Pengaruh Influencer marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Toko Barokah Optik Kabupaten Bone

No image available for this title
Influencer marketing adalah seseorang yang memiliki kehadiran dan pengaruh
yang signifikan di platfrom media sosial atau dalam industri-industri tertentuyang
mempengaruhi pengikut mereka di media sosial influencer marketingsering kali
bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk atau layanan kepada
pengikut mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer
marketing terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada Toko Barokah
Optik di Kabupaten Bone.
Metode penelitian ang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 75 responden dan
dipilih secara acak dari konsumen yang pernah berbelanja di Toko Barokah Optik.
Data yang dikumpulkan dan dianalisis untuk mengevaluasi sejauh mana influencer
marketing memperoleh persepsi, sikap, dan perilaku pembelian konsumen muslim di
Toko Barokah Optik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh influencer marketing
mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen
muslim pada Toko Barokah Optik Kabupaten Bone sebesar 61,1% dan sisanya 39,9%
dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini
menekankan pentingnya strategi pemasaran melalui influencer bagi Toko Barokah
Optik untuk meningkatkan penjualan dan pangsa pasar.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi adanya dampak
pemasaran influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen
muslim. Adapun responden yang terdapat dalam penelitian ini memiliki jumlah
sebanyak 75. Setelah dilakukan beberapa pengujian dan analisis sebelumnya,
maka terdapat kesimpulanya yaitu :
1. Terdapat pengaruh influencer marketing yang signifikan dan positif terhadap
keputusan pembelian konsumen muslim pada toko barokah optik. Sehingga
dengan hal ini didasarkan pada temuan pemahaman influencer yang sesuai
dengan nilai dan kepercayaan agama yang dapat meningkatkan kepercayaan
para konsumen dan mempengaruhi perilaku pembelian secara positif dan.
Selain itu, dengan adanya penggunaan influencer marketing yang tepat dalam
konteks budaya dan nilai-nilai agama dapat menjadi strategi efektif dalam
menarik konsumen muslim untuk membeli produk. Adapun konsep seorang
influencer dalam melakukan promosi yaitu influencer secara aktif
menyiarkan kehidupan mereka untuk berinteraksi erat dengan para
pengikutnya di media sosial dalam sebuah postingan sehingga bagi
konsumen sendiri, influencer berperan sebagai sumber informasi mereka
yang dapat dijadian acuan dalam kegiatan pembelian.
2. Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen
muslim pada toko barokah optik kabupaten bone menunjukkan bahwa
dengan adanya kerja sama dengan influencer yang memiliki pengaruh
dikalangan muslim dapat meningkatkan eksposur merek dan menjangkau
target pemasaran yang potensial khususnya bagi para remaja modern saat ini.
Sehingga pada hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing
dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kesadaran konsumen muslim
terhadap toko barokah optik, karna ditemukan dengan adanya influencer
yang mempunyai kredibilitas dikalangan muslim dapat memperkuat adanya
keputusan pembelian konsumen muslim di toko barokah optik di kabupaten
bone dengan memberikan dorongan bagi konsumen untuk melakukan
pembelian.
B. Saran
Berdasarkan hasil temuan dan diskusi dalam penelitian ini, terdapat
beberapa saran yang diberikan untuk penelitian ini :
1. Bagi akademisi diharapkan untuk menjadikan sumber keilmuan mengenai
tentang pentingnya pengaruh influencer marketing terhadap keputusan
pembelian konsumen muslim.
2. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengambil variabel pendukung
lainya sehingga hasilnya dapat digeneralisasi dan mengambil sampel yang
lebih mewakili terhadap populasi lainya.
3. Bagi influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen muslim
juga perlu memahami secara mendalam preferensi, nilai-nilai, dan kebutuhan
konsumen muslim agar dapat mengidentifiasi jenis influencer yang paling
efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian mereka, dan perilaku
pembelian konsumen muslim di kabupaten bone sehingga dalam hal ini dapat
membantu peneliti memahami posisi toko barokah optik dalam pasar dan
mengidentifikasi peluang yang ada.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi peneliti,
bagi pemerintah maupun masyarakat yaitu :
1. Menambah wawasan bagi penulis bahwa influencer marketing merupakan
hal yang sangat penting untuk meningkatkan pemasaran baik untuk diri
sendiri maupun untuk toko barokah optik. Karena dengan adanya
pemahaman mengenai influencer marketing dapat memberikan potensi dan
strategi yang baik dalam berbisnis.
2. Hasil penelitian ini menambah wawasan maupun sebagai bahan masukan
bagi pemerintah, UMKM dan khususnya bagi pelaku usaha dalam
meningkatkan tingkat influencer marketing di Indonesia khususnya di
kabupaten bone sehingga dapat memiliki implikasi yang paraktis, penting
bagi pemerintah dalam mengatur praktik pemasaran, serta bagi masyarakat
dalam membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas dan terinformasi.
Ketersediaan
SFEBI20240127127/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

127/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top