Pengaruh Model Pembelajaran "Everyone Is A Teacher Here" Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 7 Bone
Ayu Hasda Yudiarti/8620820211411 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Everyone is a Teacher Here dalam Keaktifan dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 7 Bone. Penelitian ini
merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dengan
Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan
menggunakan teknik Observasi dan Tes. Teknik Analisis data yang digunakan
adalah Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial, kemudian dianalisis dengan
menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 30. Hasil Analisis menunjukkan
bahwa adanya peningkatan terhadap keaktifan siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Everyone is a Teacher Here dengan persentase 77% dengan
kategori tinggi. Adapun hasil analisis data Statistik Deskriptif dan inferensial
diperoleh thitung > ttabel (4,504 > 2,019) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05) maka
H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan
yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan
kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran
Everyone is a Teacher here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 7 Bone. Maka hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Everyone is a Teacher here
dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan hasil analisis
deskriptif terhadap lembar observasi menunjukkan bahwa adanya
peningkatan terhadap keaktifan siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Everyone is a Teacher here dengan persentase 77% sehingga
termasuk dalam kategori Tinggi. Adapun hasil analisis data statistik deskriptif
dan inferensial diperoleh thitung > ttabel (4,504 > 2,019) dan nilai signifikansi
(0,001 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diputuskan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara
kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Everyone is a Teacher here dan kelompok siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran konvensional.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, peneliti
menyarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Model pembelajaran Everyone is a Teacher here dapat dijadikan
alternatif dalam meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa.
2. Bagi guru senantiasa mengembangkan metode atau model pembelajaran
yang aktif agar proses belajar mengajar lebih menarik, aktif, dan
inovatif.
3. Bagi siswa diharapkan mampu membiasakan belajar secara aktif,
kreatif dan inovatif serta mampu mengekspresikan potensi yang
dimilikinya.
4. Bagi peneliti dengan segala kendala dan keterbatasannya, peneliti
mengharapkan penelitian selanjutnya dapat dijadikan alternatif untuk
dijadikan kajian penelitian berikutnya.
pembelajaran Everyone is a Teacher Here dalam Keaktifan dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 7 Bone. Penelitian ini
merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dengan
Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan
menggunakan teknik Observasi dan Tes. Teknik Analisis data yang digunakan
adalah Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial, kemudian dianalisis dengan
menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 30. Hasil Analisis menunjukkan
bahwa adanya peningkatan terhadap keaktifan siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Everyone is a Teacher Here dengan persentase 77% dengan
kategori tinggi. Adapun hasil analisis data Statistik Deskriptif dan inferensial
diperoleh thitung > ttabel (4,504 > 2,019) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05) maka
H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan
yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan
kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran
Everyone is a Teacher here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 7 Bone. Maka hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Everyone is a Teacher here
dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan hasil analisis
deskriptif terhadap lembar observasi menunjukkan bahwa adanya
peningkatan terhadap keaktifan siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Everyone is a Teacher here dengan persentase 77% sehingga
termasuk dalam kategori Tinggi. Adapun hasil analisis data statistik deskriptif
dan inferensial diperoleh thitung > ttabel (4,504 > 2,019) dan nilai signifikansi
(0,001 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diputuskan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara
kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Everyone is a Teacher here dan kelompok siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran konvensional.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, peneliti
menyarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Model pembelajaran Everyone is a Teacher here dapat dijadikan
alternatif dalam meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa.
2. Bagi guru senantiasa mengembangkan metode atau model pembelajaran
yang aktif agar proses belajar mengajar lebih menarik, aktif, dan
inovatif.
3. Bagi siswa diharapkan mampu membiasakan belajar secara aktif,
kreatif dan inovatif serta mampu mengekspresikan potensi yang
dimilikinya.
4. Bagi peneliti dengan segala kendala dan keterbatasannya, peneliti
mengharapkan penelitian selanjutnya dapat dijadikan alternatif untuk
dijadikan kajian penelitian berikutnya.
Ketersediaan
| STAR20250075 | 75/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
75/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
