Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Amir Al Jannah Bajoe
Ummul Hairi/862082021131 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam
penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap hasil
belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi
eksperimental, desain menggunakan pretest postest dengan jumlah sampel 17
siswa pada kelas eksperimen dan 17 siswa pada kelas kontrol kemudian
pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik,
teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi yang
berkaitan dengan penelitian, data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui aplikasi Microsoft Excel dan
SPSS versi 27, hasil analisis data dengan statistik uji alternatif dan parametrik
menggunakan uji Man-Whitney diperoleh hasil signifikan 2 trailer sebesar 0,000
lebih kecil dari 0,05 yang memiliki interpretasi bahwa terdapat perbedaan rata-rata
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat dikatakan bahwa ada
pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam
di MTs. Amir Al Jannah Bajoe.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot efektif
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas VIII di MTs. Amir Al Jannah Bajoe. Hal ini berdasarkan nilai
postest 82,35% lebih besar dibanding dengan nilai pretest 57,05%.
2. Terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot
sebelum dan setelah diajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. Amir Al
Jannah Bajoe berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Sample T-
Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil
dari
penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap hasil
belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi
eksperimental, desain menggunakan pretest postest dengan jumlah sampel 17
siswa pada kelas eksperimen dan 17 siswa pada kelas kontrol kemudian
pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik,
teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi yang
berkaitan dengan penelitian, data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui aplikasi Microsoft Excel dan
SPSS versi 27, hasil analisis data dengan statistik uji alternatif dan parametrik
menggunakan uji Man-Whitney diperoleh hasil signifikan 2 trailer sebesar 0,000
lebih kecil dari 0,05 yang memiliki interpretasi bahwa terdapat perbedaan rata-rata
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat dikatakan bahwa ada
pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam
di MTs. Amir Al Jannah Bajoe.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot efektif
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas VIII di MTs. Amir Al Jannah Bajoe. Hal ini berdasarkan nilai
postest 82,35% lebih besar dibanding dengan nilai pretest 57,05%.
2. Terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot
sebelum dan setelah diajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. Amir Al
Jannah Bajoe berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Sample T-
Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil
dari
Ketersediaan
| STAR20250046 | 46/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
46/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
