Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Amir Al Jannah Bajoe

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam
penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap hasil
belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi
eksperimental, desain menggunakan pretest postest dengan jumlah sampel 17
siswa pada kelas eksperimen dan 17 siswa pada kelas kontrol kemudian
pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik,
teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi yang
berkaitan dengan penelitian, data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui aplikasi Microsoft Excel dan
SPSS versi 27, hasil analisis data dengan statistik uji alternatif dan parametrik
menggunakan uji Man-Whitney diperoleh hasil signifikan 2 trailer sebesar 0,000
lebih kecil dari 0,05 yang memiliki interpretasi bahwa terdapat perbedaan rata-rata
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat dikatakan bahwa ada
pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam
di MTs. Amir Al Jannah Bajoe.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot efektif
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas VIII di MTs. Amir Al Jannah Bajoe. Hal ini berdasarkan nilai
postest 82,35% lebih besar dibanding dengan nilai pretest 57,05%.
2. Terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot
sebelum dan setelah diajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. Amir Al
Jannah Bajoe berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Sample T-
Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil
dari
Ketersediaan
STAR2025004646/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

46/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top