Pemikiran TGH. Abubakar Husain dalam Pengembangan Pendidikan Islam
Rati Purwaninsi Sari/862082021004 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Pemikiran TGH. Abubakar Husain
dalam Pengembangan Pendidikan Islam”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pemikiran dan usaha TGH. Abubakar Husain dalam pengembangan
pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan atau library
research melalui pendekatan pedagogik dan historis. Pengumpulan data
menggunakan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode induktif,
deduktif, dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pemikiran TGH Abubakar
Husain dalam pengembangan pendidikan Islam didasarkan pada prinsip bahwa
pendidikan harus mampu membentuk pribadi muslim yang utuh, yakni insan yang
cerdas intelektual, kuat spiritual dan mulia akhlaknya. Pendidikan tidak semata
mata bertujuan mencerdaskan otak, tetapi juga membentuk karakter yang
berlandaskan ajaran Islam. Kedua, pengembangan pendidikan Islam pada masa
TGH. Abubakar Husain adalah berupa pengembangan kurikulum, peningkatan
kualitas guru, pemanfaatan teknologi, penguatan lembaga pendidikan Islam, dan
kontekstualisasi niali-nilai Islam.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini tentang
pemikiran TGH Abubakar Husain dalam pengembangan pendidikan Islam,
disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Pemikiran TGH Abubakar Husain dalam pengembangan pendidikan Islam
didasarkan pada prinsip bahwa pendidikan harus mampu membentuk
pribadi muslim yang utuh, yakni insan yang cerdas intelektual, kuat
spiritual dan mulia akhlaknya. Pendidikan tidak semata mata bertujuan
mencerdaskan otak, tetapi juga membentuk karakter yang berlandaskan
ajaran Islam.
2. Pengembangan pendidikan Islam pada masa TGH. Abubakar Husain
adalah berupa pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas guru,
pemanfaatan teknologi, penguatan lembaga pendidikan Islam, dan
kontekstualisasi niali-nilai Islam.
B. Saran
1. Pemikiran TGH. Abubakar Husain sudah di jabarkan seharusnya menjadi
salah satu pijakan solusi bentuk konflik pendidikan Islam dan nilai yang
terkandung.
2. Dari sumbangsih besar yang diberikan TGH. Abubakar Husain utamanya
dalam pendidikan Islam harus diteruskan relevansinya agar berlanjut pada
semua jenjang lembaga pendidikan Islam yang memiliki semacam
platform untuk mewujudkan pendidikan Islam dalam membangun peserta
didik yang insan kamil.
dalam Pengembangan Pendidikan Islam”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pemikiran dan usaha TGH. Abubakar Husain dalam pengembangan
pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan atau library
research melalui pendekatan pedagogik dan historis. Pengumpulan data
menggunakan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode induktif,
deduktif, dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pemikiran TGH Abubakar
Husain dalam pengembangan pendidikan Islam didasarkan pada prinsip bahwa
pendidikan harus mampu membentuk pribadi muslim yang utuh, yakni insan yang
cerdas intelektual, kuat spiritual dan mulia akhlaknya. Pendidikan tidak semata
mata bertujuan mencerdaskan otak, tetapi juga membentuk karakter yang
berlandaskan ajaran Islam. Kedua, pengembangan pendidikan Islam pada masa
TGH. Abubakar Husain adalah berupa pengembangan kurikulum, peningkatan
kualitas guru, pemanfaatan teknologi, penguatan lembaga pendidikan Islam, dan
kontekstualisasi niali-nilai Islam.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini tentang
pemikiran TGH Abubakar Husain dalam pengembangan pendidikan Islam,
disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Pemikiran TGH Abubakar Husain dalam pengembangan pendidikan Islam
didasarkan pada prinsip bahwa pendidikan harus mampu membentuk
pribadi muslim yang utuh, yakni insan yang cerdas intelektual, kuat
spiritual dan mulia akhlaknya. Pendidikan tidak semata mata bertujuan
mencerdaskan otak, tetapi juga membentuk karakter yang berlandaskan
ajaran Islam.
2. Pengembangan pendidikan Islam pada masa TGH. Abubakar Husain
adalah berupa pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas guru,
pemanfaatan teknologi, penguatan lembaga pendidikan Islam, dan
kontekstualisasi niali-nilai Islam.
B. Saran
1. Pemikiran TGH. Abubakar Husain sudah di jabarkan seharusnya menjadi
salah satu pijakan solusi bentuk konflik pendidikan Islam dan nilai yang
terkandung.
2. Dari sumbangsih besar yang diberikan TGH. Abubakar Husain utamanya
dalam pendidikan Islam harus diteruskan relevansinya agar berlanjut pada
semua jenjang lembaga pendidikan Islam yang memiliki semacam
platform untuk mewujudkan pendidikan Islam dalam membangun peserta
didik yang insan kamil.
Ketersediaan
| STAR20250307 | 307/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
307/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
