Peranan Majelis Ta’lim Terhadap Pemahaman Nilai Nilai Pendidikan Islam pada Masyarakat di Lingkungan Pabbacue. Kelurahan Macanang. Kab. Bone
Nia Ramadhani/862082021123 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai
pendidikan Islam pada Masyarakat di Lingkungan Pabbacue Kel. Macanang Kab.
Bone dan untuk mengetahui peranan Majelis Ta’lim di Lingkungan Pabbacue Kel.
Macanang Kab. Bone terhadap pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam pada
masyarakat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan dekskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman nilainilai pendidikan Islam pada masyarakat di Lingkungan Pabbacue Kel. Macanang.
Kab. Bone memiliki pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai pendidikan Islam.
Masyarakat menunjukkan komitmen kuat terhadap ajaran Islam juga terdapat
budaya saling menghormati antarwarga, gotong royong dan sikap sopan santun.
Majelis Ta’lim sangat berperan penting pada masyarakat terutama dalam hal
pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam. Di mana rata-rata masyarakat yang ada
di BTN Az-Zahra semenjak mengikuti Majelis Ta’lim mereka mulai memperbaiki
dirinya masing-masing baik itu dari segi pakaiannya, jilbabnya, dan juga cara
bicaranya
. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai Peranan Majelis
Ta’lim terhadap pemahaman nilai-nilai Pendidikan Islam pada masyarakat di
Lingkungan Pabbacue Kel Macanang Kab. Bone maka penulis mengambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Masyarakat Di
Lingkungan Pabbacue Kel, Macanang Kab. Bone bahwa tingkat
pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai pendidikan Islam tergolong
cukup baik. Sebagian besar masyarakat memahami pentingnya nilai
akidah, ibadah, akhlak, dan nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari. Hal
ini tercermin dalam praktik keagamaan mereka, seperti pelaksanaan shalat
berjamaah, kegiatan pengajian rutin, serta perilaku sosial yang
menunjukkan sikap tolong-menolong, toleransi, dan rasa hormat antar
sesama.
2. Peranan Majelis Ta’lim Di Lingkungan Pabbacue Kel. Macanang Kab,
Bone Terhadap Pemahaman Nilai Nilai Pendidikan Islam Pada
Masyarakat menunjukkan bahwa Majelis Ta’lim memiliki peran yang
sangat penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap
nilai-nilai pendidikan Islam. Melalui kegiatan rutin seperti pengajian,
ceramah agama, diskusi keIslaman, serta praktik keagamaan, Majelis
Ta’lim mampu menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai akidah,
ibadah, akhlak, serta nilai sosial keIslaman kepada.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terhadap
peranan Majelis Ta’lim terhadap pemahaman nilai-nilai Pendidikan Islam pada
masyarakat Di Lingkungan Pabbacue. Kelurahan Macanang Kab. Bone. Maka
peneliti memberikan saran untuk yang terkait antara lain sebagai berikut:
1. Kepada Majelis Ta’lim, diharapkan Majelis Ta’lim dapat bekerja sama
dengan sekolah, pesantren, atau Lembaga keagamaan lainnya untuk
memperkuat materi ajar dan disarankan untuk menggunakan metode yang
lebih interaktif seperti diskusi, studi kasus dan praktek langsung agar
jama’ah lebih aktif memahami dan mengajarkan ajaran Agama Islam.
2. Kepada masyarakat diharapkan lebih aktif dan konsisten dalam mengikuti
Majelis Ta’lim, tidak hanya sebagai peserta pasif tetapi juga berpartisipasi
aktif dalam diskusi dan kegiatan sosial keagamaan serta
mengimplementasikan nilai-nilai Islam yang diperoleh dari Majelis Ta’lim
dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kepada peneliti, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk
melakukan penelitian-penelitian selanjutnya , khususnya penelitian yang
berkaitan dengan peranan Majelis Ta’lim terhadap pemahaman nilai-nilai
Pendidikan Islam pada masyarakat
pendidikan Islam pada Masyarakat di Lingkungan Pabbacue Kel. Macanang Kab.
Bone dan untuk mengetahui peranan Majelis Ta’lim di Lingkungan Pabbacue Kel.
Macanang Kab. Bone terhadap pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam pada
masyarakat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan dekskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman nilainilai pendidikan Islam pada masyarakat di Lingkungan Pabbacue Kel. Macanang.
Kab. Bone memiliki pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai pendidikan Islam.
Masyarakat menunjukkan komitmen kuat terhadap ajaran Islam juga terdapat
budaya saling menghormati antarwarga, gotong royong dan sikap sopan santun.
Majelis Ta’lim sangat berperan penting pada masyarakat terutama dalam hal
pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam. Di mana rata-rata masyarakat yang ada
di BTN Az-Zahra semenjak mengikuti Majelis Ta’lim mereka mulai memperbaiki
dirinya masing-masing baik itu dari segi pakaiannya, jilbabnya, dan juga cara
bicaranya
. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai Peranan Majelis
Ta’lim terhadap pemahaman nilai-nilai Pendidikan Islam pada masyarakat di
Lingkungan Pabbacue Kel Macanang Kab. Bone maka penulis mengambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Masyarakat Di
Lingkungan Pabbacue Kel, Macanang Kab. Bone bahwa tingkat
pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai pendidikan Islam tergolong
cukup baik. Sebagian besar masyarakat memahami pentingnya nilai
akidah, ibadah, akhlak, dan nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari. Hal
ini tercermin dalam praktik keagamaan mereka, seperti pelaksanaan shalat
berjamaah, kegiatan pengajian rutin, serta perilaku sosial yang
menunjukkan sikap tolong-menolong, toleransi, dan rasa hormat antar
sesama.
2. Peranan Majelis Ta’lim Di Lingkungan Pabbacue Kel. Macanang Kab,
Bone Terhadap Pemahaman Nilai Nilai Pendidikan Islam Pada
Masyarakat menunjukkan bahwa Majelis Ta’lim memiliki peran yang
sangat penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap
nilai-nilai pendidikan Islam. Melalui kegiatan rutin seperti pengajian,
ceramah agama, diskusi keIslaman, serta praktik keagamaan, Majelis
Ta’lim mampu menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai akidah,
ibadah, akhlak, serta nilai sosial keIslaman kepada.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terhadap
peranan Majelis Ta’lim terhadap pemahaman nilai-nilai Pendidikan Islam pada
masyarakat Di Lingkungan Pabbacue. Kelurahan Macanang Kab. Bone. Maka
peneliti memberikan saran untuk yang terkait antara lain sebagai berikut:
1. Kepada Majelis Ta’lim, diharapkan Majelis Ta’lim dapat bekerja sama
dengan sekolah, pesantren, atau Lembaga keagamaan lainnya untuk
memperkuat materi ajar dan disarankan untuk menggunakan metode yang
lebih interaktif seperti diskusi, studi kasus dan praktek langsung agar
jama’ah lebih aktif memahami dan mengajarkan ajaran Agama Islam.
2. Kepada masyarakat diharapkan lebih aktif dan konsisten dalam mengikuti
Majelis Ta’lim, tidak hanya sebagai peserta pasif tetapi juga berpartisipasi
aktif dalam diskusi dan kegiatan sosial keagamaan serta
mengimplementasikan nilai-nilai Islam yang diperoleh dari Majelis Ta’lim
dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kepada peneliti, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk
melakukan penelitian-penelitian selanjutnya , khususnya penelitian yang
berkaitan dengan peranan Majelis Ta’lim terhadap pemahaman nilai-nilai
Pendidikan Islam pada masyarakat
Ketersediaan
| STAR20250070 | 70/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
70/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
