi yang tidak selalu bisa
dikaitkan dengan dalil Islam. Namun, guru menyiasatinya dengan strategi
fleksibel dan terus belajar agar nilai-nilai Islam tetap bisa diintegrasikan secara
tepat dan kontekstual.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan Islam
dalam pelajaran Biologi di MA As‘adiyah Mattirowalie telah berjalan dengan baik
secara praktik. Integrasi ini memberikan dampak positif terhadap pemahaman
siswa terhadap ilmu dan spiritualitas secara seimbang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MA As‘adiyah
Mattirowalie, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Keterkaitan antara nilai-nilai pendidikan Islam dengan konsep Biologi
terlihat jelas dalam pandangan guru dan siswa. Guru memahami bahwa
seluruh isi pelajaran Biologi adalah bagian dari ciptaan Allah, sehingga
mempelajarinya dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa syukur
dan keimanan. Siswa pun menyadari bahwa banyak materi Biologi seperti
penciptaan manusia, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya dapat
dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Qur‘an dan menunjukkan kebesaran Allah.
2. Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Biologi
dilakukan oleh guru melalui beberapa cara, seperti menyisipkan ayat Al-
Qur‘an saat menjelaskan materi, memberikan contoh yang bernuansa
Islami, serta menyusun soal dan tugas yang mengajak siswa untuk berpikir
secara Islami. Guru juga menggunakan metode diskusi, refleksi, dan
penguatan karakter agar nilai-nilai keislaman dapat ditanamkan secara
alami dan kontekstual dalam pembelajaran.
3. Tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam pelajaran
Biologi yang dihadapi guru antara lain adalah keterbatasan waktu dan
tidak semua materi Biologi mudah dikaitkan dengan dalil keislaman.
Namun, guru menyiasati tantangan ini dengan memilih waktu yang tepat
untuk menyampaikan nilai-nilai Islam, hanya mengaitkan materi yang
relevan saja, serta terus meningkatkan wawasan agama melalui belajar dan
diskusi. Respon siswa terhadap pendekatan ini cukup baik. Mereka merasa
pelajaran Biologi menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan bisa
mendekatkan mereka kepada Allah.
B. Saran
1. Bagi Guru, diharapkan untuk terus mengembangkan pendekatan integratif
antara Biologi dan nilai-nilai keislaman dalam setiap proses pembelajaran.
Meskipun tidak semua materi dapat dikaitkan secara langsung, guru tetap
bisa menanamkan nilai keislaman melalui cara berpikir, sikap, dan teladan.
2. Bagi Pihak Madrasah, diharapkan dapat memberikan dukungan dalam
bentuk pelatihan, seminar, atau penyediaan referensi yang mendukung
integrasi nilai Islam dalam mata pelajaran umum.
3. Bagi Siswa, diharapkan lebih terbuka dan aktif dalam menerima
pembelajaran yang mengaitkan ilmu dengan nilai keislaman. Sikap positif
ini akan membantu mereka tidak hanya menjadi siswa yang cerdas secara
akademik, tetapi juga berakhlak baik dan religius.
4. Bagi Peneliti Selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan atau
landasan untuk mengembangkan model pembelajaran integratif di mata
pelajaran lainnya, atau mengkaji efektivitas integrasi nilai-nilai Islam
secara lebih spesifik dan mendalam dalam konteks pendidikan menengah.
Ketersediaan
| STAR20250308 | 308/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
308/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
