Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Berbantuan Media Visual Terhadap Kekatifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri Soppeng
Nurhikmah/862082021030 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Market Place Activity (MPA) berbantuan media visual terhadap keaktifan belajar
siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Negeri Soppeng. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik random sampling. Adapun sampel penelitian ini
adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas
VIII F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model
pembelajaran Market Place Activity (MPA) berbantuan media visual terhadap
keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Soppeng. Hal ini dibuktikan
dengan data keaktifan belajar siswa kelas eksperimen mencapai persentase 86%
sedangkan keaktifan belajar siswa kelas kontrol mencapai presentase 71%. Hasil
uji hipotesis diperoleh nilai yaitu > (5,753 > 2, 010) dengan taraf
signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Market Place Activity (MPA) berbantuan
media visual berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VIII MTs Negeri Soppeng.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan diatas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut :
1. Penerapan model pembelajaran Market Place Activity (MPA)
berbantuan media visual pada mata pelajaran akidah akhlak dapat
diketahui melalui proses pembelajarannya.
2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa keaktifan belajar
siswa pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori sangat aktif
dengan jumlah rata-rata persentase 86% sedangkan pada kelas kontrol
keaktifan belajar siswa tergolong dalam kategori cukup aktif dengan
jumlah rata-rata persentase 71%. Berdasarkan nilai mean Pre-test kelas
eksperimen adalah 68, 44 dan mean Post-test eksperimen adalah 85,48.
Dari data Pre-test maupun Post-test yang diperoleh dari kelas
eksperimen dapat diketahui bahwa keaktifan belajar siswa mengalami
peningkatan, yakni selisih antara kedua data diperoleh 17,04.
Berdasarkan uji independent sample T-Test dengan program IMB
SPSS Statisitic 25 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,00 yang
berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka terdapat pengaruh
signifikan antara nilai keaktifan belajar siswa pada saat diberikan
perlakuan dan tidak. Kemudian diperoleh nilai yaitu >
(5,753 > 2, 010) artinya terdapat perbedaan keaktifan belajar
siswa Post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi
ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran Market Place Activity (MPA)
berbantuan media visual terhadap keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Negeri Soppeng.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti
memberikan saran sebagai berikut :
1. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi memiliki peranan
yang sangat penting, sehingga diperlukan model pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan pendidik sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai.
2. Siswa hendaknya lebih memperhatikan arahan dan penjelasan dari para
guru, karna guru merupakan orang tua kedua selama di lingkungan
sekolah, serta selalu menjadikan nasehat yang mereka sampaikan
adalah pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kepada peneliti yang akan datang diharapkan agar dapat melakukan
penelitian dengan variabel lain serta melakukan inovasi terhadap
model pembelajaran Market Place Activity (MPA) berbantuan media
visual sehingga menjadi lebih menarik dan lebih baik lagi. Sehingga
dapat membuat peserta didik tertarik dan interaktif kembali serta
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Market Place Activity (MPA) berbantuan media visual terhadap keaktifan belajar
siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Negeri Soppeng. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik random sampling. Adapun sampel penelitian ini
adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas
VIII F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model
pembelajaran Market Place Activity (MPA) berbantuan media visual terhadap
keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Soppeng. Hal ini dibuktikan
dengan data keaktifan belajar siswa kelas eksperimen mencapai persentase 86%
sedangkan keaktifan belajar siswa kelas kontrol mencapai presentase 71%. Hasil
uji hipotesis diperoleh nilai yaitu > (5,753 > 2, 010) dengan taraf
signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Market Place Activity (MPA) berbantuan
media visual berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VIII MTs Negeri Soppeng.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan diatas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut :
1. Penerapan model pembelajaran Market Place Activity (MPA)
berbantuan media visual pada mata pelajaran akidah akhlak dapat
diketahui melalui proses pembelajarannya.
2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa keaktifan belajar
siswa pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori sangat aktif
dengan jumlah rata-rata persentase 86% sedangkan pada kelas kontrol
keaktifan belajar siswa tergolong dalam kategori cukup aktif dengan
jumlah rata-rata persentase 71%. Berdasarkan nilai mean Pre-test kelas
eksperimen adalah 68, 44 dan mean Post-test eksperimen adalah 85,48.
Dari data Pre-test maupun Post-test yang diperoleh dari kelas
eksperimen dapat diketahui bahwa keaktifan belajar siswa mengalami
peningkatan, yakni selisih antara kedua data diperoleh 17,04.
Berdasarkan uji independent sample T-Test dengan program IMB
SPSS Statisitic 25 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,00 yang
berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka terdapat pengaruh
signifikan antara nilai keaktifan belajar siswa pada saat diberikan
perlakuan dan tidak. Kemudian diperoleh nilai yaitu >
(5,753 > 2, 010) artinya terdapat perbedaan keaktifan belajar
siswa Post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi
ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran Market Place Activity (MPA)
berbantuan media visual terhadap keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Negeri Soppeng.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti
memberikan saran sebagai berikut :
1. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi memiliki peranan
yang sangat penting, sehingga diperlukan model pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan pendidik sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai.
2. Siswa hendaknya lebih memperhatikan arahan dan penjelasan dari para
guru, karna guru merupakan orang tua kedua selama di lingkungan
sekolah, serta selalu menjadikan nasehat yang mereka sampaikan
adalah pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kepada peneliti yang akan datang diharapkan agar dapat melakukan
penelitian dengan variabel lain serta melakukan inovasi terhadap
model pembelajaran Market Place Activity (MPA) berbantuan media
visual sehingga menjadi lebih menarik dan lebih baik lagi. Sehingga
dapat membuat peserta didik tertarik dan interaktif kembali serta
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20250192 | 192/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
192/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
